Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Paket Wisata dan Cara Menuju 3 Curug Dekat Sentul

Jika ingin pergi ke kawasan Bogor dan sekitarnya untuk mengisi libur panjang akhir pekan, wisatawan bisa memilih berwisata ke daerah Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tepatnya wisatawan bisa menjajal keseruan atraksi wisata trekking ke tiga curug yaitu Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng.

Tiga curug tersebut memiliki pesona indahnya masing-masing. Mulai dari Curug Ciburial yang keindahannya tersembunyi di antara pepohonan rindang, hingga Curug Hordeng dengan bentuknya yang mirip tirai.

Semua itu bisa wisatawan dapatkan dengan berwisata langsung ke lokasi atau bisa juga menggunakan ragam paket wisata dari penyedia jasa wisata, salah satunya Taman Budaya Sentul City.

Taman Budaya Sentul City tengah menawarkan paket wisata trekking ke tiga curug tersebut, beserta curug-curug lainnya yang masih berada di kawasan Kabupaten Bogor.

Lalu berapa harga paket wisata untuk trekking ke Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng?

Harga paket wisata trekking ke curug

Untuk harga paket wisata trekking Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng dari Taman Budaya Sentul City yaitu Rp 300.000 per pax.

Adapun tingkat kesulitan trekking yakni medium dengan jarak tempuh pulang pergi sekitar 7 kilometer.

Pengunjung yang sudah membayar paket wisata tersebut bisa mendapatkan beragam fasilitas seperti tiket masuk wisata curug, air mineral, trekking pole, pemandu atau guide, kelapa muda dan transportasi.

Untuk paket wisata trekking ini minimalnya 4 orang peserta sekali jalan.

Selain trekking ke tiga curug tersebut, Taman Budaya Sentul City punya paket wisata trekking lainnya di antaranya trekking ke Curug Cibingbin, Goa Garunggang dan Leuwi Asih.

Untuk harganya, trekking ke Curug Cibingbin dikenakan harga Rp 200.000 per pax. Trekking ini lebih menargetkan paket family atau keluarga.

Jarak tempuh trekking pulang perginya sekitar 5 kilometer. Adapun fasilitas yang didapat peserta yaitu tiket masuk wisata, air mineral, trekking pole, dan pemandu.

Sementara itu untuk trekking juga akan dijalankan jika peserta minimal sudah 4 orang sekali jalan.

Untuk paket wisata trekking ke Goa Garunggang dan Leuwi Asih dengan tingkat kesulitan medium, peserta akan dikenakan biaya Rp 200.000 per pax.

Jarak tempuh trekking ini pulang perginya sekitar 7 kilometer. Fasilitas yang didapat peserta di antaranya tiket masuk wisata, air mineral, trekking pole, pemandu dan kelapa. Sama seperti wisata trekking lainnya, minimal 4 orang untuk sekali jalan.

Harga tiket masuk Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng

Jika wisatawan memilih datang langsung ke lokasi trekking curug, akan dikenakan harga berbeda. Untuk tiket masuk wisata curug dikenakan harga Rp 20.000 per orang.

Harga tersebut sama untuk pengunjung anak-anak maupun dewasa. wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik motor atau mobil akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir.

Untuk parkir sepeda motor harganya Rp 5.000 per unit, dan mobil Rp 15.000 per unit.

Cara menuju Taman Budaya Sentul City

  • Naik kendaraan pribadi

Jika wisatawan mengambil paket wisata trekking dari Taman Budaya Sentul City, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui rute menuju lokasinya.

Cara menuju Taman Budaya Sentul City bisa diakses menggunakan jalur darat dengan beragam transportasi.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, wisatawan bisa arahkan kendaraan ke jalan Tol Jagorawi.

Setelah itu, wisatawan bisa keluar di pintu tol Sentul Selatan. Kemudian, masuk ke kawasan Sentul City.

Lalu, perhatikan di sisi kanan Jalan Siliwangi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. wisatawan akhirnya sampai di lokasi.

  • Naik kendaraan umum

Jika menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, wisatawan bisa naik bus APTB jurusan Sentul City. Sampai di sana, wisatawan bisa lanjutkan perjalanan menggunakan seatle bus yang disediakan Sentul City ke Taman Budaya.

Pilihan berikutnya adalah menggunakan commuterline menuju Stasiun Bogor. Sampai di Stasiun Bogor, wisatawan bisa lanjutkan perjalanan naik taksi online atau ojek online ke Taman Budaya.

Cara menuju tiga curug

Jika tidak mengambil paket wisata dari Taman Budaya, wisatawan masih bisa menuju curug tersebut dengan cara menggunakan kendaraan pribadi.

Jika berangkat dari Jonggol, wisatawan bisa melewati Sukamakmur lalu menuju Cibadak. Setelah itu, wisatawan akan sampai di Kampung Cibeureum.

Jika wisatawan datang dari arah Sentul, wisatawan bisa arahkan kendaraan ke Jungle Land, lalu arah ke Gunung Pancar.

Ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu papan penunjuk desa Loji atau Cibeureum. Naik ke atas hingga sampai pintu masuk.

Bagi wisatawan yang datang dari arah Citerap, wisatawan bisa arahkan kendaraan ke Tajur, kemudian menuju Cibadak dan sampai di Kampung Cibeureum.

Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pintu masuk yang ada di sebelah kiri.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/29/081700027/harga-paket-wisata-dan-cara-menuju-3-curug-dekat-sentul

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke