Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Wisata di Kampung Rahong Pengalengan

Area dengan luas kurang lebih 4,5 hektar ini telah berkembang menjadi wana wisata sejak 2009. Sebelumnya, area ini hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

“Lalu sama anak-anak pencinta alam Tapak Tiara dibersihkan, di sana dibikin flying fox. Awalnya itu dulu, lalu camping ground. Kesini-sini Alhamdulilah dari 2010 mulai ramai dikunjungi orang," tutur Staff Administrasi Wana Wisata Rahong Deru ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Kini, Tapak Tiara tidak sendiri mengelola wanaiwsata Rahong. Ada Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) untuk pengelolaan area wisata yang berbasis konservasi ini antara Perum Perhutani, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bandung Selatan, dan LMBH Kubangsari.

Enam klaster Wana Wisata Rahong

Di dalam area wanawisata Rahong, terbagi menjadi enam klaster tempat wisata. Enam klaster ini letaknya berdekatan satu sama lain.

Oleh karena itu, pengunjung bisa mengunjungi satu per satu dengan berjalan kaki. Ada pula petunjuk di tiap klaster yang memudahkan pengunjung jika ingin menelusuri keenam klaster tersebut.

Berikut enam klaster wanawisata Kampung Rahong.

1. Hutan Pinus Rahong

Area pertama adalah Hutan Pinus Rahong. Di area ini terdapat banyak aktivitas permainan menarik yang bisa kamu coba, seperti flying fox, paint ball, fun game dan camping ground.

Harga aktivitasnya mulai dari Rp 15.000, dan tiket masuk dibanderol Rp 5.000.

Selain berbagai aktivitas tersebut, seperti namanya kamu juga bisa menikmati keindahan hutan pinus yang rimbun.

Menurut Deru, banyak juga pengunjung yang berswafoto di sekitar area hutan pinus sebab ada beberapa instalasi spot yang digemari.

2. Datar Pinus

Klaster ini khusus untuk kegiatan camping. Ada dua jenis kegiatan camping yang bisa pengunjung coba.

Pertama adalah camping seperti biasa dengan tenda dome bersama keluarga. Kedua adalah camping dengan kendaraan yang bisa dibawa masuk ke dalam area.

Deru menyebutnya sebagai Jeep Camp.

Selain itu banyak juga yang memanfaatkan area ini untuk berbagai acara outdoor. Seperti konser, prewedding, atau sekadar berkumpul bersama teman dan keluarga besar.

3. Wisata Alam Singkur

Selanjutnya adalah Wisata Alam Singkur. Klaster ini terletak di pinggir Sungai Palayangan. Di tempat tersebut terdapat warung pinggir sungai.

"Ada warung pinggir sungai, kan suka ada arung jeram tuh di Sungai Palayangan. Dari Situ Cileunca jadi lewat Alam Singkur. Jadi semacam rest area perahu arung jeram lah," tutur Deru.

Selain menikmati segarnya air Sungai Palayangan, kamu juga bisa berjalan-jalan di hutan pinus yang ada di sekitar area sungai. Tersedia pula penginapan sederhana semacam kabin untuk tempat menginap dengan harga bersahabat mulai dari Rp 250.000.

4. Wisata Kampung Singkur

Jika tadi adalah Wisata Alam Singkur, ini adalah Wisata Kampung Singkur. Seperti Alam Singkur, area ini juga terletak di pinggir sungai.

Fasilitas dan kegiatannya lebih bervariasi, tetapi yang utama ada berbagai pilihan kabin untuk aktivitas glamping di pinggir sungai.

Ada pula berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan mulai dari rafting dan tubing, offroad, flying fox, paintball, hingga camping. Harganya bervariasi mulai dari Rp 20.000.

5. Bukit Rahong

Lalu ada Bukit Rahong. Biasanya klaster ini dimanfaatkan hanya untuk area berswafoto saja.

Ada bebeapa instalasi spot foto yang disiapkan pengelola. Biasanya yang terbuat dari bambu atau kayu yang membuat foto jadi semakin Instagramable.

Selain dipakai untuk berfoto, banyak juga yang memanfaatkan area ini untuk mengadakan acara kecil-kecilan. Misalnya, reuni dengan teman sekolah atau arisan keluarga.

6. Jembatan Rahong

Terakhir adalah Jembatan Rahong. Klaster ini bukan tempat wisata, melainkan penitipan kendaraan. Sebab, kawasan Alam Singkur, Bukit Rahong, dan Kampung Singkur tidak punya area parkir.

Jika ingin berkunjung ke sana, tidak perlu khawatir soal protokol kesehatan selama pandemi.

Menurut Deru, pengelola sudah melakukan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dengan maksimal.

Mulai dari mewajibkan penggunaan masker, handsanitizer, dan mencuci tangan serta jaga jarak. Tak itu saja, ada juga orang-orang yang bertugas untuk mengingatkan tamu agar menerapkan protokol kesehatan selama di lokasi wisata.

Untuk informasi lebih lanjut soal Wana Wisata Rahong, kamu bisa mengunjungi akun Instagram @rahong_petak_43c.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/06/171800627/6-tempat-wisata-di-kampung-rahong-pengalengan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke