Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merapi Siaga, Beberapa Tempat Wisata di Sleman Tutup

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Sleman menutup beberapa tempat wisata di sekitar Gunung Merapi.

Penutupan itu dilakukan setelah aktivitas Gunung Merapi meningkat dari Waspada (Level II) ke Siaga (Level III) pada Kamis (5/11/2020).

Melalui surat edaran dari Bupati Sleman Nomor 76/Kep KDH/A/2020 tanggal 5 November 2020 tentang Status Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi, bupati Sleman telah menutup beberapa kawasan wisata di sekitar Merapi.

Beberapa kawasan wisata tersebut adalah Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo (Petilasan Mbah Maridjan), dan Wisata Religi Turgo. Kawasan wisata yang ditutup itu berada di zona merah, yakni sekitar 5 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi.

Sementara itu, kawasan wisata selain yang disebutkan tadi masih diizinkan beroperasi secara terbatas.

Hal itu tertera dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Sleman No 361/963 tentang Kenaikan Status Gunung Merapi menjadi Siaga (Level III).

Penutupan kegiatan pariwisata di Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo, dan Wisata Religi Turgo ini akan dilakukan sampai adanya penurunan aktivitas Gunung Merapi.

Pemerintah desa setempat diminta menutup akses masuk menuju lokasi wisata yang disebutkan tadi.

Penutupan obyek wisata itu dianggap memberi dampak cukup signifikan terhadap pariwisata di sekitar kawasan Merapi. Itu karena banyak obyek yang baru kembali buka pasca-tutup akibat pandemi Covid-19.

“Pastinya ada dampak. Tapi belum dihitung perkiraannya. Untuk sementara sih karena destinasi wisata lain masih banyak yang dimiliki Sleman, mudah-mudahan tidak terlalu signifikan,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suciati Iriani Sinuraya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Sebelumnya, radius aman dari Gunung Merapi diubah dari 3 km menjadi 5 km, sehingga obyek wisata yang berada di sekitar radius tersebut harus ditutup.

Sementara itu, obyek wisata yang terletak di luar radius tersebut masih diizinkan beroperasi secara terbatas.

Untuk mengakomodasi itu, Gerbang Retribusi Kepuharjo dan Umbulharjo tetap beroperasi secara normal untuk kunjungan ke area wisata dengan jarak lebih dari 5 km dari puncak Gunung Merapi.

Beberapa kawasan wisata yang masih beroperasi secara terbatas adalah Kawasan Wisata Kaliurang dengan 6,8 km dari puncak Merapi. Begitu pula Museum Terbuka Bakalan yang berjarak lebih dari 5 kilometer, sehingga masih aman untuk dikunjungi.

Selain itu kegiatan jeep wisata lava tour Merapi juga masih diizinkan beroperasi dengan rute terbatas. Yakni rute yang aman lebih dari 5 km dari puncak Merapi.

Menurut Pengelola Jeep Wisata TLCM bernama Bima saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/11/2020), mengatakan bahwa rute yang dilarang adalah Bunker Kaliadem dan Bekas Rumah Mbah Maridjan.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/08/123752327/merapi-siaga-beberapa-tempat-wisata-di-sleman-tutup

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke