Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta Menarik TMP Kalibata, Makam Pahlawan Revolusi Dibedakan

Sebelumnya berada di TMP Ancol, banyak dari jenazah orang-orang yang dinobatkan sebagai pahlawan pun dipindahkan saat TMPN Kalibata diresmikan pada 10 November 1954.

Kendati demikian, selain menjadi tempat bersemayamnya para orang-orang berjasa, TMPN Kalibata memiliki sejumlah fakta menarik. Apa saja?

1. Makam pahlawan revolusi berbeda

Pendiri Wisata Kreatif Jakarta Ira Lathief menuturkan, terdapat hal yang membedakan makam para pahlawan revolusi.

“Makam para pahlawan revolusi ada yang membedakan karena dikonblok,” ungkapnya dalam tur virtual Jelajah Makam-makam Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Sementara makam lainnya, meski memiliki bentuk dan keindahan yang sama, tidak memiliki konblok yang mengelilingi makam.

2. Makam pertama di TMPN Kalibata

Jenazah pertama yang dibawa dan disemayamkan di TMPN Kalibata adalah Agus Salim, seorang pahlawan nasional dan diplomat ulung yang juga dikenal sebagai wartawan.

Bagi yang ingin berziarah ke makamnya, pengunjung bisa langsung menemukannya lantaran letaknya tidak jauh dari pintu masuk.

Ira melanjutkan, di dalam sebuah bangunan terdapat sebuah dinding yang memiliki banyak keterangan tentang para pahlawan yang gugur dalam perjuangan.

Mulai dari pahlawan nasional yang berjasa saat awal-awal kemerdekaan hingga pahlawan revolusi, seluruh profil singkat yang menceritakan kehidupan mereka tertera pada dinding tersebut.

4. Ada lampu di dalam helm

Saat berkunjung ke TMPN Kalibata, para pengunjung akan disuguhi pemandangan helm yang ada di atas setiap makam.

“Helm-helm itu kalau diangkat dia ada bola lampu. Setiap menjelang 17 Agustus, jam 12 malam selalu ada upacara. Lampunya dinyalakan,” kata Ira.

5. Bagian dari protokol kunjungan tamu kenegaraan

Sebagai tempat terakhir kehidupan para pahlawan, Ira menuturkan, TMPN Kalibata termasuk dalam protokol kunjungan tamu kenegaraan.

Sebagai contoh, jika ada presiden dari negara lain tiba di Indonesia, hal pertama yang wajib mereka lakukan sebelum bertemu dengan presiden adalah berkunjung ke TMPN Kalibata.

“Mereka diajak ke TMPN Kalibata sebagai bagian dari protokol. Satu tempat lain yang dikunjung adalah Masjid Istiqlal. Mungkin sebagai simbol karena Indonesia mayoritasnya Muslim,” ujar Ira.

TMPN Kalibata terkenal akan sebuah bangunan berwarna putih yang berada dalam area yang cukup luas.

Adapun, monumen tersebut dibangun pada zaman Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto, tepatnya sekitar 20 tahun kemudian.

“Kalau masuk tidak bisa langsung masuk ke bagian monumen, pasti ditangkap. Harus masuk ke pinggir ada gerbang kecil, ada pos jaga, daftarkan nama,” ungkap Ira.

“Kalau ada upacara Hari Pahlawan, area monumen dibuka aksesnya untuk umum,” lanjutnya.

7. Piknik sambil lihat rusa

Ira mengatakan bahwa bagian belakang TMPN Kalibata dapat dimanfaatkan sebagai tempat piknik. Dahulu, area tersebut bergabung dengan taman rusa sebelum akhirnya dipisah.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/12/114003127/7-fakta-menarik-tmp-kalibata-makam-pahlawan-revolusi-dibedakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke