Salin Artikel

Libur Panjang, Wisatawan di Bogor Selektif Pilih Tempat Wisata

“Bukan di tempat wisata saja. Dari mulai pintu Tol Gadog kita sudah jaring wisatawan yang tidak disiplin terhadap protokol kesehatan,” katanya kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Dia melanjutkan, selama libur panjang, wisatawan yang berlibur ke Kabupaten Bogor sudah paham terhadap protokol kesehatan yang diterapkan.

Adapun, beberapa di antaranya adalah wajib menggunakan masker, saling menjaga jarak antar wisatawan, dan rajin mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau sabun dengan air yang mengalir.

“Mereka sudah selektif untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah siap dengan simulasi protokol kesehatan,” tutur Ahmad.

Kendati wisatawan dirasa sudah paham akan protokol kesehatan yang diterapkan, namun Ahmad mengatakan bahwa pihaknya tetap siap siaga dalam mencegah adanya penyebaran Covid-19.

Berdasarkan arahan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Ahmad dan sejumlah pihak terkait juga mengadakan tes rapid secara acak (random sampling).

Adapun, tes rapid dilakukan pada 29 Oktober – 1 November 2020 di posko Cisarua, Megamendung, Gadog Ciawi, dan Simpang Gadog Ciawi.

“Di posko, kita melayani tes rapid dan swab. Mereka sudah kita swab dan kita sudah koordinasi ke tempat asal mereka,” ujar Ahmad.

Ribuan wisatawan liburan ke Bogor

Berdasarkan data yang Kompas.com terima, sebanyak 1.605 wisatawan yang tiba di Kabupaten Bogor mengikuti tes rapid.

Kendati demikian, Kompas.com belum menerima data kunjungan wisatawan yang lengkap. Ahmad mengatakan, pihaknya belum melakukan rekapitulasi data.

Hal ini lantaran hotel, rumah makan, restoran, dan tempat wisata di Kabupaten Bogor belum melaporkan data kunjungan wisatawan ke pemerintah daerah.

“Tapi menurut prediksi kunjungan wisata ke Kabupaten Bogor, (jumlah) masih stagnan. Tidak ada lonjakan kunjungan yang signifikan,” ucap Ahmad.

Terkait tempat wisata yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan selama libur panjang, Ahmad mengatakan bahwa terdapat sejumlah tempat wisata yang diperkirakan mengalami lonjakan kunjungan.

“Taman Safari Indonesia, Cimory, Telaga Saat, Kawasan Puncak, dan Gunung Mas,” tutup Ahmad.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/02/190400727/libur-panjang-wisatawan-di-bogor-selektif-pilih-tempat-wisata

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.