Salin Artikel

Gunung Merapi Siaga, Bukit Klangon Tutup Semua Kegiatan Wisata

KOMPAS.com – Tempat wisata Bukit Klangon menutup seluruh kegiatan wisata lantaran saat ini status Gunung Merapi naik dari Waspada ke level Siaga.

“Wisata Bukit Klangon ditutup sementara waktu. Semua destinasi dan obyek pengunjung umum, camping, dan bike park sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan,” seperti tertera dalam unggahan Instagram @pesona_klangon, Jumat (6/11/2020).

Adapun, kawasan Bukit Klangon terletak empat kilometer dari puncak Gunung Merapi. Sementara itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menutup destinasi wisata yang berada dalam radius lima kilometer.

Melansir Kompas.com, Jumat, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Aris Herbandang menuturkan, pihaknya sudah koordinasikan sesuai edaran Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

“Kami akan menutup kawasan Klangon, Kinahrejo, bunke Kaliadem, dan wisata religi Turgo,” kata Aris.

Sementara itu, Kaliurang masih terhitung dalam jarak aman karena berada di luar radius lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

“Kaliurang masih jarak aman, 6,8 km (dari puncak Gunung Merapi. Masih kita buka,” lanjutnya.

Sebelumnya hanya tutup kegiatan berkemah

Sebelum Bukit Klangon menghentikan seluruh kegiatan wisata di sana, hanya kegiatan berkemah saja yang ditutup pada pekan lalu.

Penutupan kegiatan berkemah pada Jumat (30/10/2020) dilakukan berkaitan dengan status Gunung Merapi yang terlihat mengalami peningkatan aktivitas sejak 16 Oktober 2020.

Berdasarkan informasi yang tertera pada Kompas.com, Jumat, dalam rentang 16–20 Oktober tercatat ada 167 kali gempa embusan.

Selanjutnya 63 kali gempa vulkanik dangkal, 433 gempa fase banyak, 23 gempa frekuensi rendah, 170 kali gempa guguran, dan 16 kali gempa tektonik.

Sementara pada 23–19 Oktober, dilaporkan terjadi 81 kali gempa vulkanik dangkal, 864 kali gempa fase banyak, 10 kali gempa frekuensi rendah, 367 kali gempa guguran, dan tujuh kali gempa tektonik.

Pada saat itu, Bukit Klangon masih menerima kunjungan wisatawan dengan imbauan bagi mereka untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan memperhatikan arahan dari petugas di lapangan.

Kendati demikian, saat ini tempat wisata sudah tidak bisa dikunjungi hingga keadaan sudah dinyatakan aman untuk aktivitas wisata.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/06/143100427/gunung-merapi-siaga-bukit-klangon-tutup-semua-kegiatan-wisata

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.