Salin Artikel

Status Gunung Merapi Naik Jadi Siaga, Wisata Kali Talang Klaten Tutup

KOMPAS.com – Status Gunung Merapi naik dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) oleh Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada Kamis (5/11/2020).

“Berdasarkan evaluasi data pemantauan, disimpulkan aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke aktivitas yang membahayakan penduduk,” kata Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida, dilansir dari Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Adapun, potensi bahaya letusan Gunung Merapi, menurut dia, adalah berupa guguran lava, lontaran material, dan panas sejauh maksimal 5 kilometer.

Kenaikan status Gunung Merapi menjadi Siaga pun juga memengaruhi obyek wisata yang ada di sekitarnya.

Salah satu tempat wisata di lereng Gunung Merapi yang terkena dampak dari peningkatan aktivitas Gunung Merapi adalah Kali Talang yang ada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kali Talang ditutup sementara

Akibat dari peningkatan aktivitas Gunung Merapi, Ekowisata Kali Talang pun ditutup dari aktivitas wisata.

Penutupan itu dikonfirmasi oleh pengelola Wisata Kali Talang bernama Jhulliyan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

“Kegiatan kami tutup semua,” kata dia melalui pesan Whatsapp.

Jhulliyan melanjutkan, penutupan wisata Kali Talang sendiri mulai diberlakukan pada Kamis malam (5/11/2020).

Pengelola tetap memutuskan menutup wisata Kali Talang, meski surat edaran dari Desa Balerante baru turun Jumat (6/11/2020).

Mengenai kapan wisata Kali Talang kembali buka, hal itu masih belum bisa diketahui tanggal pastinya.

“buka lagi setelah semua aman, ke status aman atau waspada,” sambung Jhulliyan.

Keindahan puncak Gunung Merapi dari dekat

Penutupan Wisata Kali Talang saat aktivitas Gunung Merapi meningkat memang wajar. Tempat ini hanya berjarak sekitar 4,5 meter dari puncak Gunung Merapi.

Selain itu, kawasan Kali Talang berada dekat dengan salah satu aliran awan panas dan lahar hujan Gunung Merapi, yakni Kali Woro.

Saat berada di Kali Talang, pengunjung dapat menyaksikan puncak Gunung Merapi dengan begitu jelas saat cuaca cerah.

Bahkan, pengunjung dapat melihat kawah Gunung Merapi dari sana. Itu karena Kali Talang berada di sisi selatan rekahan kawah Gunung Merapi.

Jika membawa teropong atau lensa zoom, maka pengunjung dapat melihat kubah lava di kawah Gunung Merapi yang mengeluarkan asap.

Saat masih buka, harga tiket masuk Kali Talang Klaten adalah Rp 2.000 per orang dengan tarif parkir Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Pengunjung juga bisa berkemah di kawasan Kali Talang. Tarifnya Rp 10.000 per orang. Namun, camping hanya buka Sabtu malam. Di luar hari itu, pengelola tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu terkait Gunung Merapi.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/05/154427027/status-gunung-merapi-naik-jadi-siaga-wisata-kali-talang-klaten-tutup

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.