Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kota Terkecil di Dunia, Ada Kota Beruang Kutub

KOMPAS.com – Luasnya dunia bukan hanya dipadati oleh kota-kota metropolitan yang besar, ada juga perkotaan kecil yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Mulai dari kota kecil di tengah pegunungan, perkampungan di tengah gurun Australia, hingga kota yang seluruh penduduknya tinggal dalam satu bangunan besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar 10 kota terkecil di dunia yang telah Kompas.com rangkum dari MSN.com, Senin (2/11/2020):

1. Ittoqqortoormiit, Greenland

Rumah-rumah pelangi menghiasi Ittoqqortoormiit yang kerap disebut sebagai pemukiman terpencil di ujung dunia.

Hal ini lantara desa tersebut berlokasi di pantai timur Greenland dan dikelilingi oleh pegunungan salju, serta es laut yang sering dimanfaatkan oleh sekitar 350 penduduk untuk berburu.

Untuk menuju pemukiman pelangi tersebut, seseorang harus mengendarai helikopter. Ada juga kapal yang datang dua kali setahun untuk mengantar barang.

2. Applecross, Skotlandia

Kota terpencil ini merupakan semenanjung berbatu yang hanya dapat diakses melalui sebuah jalur bernama Bealach na Ba atau “jalur sapi”.

Setelah melalui jalur penuh tikungan yang menembus awan, para pengunjung akan melihat Applecross yang merupakan serangkaian rumah bercat putih di tepi sungai.

3. Coober Pedy, Australia

Pemukiman terpencil milik para penambang penggali opal yang tersembunyi di gurun ini terletak di pedalaman Australia Selatan.

Dikenal sebagai Coober Pedy, warga setempat tinggal di rumah yang disebut sebagai galian. Adapun, “perumahan” tersebut merupakan lubang bawah tanah yang sejuk dan berada di bawah tanah yang panas.

Untuk menuju ke sana, seseorang harus terbang sekitar delapan jam di sepanjang Stuart Highway dari Adelaide.

Walaupun Coober Pedy merupakan sebuah kota terpencil, namun penduduk setempat memiliki lapangan golf yang gersang, galeri, dan Kanku-Breakaways Conservation Park di area sekitarnya untuk menghabiskan waktu luang.

4. Whittier, AS

Whittier merupakan sebuah kota terpencil di Alaska. Di sana, kamu bisa melihat banyak perahu terombang-ambing, bangunan yang dikelilingi pohon cemara, serta puncak yang ditutupi oleh salju.

Namun, satu hal yang berbeda dari Whittier adalah kota tersebut mendapat julukan “kota di bawah satu atap”.

Sebab, hampir sekitar 200 penduduknya tinggal di Menara Begich. Menara tersebut merupakan barak tentara yang diubah menjadi blok menara perumahan.

Pemukiman terpencil tersebut memiliki toko, gereja, bahkan pusat kesehatan. Jika ingin berkunjung, Whittier terletak 97 kilometer dari Anchorage dan dapat diakses melalui terowongan gunung atau laut.

Whittier merupakan pintu gerbang menuju Prince William Sound, atau bagian perairan pedalaman yang terletak di lepas Teluk Alaska.

5. Churchill, Kanada

Bagi pecinta beruang kutub dan paus beluga, kamu bisa berkunjung ke kota terpencil bernama Churchill di tepi Teluk Hudson. Tepatnya di alam liar Manitoba utara.

Kota yang dijuluki sebagai “Ibu Kota Beruang Kutub Dunia” memiliki 900 penduduk yang setiap Juli – November tinggal bersama dengan beruang kutub dan paus beluga yang bermigrasi ke teluk di musim panas.

Kota di Kanada yang terisolasi ini hanya bisa dikunjungi menggunakan kereta api atau pesawat lantaran tidak ada akses jalan raya ke sana.

6. Kalpa, India

Kota ini terletak pada ketinggian 2.759 meter dari permukaan laut (mdpl) dan dikelilingi oleh pegunungan tinggi.

Tidak hanya itu, kota tersebut berjarak cukup dekat dengan Kinnaur Kailash yang merupakan gunung raksasa yang dipercayai sebagai rumah Dewa Siwa.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, hal lain yang dimiliki oleh Kalpa adalah Benteng Sapni yang memiliki tujuh lantai dan kuil dengan ukiran kayu yang rumit.

7. Longyeabyen, Norwegia

Sama seperti Ittoqqortoormiit, kota yang dikelilingi oleh puncak pegunungan ini memiliki bangunan warna-warni yang terdiri dari pemukiman warga, galeri seni, dan tempat pembuatan bir.

Tidak hanya itu, kota dengan 1.000 lebih penduduk tersebut juga dikelilingi oleh banyak rusa kutub, beruang kutub, dan ikan paus yang berenang di perairan Adventfjord.

8. Inverie, Skotlandia

Kota terpencil ini hanya memiliki sejumlah bangunan pemukiman warga, ruang untuk minum teh, pub, dan penginapan yang tersebar di tepi danau Loch Nevis.

Sementara itu, di sekeliling Inverie terdapat hutan dan perbukitan yang menjulang tinggi sepanjang mata memandang.

Untuk menuju ke sana, kamu harus mendaki atau menggunakan perahu lantaran Inverie tidak terhubung dengan jalur apa pun.

9. Stepantsminda, Georgia

Stepantsminda terletak di tengah lembah perbukitan hijau di Caucasus, dan hanya dapat diakses melalui jalan pedesaan menembus puncak.

Pemukiman terpencil ini tersebar di sepanjang Sungai Terek. Sebagian besar bangunan di sana terdiri dari penginapan dan restoran untuk wisatawan yang datang untuk mendaki puncak.

Selama berada di sana, wisatawan dapat melihat Gereja Tsminda Sameba yakni sebuah monumen batu abad ke-14 yang terletak di sebuah puncak bukit.

10. Telegraph Cove, Kanada

Kota yang hanya ditinggali oleh 20 orang ini terletak di utara Vancouver Island dan dikeliingi sebuah teluk kecil.

Sebelumnya, para penduduk desa bergantung pada industri penangkapan ikan dan pengalengan. Namun kini mereka meraup untuk dari wisatawan yang berkunjung untuk menikmati hutan belantara British Columbia.

Lingkungan sekitar Telegraph Cove merupakan rumah bagi orca dan beruang. Sementara itu, perairannya biasa dipenuhi oleh kayak dan para nelayan.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/04/151900927/10-kota-terkecil-di-dunia-ada-kota-beruang-kutub

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke