Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Piknik di Bandung, Pas Dikunjungi Bersama Teman dan Keluarga

KOMPAS.com – Jika mencari destinasi wisata untuk melepas penat, mengunjungi tempat piknik di Bandung bisa menjadi pilihan. Termasuk jika kamu pergi mengajak keluarga atau teman.

Kota Kembang menawarkan sejumlah tempat dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk, cocok untuk bersantai sejenak.

Tempat piknik di Bandung

Berikut ini Kompas.com merangkum 5 tempat piknik di Bandung:

1. Pine Forest Camp

Pine Forest Camp merupakan camping ground yang didesain khusus untuk beraktivitas di alam bebas. Salah satu pilihan tempat piknik di Bandung ini didirikan pada September 2003.

Tempat ini berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) di perbukitan kawasan Bandung Utara. Pengunjung pun dapat menikmati udara yang sejuk dan lingkungan asri.

Selain piknik, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas di sini, di antarnaya exclusive camping, family atau company gathering, team building, outbound, outdoor party dan games, flying fox, high rope course, dan paint ball.

Tiket masuk ke Pine Forest Camp adalah Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk sewa area camping harganya senilai Rp 50.000 per orang dan Rp 2,5 juta per blok untuk satu malam.

Pine Forest Camp berlokasi di Jalan Pasirjaya XII nomor 10, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

2. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole merupakan wisata hutan pinus anggrek terluas di Indonesia yang memiliki luas sekitar 12 hektar.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di sana, antara lain wisata kuliner, bermain flying fox, yoga bersama, berfoto-foto instagramable, dan berkemah.

Orchid Forest Cikole juga sangat cocok dijadikan pilihan tempat piknik di Bandung bersama keluarga, terutama bagi keluarga yang membawa anak.

Sebab, tempat ini sangat ramah anak dan menyediakan sejumlah aktivitas bermain.

Beberapa wahana yang tersedia di antaranya sky bridge, rabbit forest, orchid house, putt-putt golf, camping ground, sampai orchid castle.

Harga tiket masuk Orchid Forest Cikole untuk wisatawan domestik Rp 40.000, sementara wisatawan mancaengara RP 100.000, berlaku setiap hari.

Anak di atas tiga tahun sudah dikenai biaya tiket.

Jika datang dengna membawa kendaraan, parkir kendaraan roda empat dibanderol Rp 10.000, roda dua Rp 5.000, dan roda enam Rp 50.000.

Orchid Forest Cikole buka setiap hari pukul 09.00-18.00

Lokasi Orchid Forest Cikole terletak di Genteng, Tangkuban Perahu, Cikole, Kabupaten Bandung Barat.


3. Ranca Upas

Ranca Upas merupakan kawasan bumi perkemahan yang dikelola Perhutani yang berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl.

Di Ranca Upas, pengunjung dapat berkemah, melakukan kegiatan outbound, bermain dengan rusa, berenang, berfoto, atau bersantai menikmati suasana alam.

Wahana yang tersedia di Ranca Upas, antara lain kolam renang, area bermain anak, edelweiss bridge, berkuda, panahan, dan Villa Menjangan. Selain itu, tempat ini juga dapat menjadi lokasi syuting dan prewedding.

Mengutip Kompas.com, Senin (14/02/2022), harga tiket masuk Kampung Cai Ranca Upas mulai dari Rp 27.000 saja.

Namun, apabila ingin berkemah akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp15.000. Ada pula tenda Igloo yang bisa disewa pengunjung dengan tarif dari Rp 700.000 hingga Rp 900.000.

Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey–Patengan nomor 946, Patengan, Rancabali, Bandung.

4. Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi merupakan wisata alam berupa hutan kota dengan pepohonan rindang dan udara yang sejuk.

Di sini, terdapat jembatan kayu dan besi yang dapat digunakan untuk mengelilingi kawasan hutan.

Destinasi ini juga cocok untuk dijadikan pilihan tempat piknik di Bandung.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Babakan Siliwangi antara lain jogging, berfoto dengan alam, bersantai menikmati suasana alam, piknik keluarga, sampai wisata kuliner.

Tempat yang menyejukkan ini sangat cocok untuk melakukan piknik, terutama bersama keluarga. Babakan Siliwangi juga sangat ramah untuk anak.

Hutan kota ini berada di kawasan Taman Sari kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), tepatnya terletak di Jalan Tamansari nomor 73, Lebak Siliwangi, Kota Bandung. Harga tiket Babakan Siliwangi adalah gratis.

5. Kebun Bunga Begonia

Kebun Bunga Begonia menyajikan aneka tanaman hias yang beraneka ragam dan bunga begonia sebagai ikon utama.

Salah satu alternatif tempat piknik di Bandung ini menawarkan pemandangan dari tanaman hias yang indah dengan kesegaran dan kesejukan udaranya.

Kebun Bunga Begonia cocok untuk piknik bersama keluarga maupun pasangan. Aktivitas menarik yang dapat dilakukan, antara lain bermain flying fox, berkuda, memetik sayur, sampai bermain paint ball.

Fasilitas yang tersedia di Kebun Bunga Begonia, di antaranya kebun bunga, kebun sayur, restoran dan kafe, toko aksesori, tempat pelatihan, area parkir, mushala, dan toilet.

Kebun Bunga Begonia buka setiap hari pukul 08.00-17.30 WIB. Lokasi kebun bunga ini ada di Jalan Maribaya nomor 120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/31/200800727/5-tempat-piknik-di-bandung-pas-dikunjungi-bersama-teman-dan-keluarga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke