Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nepal Buka Lagi, Pendaki Asing Bisa Kembali Mendaki Himalaya

Dilansir dari Travel Daily Media, sebelum pembukaan ini, satu grup VIP sempat mencapai puncak Gunung Manaslu yang merupakan gunung tertinggi ke-8 di dunia pada 14 Oktober 2020.

Pencapaian ini jadi penanda positif bahwa gunung-gunung di Nepal sudah siap untuk kembali beroperasi. Para pendaki pun bisa dengan aman melakukan pendakian dalam masa pandemi ini.

Pandemi Covid-19 ini telah berdampak pada lebih dari 300.000 pemandu, porter, karyawan hotel dan restoran, pemilik, dan penyedia. Hal itu benar-benar mempengaruhi industri pariwisata di Nepal.

Pembukaan ini masih sangat terbatas untuk turis yang ingin melakukan pendakian di delapan gunung tertinggi di dunia, termasuk gunung Everest.

“Kita tidak membuka negara untuk semua turis. Hanya wisatawan gunung dan pendaki yang telah mengajukan izin sebelumnya yang diizinkan datang ke Nepal,” kata Direktur Jenderal Kementerian Pariwisata Nepal Rudra Singh Tamang seperti dilansir dari APnews.

Menurut dia, mereka sengaja baru membuka perbatasan untuk para wisatawan yang memang paham cara menangani situasi seperti ini.

Bukan lagi visa on arrival, wisatawan kini harus mendapatkan izin sebelumnya. Mereka juga harus memberikan detil itinerary, menyewa perusahaan perlengkapan lokal, dan memiliki asuransi kesehatan yang meliputi perawatan Covid-19.

Para wisatawan juga diharuskan melakukan tes corona sebelum meninggalkan negara mereka. Mereka juga perlu melakukan karantina diri di hotel di Kathmandu, lalu melakukan tes Covid-19 lagi sebelum diizinkan untuk mendaki gunung.

Tak hanya para wisatawan, para pekerja yang terlibat sebagai tim pendukung pendakian seperti pemandu lokal, porter, juru masak, dan lainnya juga harus melakukan tes corona.

Mereka juga harus membuktikan bahwa tidak ada kejadian positif Covid-19 di area tempat tinggal mereka selama dua minggu terakhir.

Tamang mengatakan bahwa mereka berusaha untuk membangkitkan kembali industri pariwisata yang terpapar cukup parah karena pandemi. Namun mereka juga tidak mau mengambil risiko.

“Kami telah melakukan uji coba baru-baru ini dengan tim ekspedisi asing dan sekarang kami tahu betul bagaimana mengatur pariwisata petualangan,” tutur Tamang.

Asosiasi pendakian di Nepal telah mengumumkan 10 jalur pendakian di Nepal yang sudah bisa diakses oleh turis domestik atau pun asing. Berikut daftarnya.

  • Kanchenjunga
  • Everest Base Camp
  • Mardi Himal
  • Manang
  • Mustang
  • Dolpa
  • Humla
  • Manaslu
  • Helambu
  • Ruby Valley

Biasanya musim semi jadi puncak musim pendakian ketika para pendaki asing berusaha untuk mendaki puncak tertinggi. Sementara musim gugur populer untuk para pendaki yang datang untuk mendaki jalur pegunungan.

“Kami di industri pariwisata petualangan sangat gembira bahwa negara ini akhirnya membuka diri. Kami mulai mendapatkan banyak telepon dan permintaan dari para klien asing,” kata Ang Tshering dari Asian Trekking di Kathmandu.

Menurut dia, ada ketertarikan khusus untuk pendakian di musim semi 2021, terutama untuk Gunung Everest.

Namun tentu saja dengan masih adanya virus ini, pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai keadaan benar-benar normal.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/04/114700927/nepal-buka-lagi-pendaki-asing-bisa-kembali-mendaki-himalaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke