Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Sepeda Yogyakarta Perpanjang Lama Tinggal Wisatawan

Dilansir dari Antara, rute wisata sepeda yang mengitari berbagai kampung berefek memperpanjang lama tinggal wisatawan.

“Rute sepeda wisata yang ditawarkan ini laris manis. Banyak diminati tamu hotel. Mereka bahkan rela memperpanjang lama tinggal untuk mencoba rute lainnya,” kata Ketua PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana di Yogyakarta, Senin (9/11/2020).

Menurut dia, wisatawan biasanya mencoba satu rute dalam satu hari. Lalu, saat mendengar rute lainnya juga menarik untuk dijelajahi, mereka memutuskan memperpanjang lama tinggal untuk mencoba rute lainnya.

Di Kota Yogyakarta saat ini terdapat lima rute sepeda wisata. Rute tersebut dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan masing-masing rute memiliki keunikan.

“Banyak wisatawan yang tertarik, terlebih saat ini kegiatan bersepeda sedang menjadi tren gaya hidup,” katanya.

Tamu hotel bisa membawa sepeda secara mandiri. Jika tidak membawa sepeda sendiri, lanjut Deddy, maka pihak hotel juga bekerja sama dengan Jogjabike untuk penyediaan sepeda bagi tamu yang ingin menjelajahi rute wisata sepeda.

“Untuk saat ini peminjaman sepeda dari Jogjabike masih gratis. Bahkan ada pemandu yang menemani wisatawan berkeliling,” katanya.

“Kalau ada 30 orang, biasanya dibagi menjadi 10 orang per kelompok,” katannya.

Peningkatan lama tinggal wisatawan tersebut, lanjut Deddy, memberikan pengaruh yang cukup baik kepada pelaku usaha jasa pariwisata bahkan terhadap masyarakat di perkampungan yang dilintasi oleh wisatawan saat bersepeda.

“Mereka tidak hanya sekadar lewat, juga membeli makanan atau kuliner di kampung-kampung tersebut. Menghidupkan perekonomian kampung,” katanya.

Agar rute sepeda wisata tersebut semakin banyak diminati oleh wisatawan, Deddy berharap pemerintah daerah melakukan perbaikan infrastruktur seperti memastikan jalan dalam kondisi yang bagus sehingga mudah dilintasi.

“Untuk rute, bisa ditambah dengan rute baru atau mengombinasikan beberapa rute yang jaraknya pendek,” katanya.

Sebelumnya Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyebut salah satu tujuan menyiapkan rute wisata sepeda adalah memperpanjang lama tinggal wisatawan.

“Semakin lama wisatawan tinggal di Yogyakarta, maka akan memberikan kontribusi yang lebih banyak pada pertumbuhan ekonomi,” katanya.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/11/095000027/rute-sepeda-yogyakarta-perpanjang-lama-tinggal-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke