Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun Lempuyangan Trending di Twitter, Ini 5 Pilihan Tempat Wisata Terdekat

KOMPAS.com – Postingan tentang Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta viral di Twitter, Jumat (6/11/2020) dan menduduki peringkat keempat dalam Trending Topic Indonesia.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sebagian besar pengguna Twitter mengutarakan kerinduannya akan stasiun tersebut.

“Setiap orang menyimpan sebagian kecil kenangannya di stasiun Lempuyangan..,” seperti tertera dalam unggahan @nakaklelle, Jumat.

“Sebagai titik pertemuan, penantian, hingga perpisahan stasiun Lempuyangan punya cerita di setiap sudutnya. Suasananya yang mendukung untuk menata hati untuk pergi dan kembali. #StasiunLempuyangan,” lanjutnya.

Jika sudah kangen Stasiun Lempuyangan dan tidak sabar untuk berkunjung ke Yogyakarta naik kereta api, kamu bisa simpan terlebih dahulu daftar tempat wisata di sekitarnya untuk dikunjungi nanti.

Berikut lima pilihan tempat wisata di sekitar Stasiun Lempuyangan yang telah Kompas.com rangkum, Jumat:

1. Kawasan Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan salah satu kawasan yang paling digemari wisatawan saat berada di Yogyakarta. Bahkan, rasanya sayang untuk tidak jalan-jalan di sana saat ke Yogyakarta.

Selama berada di kawasan sepanjang kurang lebih satu kilometer itu, kamu bisa berkunjung ke beberapa kedai kopi sambil menikmati aktivitas masyarakat di sana.

Sekadar duduk-duduk di pinggir jalan sambil mengobrol dengan warga lokal pun merupakan kegiatan menarik yang patut dicoba.

Jika berkunjung pada malam hari, kamu bisa menghampiri warung-warung lesehan di sisi kanan dan kiri jalan.

Jarak dari Stasiun Lempuyangan menuju kawasan Jalan Malioboro terbilang cukup dekat. Kamu hanya perlu berjalan kaki sepanjang 1,2 kilometer (km) atau naik transportasi umum.

2. Museum Benteng Vredeburg

Bagi pencinta sejarah, kamu bisa berjalan kaki ke Museum Benteng Vredeburg yang letaknya hanya 2,2 km dari stasiun. Jika jalan kaki, waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

Selain bangunannya yang terlihat apik untuk dijadikan sebagai obyek foto jadul, kamu juga bisa melihat beberapa koleksi menarik, seperti regalia, foto, miniatur, replika, dan lukisan.

Untuk koleksi regalia, beberapa benda yang bisa dilihat adalah peralatan rumah tangga dan pakaian kuno, serta senjata dan naskah.

Usai melihat beragam koleksi menarik, kamu bisa duduk-duduk di taman sambil menikmati akses Wi-Fi gratis. Bagi yang membawa anak, museum telah menyediakan fasilitas bermain luar ruangan.

Museum Benteng Vredeburg terletak di Jalan Margo Mulyo nomor 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan.

Selama new normal, tempat Benteng Vredeburg buka setiap Selasa–Jumat pukul 08.30–14.00 WIB dengan harga tiket Rp 3.000 per orang dewasa, Rp 2.000 per anak, dan Rp 10.000 per wisatawan mancanegara (wisman).

Pada Sabtu, Minggu, Senin, dan hari libur nasional, Museum Benteng Vredeburg tidak menerima kunjungan.

3. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka terletak 3,7 kilometer dari Stasiun Lempuyangan. Jika naik mobil, waktu tempuhnya adalah sekitar 10 menit. jika berjalan kaki, waktu tempuhnya kurang-lebih 45 menit.

Berbagai satwa lucu bisa dilihat di sana, mulai dari orangutan, burung pelikan Australia, burung unta, hingga jelarang yang merupakan satwa sejenis tupai atau bajing.

Selain menawarkan beragam satwa menggemaskan, tata ruang tempat wisata tersebut juga terlihat cukup Instagramable. Salah satunya adalah jalur yang memiliki deretan atap batang kayu.

Kebun Binatang Gembira Loka berada di Jalan Kebun Raya nomor 2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede.

Jam operasionalnya adalah Senin-Kamis pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket Rp 60.000 per orang.

Untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, buka pukul 08.30-16.00 WIB dengan harga tiket Rp 75.000 per orang. Setiap Jumat tempat wisata tutup.

.4. Situs Warungboto

Situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejawinangun tidak kalah indahnya dari Taman Sari. Bahkan, Jennifer Bachdim sempat berfoto di sana pada 27 September 2020.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo. Tepatnya 3,4 kilometer dari Stasiun Lempuyangan.

Situs yang sudah ada sejak masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I ini dulunya berfungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan.

Alhasil, Pesanggrahan Rejawinangun memiliki bangunan bekas taman, kolam, dan kebun. Jika berkunjung ke sisi barat, kamu akan menemukan kolam pemandian.

Saat ini, kunjungan ke tempat wisata tersebut masih belum dikenakan tarif kecuali biaya parkir kendaraan.

5. Taman Sari

Salah satu tempat wisata yang kerap digandrungi wisatawan pencinta selfie adalah Taman Sari yang berjarak 3,7 km dari stasiun Lempuyangan.

Dahulu, tempat wisata ini merupakan bekas kebun dan pemandian Istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tak heran jika area tersebut memiliki sejumlah spot foto menarik.

Salah satu bagian yang bisa dikunjungi adalah gapura panggung yang dulunya merupakan sebuah gerbang khusus untuk keluarga kerajaan.

Ada juga dua kolam yang terletak di gapura kolam Taman Sari yang memiliki ornamen dan ukiran khas, serta Sumur Gamuling dengan empat anak tangga yang menuju satu tempat seperti panggung.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/06/141456027/stasiun-lempuyangan-trending-di-twitter-ini-5-pilihan-tempat-wisata-terdekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke