Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pallatina Glamping di Yogyakarta, Nginap Sambil Lihat Gunung Merapi

KOMPAS.com – Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang digandrungi para penikmat pemandangan asri karena menawarkan bentangan alam yang indah.

Selama liburan di sana, wisatawan bisa menginap di Pallatina Glamping & Coffee Kopi Merapi jika ingin menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi di pagi hari.

“Selain keindahan alam, hal lainnya adalah akses penginapan yang lumayan dekat ke tempat wisata. Jadi banyak pilihan atraksi wisata,” kata Managing Director Indekostour Glamping Group Diaz Kaslina kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Ia melanjutkan, konsep glamping atau glamorous camping dipilih untuk memberikan sisi petualangan, tetapi berbeda dari kemah pada umumnya.

Menurut Diaz, konsep yang diusung pada penginapannya dapat mengakomodasi para keluarga modern yang suka berkegiatan di alam, tetapi tidak ingin merasa lelah saat kembali dari liburan.

“Kemasan kami tidak ingin berkemah saja. Untuk keluarga modern yang waktu liburnya cuma akhir pekan, kadang (berkemah) bikin badan capek di Hari Senin. Kita usung glamping, ingin beri nuansa glamor di alam,” imbuh dia.

Tipe tenda yang bisa dipilih

Pallatina Glamping & Coffee Kopi Merapi menawarkan tiga tipe tenda yang dapat dipilih para tamu, yakni Standard, VIP, dan Luxury.

Untuk tipe Standard, fasilitas yang tersedia adalah perlengkapan tidur pada umumnya dan colokan. Untuk VIP, fasilitas yang didapat terbilang cukup lengkap.

Tamu akan mendapatkan perabotan, pendingin ruangan, colokan, televisi, teko, satu set kopi dan teh, juga lemari.

Tamu yang menginap di tenda Standard mendapat akses kamar mandi bersama. Tenda VIP mendapat akses kamar mandi khusus yang letaknya dekat dengan kamar mandi bersama.

Sementara itu, tipe Luxury memiliki fasilitas yang sama dengan tipe VIP. Namun, para tamu mendapatkan kamar mandi pribadi yang lengkap dengan air panas.

Ketiga tenda tersebut memiliki layanan sarapan, barbeku, dan makan malam yang bisa dinikmati para tamu. Jika membawa anak, tenda VIP dan Luxury merupakan pilihan yang tepat.

Bisa berkuda dan keliling naik jeep

Diaz mengatakan, penginapan tersebut menawarkan beberapa kegiatan menarik yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

“Anak-anak bisa berkuda dengan biaya tambahan Rp 30.000 per kuda. Ada Lava Tour Jeep. Mereka mulai Rp 350.000 per jeep dengan maksimal empat orang dewasa,” sambung dia.

Untuk Lava Tour Jeep, rute yang ditawarkan adalah Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, dan Bunker Kaliadem. Bahkan, ada juga rute yang mencapai kediaman almarhum Mbah Maridjan.

“Ada Kopi Merapi yang tempatnya berdekatan, memang bekerja sama. Kalau menginap, bisa pesan Kopi Merapi di kami. Ada patio untuk ngopi dari Kopi Merapi,” ujar Diaz.

Layanan lain yang disediakan

Pallatina Glamping & Coffee Kopi Merapi juga menawarkan layanan lain yang bisa dimanfaatkan para tamu.

“Kami kerja sama dengan para pengemudi lokal yang kita perbantukan kalau kita tawarkan tur untuk tamu,” kata Diaz.

Tidak hanya tur keliling area penginapan. Wisatawan yang menginap di sana juga bisa menikmati tur ke destinasi atau tempat wisata di luar area penginapan, seperti pantai atau perkotaan.

Adapun, beberapa tempat wisata di sekitar penginapan yang dapat dikunjungi adalah The Lost World Castle, Stonehenge, Bukit Klangon, Batu Alien, dan Agro Wisata Bhumi Merapi.

Bahkan bagi tamu yang tidak ingin merasa pusing dengan kendaraan umum, pihak penginapan juga menawarkan layanan jemput dari bandara atau stasiun.

Ada protokol kesehatan

Sebelum menginap, para tamu akan diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya. Bagi mereka yang bersuhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius akan dibawa ke pelayanan kesehatan terdekat.

Seluruh staf memakai masker, penutup wajah, dan sarung tangan. Para tamu pun diwajibkan menggunakan masker.

Wisatawan tidak perlu takut akan aturan jaga jarak lantaran setiap tenda berada pada jarak yang aman. Selain itu, per malam pun dibatasi maksimal hanya 25 tamu yang ada di sana.

Seluruh barang yang ada telah dibersihkan secara menyeluruh menggunakan disinfektan. Penyajian makanan dilakukan secara prasmanan per grup.

Area penginapan juga telah dilengkapi tempat cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer. Setiap tamu yang sedang berkumpul tidak akan berada dalam satu area dengan kelompok tamu lain.

Pallatina Glamping & Coffee Kopi Merapi berlokasi di Jalan Kinahrejo Tangkisan, Petung, Kepuharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dari Malioboro, jarak tempuh menuju penginapan hanyalah lebih kurang satu jam. Untuk mengetahui harga penginapan, kamu bisa langsung menghubungi akun Instagram @glampingjogja_indekostour.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/03/153100627/pallatina-glamping-di-yogyakarta-nginap-sambil-lihat-gunung-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke