Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Berburu Tiket Pesawat Murah Saat Promo AirAsia, Jakarta-Lombok PP Rp 188.000

AirAsia Unlimited Pass ini tersedia untuk periode pembelian mulai 9-15 November 2020 untuk periode penukaran 9 November 2020 – 16 Mei 2021 dan periode penerbangan mulai 23 November 2020 – 31 Mei 2021.

Promo ini dianggap sangat menarik oleh para pelanggan setianya. Beberapa di antaranya memanfaatkan promo ini untuk liburan ke beberapa destinasi sekaligus dengan harga yang relatif terjangkau.

Berburu tiket Rp 0

Salah satunya adalah Citra Ayu Pratiwi (28). Citra mengaku membeli promo ini untuk tiket mudik Lebaran tahun 2021 nanti.

“Memang merencakan pergi ke Lombok sejak lama. Jadinya saya beli. Baru berhasil booking Lombok-Jakarta PP,” kata Citra ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Tiket Lombok-Jakarta PP ini ia dapatkan dengan harga Rp 188.000. Harga tersebut dirasa cukup murah, mengingat harga normal Jakarta-Lombok PP bisa mencapai Rp 1,6 juta.

Harga tersebut memang tak benar-benar Rp 0. Tiket-tiket dengan harga “gratis” tersebut memang hanya tersedia di periode tertentu saja.

Menurut Citra, selain harga Rp 188.000 yang ia dapat, banyak juga tiket dengan harga Rp 5.000 – Rp 10.000 saja.

“Yang Rp 5.000 itu sepertinya sudah booking dari awal-awal. Jadi langsung habis,” terang dia.

Selain tiket ke Lombok, Citra juga akan membeli beberapa tiket lagi dalam beberapa waktu ke depan. Salah satunya tiket dari Jakarta ke Belitung di bulan Februari. Pasalnya, ada periode di bulan Februari di mana terdapat promo 100 persen off rute Jakarta-Belitung.

“Kita cuman bayar iuran Jasa Raharga dan pajak bandara aja. (Carinya) enggak terlalu susah sih. Pokoknya jangan ambil yang high season,” tukas Citra.

Serupa dengan pemilik akun Instagram @odiatma. Ketika dihubungi Kompas.com Rabu (11/11/2020), @odiatma memang ingin memanfaatkan terbang murah dengan Unlimited Pass ini.

Sejauh ini, @odiatma sudah memesan tiket ke Bali dari Jakarta dan juga Labuan Bajo via Denpasar. Untuk tiket PP CGK-DPS ia berhasil mendapatkan harga Rp 10.000.

Lalu ada pula tiket PP CGK-DPS atau Jakarta-Bali lainnya yang ia dapatkan dengan harga Rp 195.000. Tiket terakhir yang ia dapat adalah PP DPS-LBJ atau Bali-Labuan Bajo dengan harga Rp 135.000.

“Tiket harga umum jadi lebih murah. Mulai dari Rp 5.000 hingga sekian tergantung tujuan,” kata @odiatma.

Harga tersebut sudah termasuk semua biaya. Termasuk biaya tiket, iuran Jasa Raharja, dan pajak bandara. Berbeda dengan Citra, @odiatma tidak menemukan tiket dengan harga Rp 0.

Menurutnya, promo ini sangat worth it khususnya untuk mereka yang rajin travelling dan punya banyak waktu.

Agak sulit untuk mencari tanggal yang pas dan harganya juga murah. Pasalnya tanggal-tanggal di periode high season tidak punya harga diskon yang menarik.

Ia sendiri harus melakukan scrolling tanggal di setiap pencarian jadwal. Kemudian mencari dengan perlahan harga yang terendah atau paling cocok dan sesuaikan lagi ketersediaan dengan jadwal PP yang pas.

Namun sayangnya, ada beberapa kekurangan yang @odiatma rasakan dalam promo kali ini. Menurutnya, AirAsia seringkali melakukan perubahan jadwal atau membatalkan penerbangan.

Dalam kasus promo seperti ini, calon penumpang jadi khawatir dengan rusaknya jadwal yang telah diatur karena bisa berdampak pada jadwal pribadi lainnya dan biaya lain yang bisa timbul.

“AirAsia juga tidak bisa reschedule. Juga Unlimited Pass ini tidak bisa cancel booking. That’s so bad,” tutur @odiatma.

Apalagi semakin mendekati waktu akhir promo pilihan harga tiket terbang murah dengan Unlimited Pass ini juga semakin sedikit.

“Saya rajin scroll sekarang sangat jarang tersedia harga gila setiap pekannya. Harga weekend pun cenderung terkesan secara umum normal. Mungkin next rasanya akan biasa aja untuk promosi AirAsia berikutnya,” pungkasnya.

Bukan promo yang worth it

Hal serupa juga dirasakan Steven Haurissa (32). Menurutnya, promo Unlimited Pass yang ia beli ini jadi cara marketing yang sangat bagus untuk AirAsia. Namun sayangnya tidak terasa setimpal.

Pasalnya tidak banyak orang yang bisa menggunakan promo ini. Salah satunya karena rute yang tersedia dengan harga diskon bisa dibilang tidak terlalu banyak.

“Harus dicari satu per satu (rute yang pas) sampai begah. Kalau jadwal tidak fleksibel yang terpaksa. Kalau rute tidak cocok atau jadwal kepepet yang pasti tidak berguna,” kata Steven pada Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya, Unlimited Pass ini hanya cocok digunakan untuk orang-orang yang punya waktu perjalanan fleksibel sehingga bisa mencari tanggal paling bagus dengan harga yang paling rendah.

Steven sendiri akhirnya memutuskan untuk membeli Unlimited Pass ini karena ada urusan yang mengharuskan dirinya bolak-balik ke Bali.

Ia baru berhasil mendapatkan tiga penerbangan dari Jakarta-Bali-Surabaya-Jakarta dengan harga Rp 154.500.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/12/201500827/cerita-berburu-tiket-pesawat-murah-saat-promo-airasia-jakarta-lombok-pp-rp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke