Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aktivitas Wisata di 3 Curug Kawasan Sentul, Berenang hingga Selfie

Salah satu kegiatan wisata alam yang bisa dilakukan adalah dengan berkunjung ke tiga curug yaitu Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng.

Lokasinya ada di Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Untuk mencapai setiap curug atau dalam bahasa Indonesia berarti air terjun, pengunjung harus trekking sejauh lebih kurang 4 kilometer.

Medan yang ditempuh pun menguras tenaga karena pengunjung harus melewati tanjakan berbatu, tanah licin, hingga waspada dengan curah hujan tinggi.

Namun, rasa lelahmu akan terbayar jika sudah sampai di setiap curug. wisatawan bisa melihat beragam keindahan alam yang tersaji di sana.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. Berikut Kompas.com rangkum rekomendasi aktivitas seru di tiga curug dekat kawasan Sentul:

Bermain air di Curug Ciburial

Jika wisatawan bisa berenang, aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah berenang di Curug Ciburial. Curug ini merupakan curug pertama yang akan wisatawan temukan dari pintu masuk trekking.

Meski lokasinya tersembunyi, pengunjung akan terpuaskan dengan pemandangan indah dan hawa sejuk dari air terjun setinggi lebih kurang 10 meter tersebut.

Curug ini berada di antara pepohonan rindang dan terdapat bebatuan besar di sana. Jika wisatawan melihat dasar air kolam di curug ini, wisatawan akan melihat air yang bersih dan jernih.

Jika wisatawan tak bisa berenang, aktivitas menariknya adalah bermain air di bawah air terjun. wisatawan bisa merasakan kesegaran dari aliran air yang turun dengan deras.

Tidak disarankan berenang jika tidak bisa. Hal ini karena kedalaman air di curug ini sekitar 5-6 meter.

Foto dengan latar bentang alam Kabupaten Bogor

Sesaat sebelum tiba di curug pertama yaitu Curug Ciburial, pengunjung sudah bisa berfoto dengan hasil indah.

Wisatawan bisa menemukannya setelah jalan menanjak. Ada pemandangan indah berupa lanskap Kabupaten Bogor terlihat jelas dari ketinggian.

Namun, hati-hati saat berfoto, karena belakangmu adalah jurang yang dalam. Untuk itu, jangan berfoto terlalu dekat dengan tepi jurang untuk keselamatanmu.

Swafoto di Curug Ciburial

Aktivitas seru lainnya yang harus wisatawan lakukan di curug selain menikmati kesegaran alam adalah berswafoto.

Tentu, jika wisatawan pergi tidak sendirian atau rombongan, wisatawan bisa meminta salah satu teman untuk mengabadikan dirimu di curug.

Untuk Curug Ciburial, wisatawan bisa berfoto di spot atas batu. Spot fotonya berlatarkan air terjun Ciburial yang terlihat gagah.

Wisatawan bebas bergaya apapun, tentunya dengan senyum sumringah setelah lelah trekking.

Swafoto di spot Curug Kembar

Selain Curug Ciburial, wisatawan bisa juga berfoto di Curug Kembar. Spot foto yang menarik di sana memang lebih beragam.

Wisatawan bisa berswafoto dengan teman sejalan, misalnya di bawah air terjun kembar. Ada juga spot foto di bebatuan, bangku-bangku hingga jembatan bambu.

Cukup atur angle dan gaya terbaikmu untuk mendapat hasil foto terbaik. Hal ini karena alam sudah menyajikan satu suguhan alami yang selalu indah setiap saat.

Swafoto di spot Curug Hordeng

Untuk curug terakhir yaitu Curug Hordeng, spot fotonya lebih beragam lagi. wisatawan bisa berfoto dengan beragam gaya, mulai dari saat berenang, hingga saat bersantai di atas hammock.

Keindahan alam yang tersaji di Curug Hordeng merupakan latar terbaik untuk berfoto. Curug Hordeng yang berbentuk mirip tirai menjadi salah satu keunikannya.

wisatawan bisa berfoto dengan latar keindahan Curug Hordeng. Kemudian, wisatawan juga bisa berfoto di dasar kolam Curug Hordeng yang bersih dan jernih.

Namun, yang paling menarik adalah jika wisatawan membawa hammock. wisatawan bisa berfoto di atas hammock dengan latar air terjun Hordeng.

Berfoto dengan gaya tersebut kini tengah populer di Instagram. wisatawan bisa mencobanya untuk kebutuhan feed Instagrammu yang lebih estetik ketika berkunjung ke sini.

Minum air kelapa di Curug Hordeng

Saat di Curug Hordeng, selain menikmati ragam aktivitas seru seperti berenang dan berfoto, wisatawan juga bisa minum air kelapa di sana.

Ada warung yang menyediakan minuman langsung dari buah kelapa. wisatawan bisa menyeruput air kelapa untuk menghilangkan rasa dahaga.

Selain itu, wisatawan juga bisa memesan kopi atau teh hangat di warung. Ada juga fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) di sebelah warung.

Makan gorengan di warung Curug Hordeng

Sembari menyeruput teh hangat atau kopi, wisatawan juga bisa membeli beberapa camilan gorengan di warung Curug Hordeng.

Paling enak adalah makan tempe goreng atau bakwan sembari ditemani teh hangat. wisatawan bisa merasakannya ketika selesai bermain air di curug.

Makan mi instan di warung Curug Hordeng

Selain makan gorengan, aktivitas menarik yang bisa dilakukan adalah makan mi instan. Warung ini juga menjual makanan yang biasanya ada untuk mengganjal rasa lapar sementara yaitu mi instan.

Wisatawan bisa pesan mi instan goreng atau mi instan rebus sesuai selera. Rekomendasinya adalah wisatawan bisa memesan mi instan rebus, terlebih jika saat berada di sana sedang turun hujan.

Tak lupa untuk memesan segelas teh hangat atau kopi untuk semakin menghangatkan badan di tengah suhu dingin curug.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/28/181500927/aktivitas-wisata-di-3-curug-kawasan-sentul-berenang-hingga-selfie

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke