Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta Seputar Nihi Sumba, Resor Eksklusif di NTT

KOMPAS.com – Nihi Sumba Resort adalah sebuah resor eksklusif di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tepatnya di pesisir pantai selatan NTT.

Resor ini dibuka pada 2015 oleh Claude Graves dan istrinya, Petra. Saat itu, mereka bedua datang ke Pulau Sumba untuk mencari ombak legendaris bernama Occy’s Left.

Graves sendiri adalah seorang peselancar asal Amerika Serikat. Selain berhasil menemukan ombak yang mereka cari, Graves dan istrinya pun jatuh cinta pada Sumba dan orang-orang di sana.

Pada 2012 Graves dan Petra bekerja sama dengan Chris Burch dan James McBride akhirnya membeli properti yang akan kemudian mengembangkannya jadi salah satu resor paling eksklusif di dunia.

Fasilitas di Nihi Sumba

Nihi Sumba Resort sempat menjadi resor terbaik dunia menurut majalah Travel+Leisure pada 2016 dan 2017. Ada berbagai aktivitas yang bisa tamu lakukan di resor ini, di antaranya adalah aktivitas di darat, laut, budaya, kuliner, kesehatan tubuh, dan perjalanan.

Beberapa paket petualangan di darat yang tersedia, termasuk Sumba Expedition, Blue Waterfall Trek, Wanukaka River Adventure, Rice Island Trek and Brunch, Nihioka Trek and Breakfast, Lamboya Highlands Trek, dan Nihioka Spa Safar.

Laut Sumba juga tidak kalah menarik. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti surfing, kitesurfing, hydrofoiling, fishing and spearfishing, swimming with horses, survival apnea, snorkeling, dan boat cruise.

Tamu juga bisa melakukan aktivitas kuliner, antara lain belajar miksologi sampai kuliner khas Indonesia. Mereka yang ingin bersantai juga bisa melakukan aktivitas yoga, meditasi, dan spa.

Namun salah satu yang istimewa dari Nihi Sumba adalah tamu bisa diajak berkunjung ke desa di Sumba dan melakukan kegiatan sosial.

Semua kegiatan tersebut disediakan resor dan dapat dinikmati di kawasan penuh privasi tanpa ada gangguan wisatawan dari luar resor.

Untuk akomodasinya, ada beberapa pilihan tipe kamar yang tersedia, yakni villa satu kamar, dua kamar, tiga kamar, empat kamar, lima kamar, tipe owner estate, dan secret villa. Luas total resor ini mencapai 530 hektar dan memiliki 33 villa.

Harga menginap di Nihi Sumba

Karena berupa resor eksklusif, harga menginap per malam di Nihi Sumba bisa dibilang cukup tinggi. Ada tiga kategori untuk penetapan harga villa di Nihi Sumba. Yakni Green Season, Shoulder Season, dan High Season.

Untuk tipe villa satu kamar, harganya berkisar mulai dari Rp 12 juta untuk Green Season sampai Rp 41 juta untuk High Season.

Untuk tipe villa dua kamar, berkisar mulai dari Rp 19 juta untuk Green Season sampai Rp 136 juta untuk High Season.

Lalu untuk tipe villa tiga kamar, harganya berkisar dari Rp 85 juta untuk green season hingga Rp 103 juta untuk High Season. Untuk tipe empat kamar berkisar mulai dari Rp 54 juta untuk Green Season sampai Rp 182 juta untuk High Season.

Kemudian untuk tipe lima kamar, harganya berkisar mulai dari Rp 170 juta untuk Green Season sampai Rp 223 juta untuk High Season.

Terakhir untuk tipe Owner’s Estate enam kamar harganya mulai dari Rp 199 juta hingga Rp 275 juta untuk High Season.

Alternatif resor di Sumba

Selain Nihi Sumba, masih banyak pula resor di sekitarnya yang bisa jadi alternatif ketika liburan ke sana. Salah satunya adalah Lelewatu.

Lelewatu Resort terletak di pinggir tebing menghadap ke Samudera Hindia di Sumba bagian barat. Lelewatu punya area sekitar 10 hektar dengan alam yang masih sangat asli.

Para tamu bisa menikmati berbagai aktivitas dan fasilitas di sini. Termasuk spa di Maraga Spa, makan malam mewah di Bokosawu Restaurant, dan bersantai di La Humba Lounge.

Harga menginap per malam di Lelewatu Resort adalah sekitar Rp 4,9 juta untuk promosi pay now stay later.

Ada pula Rua Beach Resort dengan harga per malam mulai dari Rp 800.000, Watukaka Resort dengan harga mulai dari Rp 3,4 juta, dan Sumba Nautil Resort dengan harga mulai dari Rp 1,9 juta.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/07/142115627/fakta-seputar-nihi-sumba-resor-eksklusif-di-ntt

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke