Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta Aquarium Buka Lagi, Harga Tiket Mulai Rp 135.000

KOMPAS.com - Tempat wisata di Jakarta boleh buka lagi pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi jilid dua dengan catatan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Salah satu tempat wisata sekaligus lembaga konservasi, yaitu Jakarta Aquarium telah buka kembali mulai Jumat (23/10/2020) setelah sempat tutup karena PSBB ketat jilid dua.

Head of Social, Branding, and Communication Jakarta Aquarium Fira Basuki mengatakan, pihaknya tetap memperhatikan kondisi satwa selama penutupan berlangsung. Salah satunya dengan membuka program donasi yang diikuti sejumlah publik figur.

"Saat tutup pun, pakan satwa kualitas dan kuantitasnya tetap menjadi prioritas. Karena itu, kami membuka program donasi," kata Fira dalam keterangan rilis yang diterima Kompas.com.

Satu hari setelah buka kembali, tepatnya Sabtu (24/10/2020), Jakarta Aquarium pun kehadiran seorang penyanyi senior Vina Panduwinata.

Kehadiran Vina ditujukan untuk mendukung beroperasinya kembali tempat wisata yang berlokasi di dalam Mal Neo Soho Jakarta Pusat itu.

Pada hari kedua pembukaan, pengunjung Jakarta Aquarium diajak melihat parade satwa-satwa eksotik dan langka seperti Binturong, Macaw, Ular Sanca Albino, dan Panana Blue Tongue Skink.

Kemudian, mereka juga dilanjutkan dengan ragam atraksi wisata lainnya yaitu menonton pertunjukkan Pearl of the South Sea. Pertunjukkan ini adalah sebuah opera yang menggabungkan atraksi di panggung dan atraksi para puteri duyung.

Atraksi putri duyung dilakukan oleh para freedivers yang menyelam dan menari menggunakan kostum bak puteri duyung.

Protokol kesehatan Jakarta Aquarium

Terkait protokol kesehatan, kata dia, Jakarta Aquarium sudah menerapkan dengan ketat. Para pengunjung diminta memakai masker, menjaga jarak aman, dan selalu menjaga kebersihan tangan.

"Seluruh karyawan dipastikan negatif Covid-19 dan rutin menjalani rapid tes. Seluruh area kami disinfektan. Tersedia wastafel dan hand sanitizer di banyak titik di lokasi, dan tentunya kami sangat ketat dalam penjagaan jarak pengunjung," ujar Fira.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah memastikan bahwa yang bisa masuk ke Jakarta Aquarium adalah pengunjung dalam kondisi sehat.

"Sudah dicek suhu badannya, selalu memakai masker, dan tangan mereka pun selalu bersih," sambung dia.

Waktu operasional dan harga tiket masuk Jakarta Aquarium

Tertarik datang melihat koleksi satwa akuatik dan non-akuatik dalam satu paket wisata? Kamu bisa berkunjung ke Jakarta Aquarium pada waktu operasionalnya, yaitu Senin-Jumat pukul 11.00-20.00 WIB.

Untuk akhir pekan atau Hari Sabtu dan Minggu, buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Harga tiket masuk Jakarta Aquarium terbagi menjadi dua kategori yaitu regular adult dan premium adult.

Untuk regular adult pada hari biasa dikenakan harga Rp 135.000 per orang. Sementara premium adult dikenakan harga Rp 200.000 per orang.

Jika datang pada akhir pekan, pengunjung membayar tiket kategori regular adult seharga Rp 175.000 per orang, sedangkan premium adult Rp 225.000 per orang.

Masih sepi pengunjung

Ketika ditanya mengenai pembatasan kapasitas pengunjung, Fira mengaku pihaknya sudah menerapkan hal tersebut.

Namun, diakuinya, dengan pembatasan atau tidak pun, Jakarta Aquarium masih sedikit pengunjung.

"Tanpa pembatasan pun kami masih sangat sedikit pengunjungnya. Jauh di bawah, bahkan dari yang dianjurkan," ujar Fira kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Untuk itu, ia berharap agar antusias masyarakat dapat kembali terbangun untuk berkunjung kembali ke Jakarta Aquarium.

Antusias pengunjung yang masih rendah juga membuat Fira berharap bantuan dari berbagai pihak untuk peduli dengan kondisi tersebut.

"Masih rendah, karena itu kami butuh bantuan rekan media, masyarakat dan pemerintah peduli dengan para satwa di lembaga konservasi ini," sambung dia.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/26/212100927/jakarta-aquarium-buka-lagi-harga-tiket-mulai-rp-135.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke