Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Wisata Hits dan Kekinian di Bandung, Banyak Spot Foto Instagramable

KOMPAS.com – Bandung kerap kali menjadi destinasi wisata favorit masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan saat weekend atau libur panjang.

Kota berjuluk Paris Van Java ini punya beragam destinasi menarik, seperti wisata alam, wisata kota, dan wisata kuliner.

Berikut ini rangkuman sejumlah tempat hits dan kekinian di Bandung, seperti dirangkum oleh Kompas.com.

Boda Barn merupakan tenant cafe yang mengusung tema rustic modern pada bangunan utama dengan rangka bangunan menyerupai barn atau lumbung.

Berbeda dari kebanyakan tenant yang berada di kawasan wisata Punclut. Boda Barn tidak hanya sebagai cafe dan tempat wisata, tetapi dapat dijadikan sebagai lokasi pernikahan.

Sesuai namanya, Boda dalam bahasa Spanyol berarti pernikahan dan Barn dalam bahasa Inggris adalah lumbung. Jika digabung, kedua kata tersebut mengandung arti "pernikahan di lumbung".

“Kami menyediakan tempat untuk acara pernikahan. Selain itu, acara tunangan, ulang tahun, dan private event lain juga bisa diadakan di sini,” ujar Corporate Marketing Communication Boda Barn & Tafso bernama Lita.

Selain konsep yang unik, restoran kekinian ini menawarkan keindahan panorama alam yang begitu memanjakan mata dan udara sejuk, serta sejumlah spot foto Instagramable cukup banyak.

Salah satu andalannya adalah sangkar di tengah taman dengan pemandangan langsung ke arah Kota Bandung.

Ada pila area terrace lampu tulip yang menyala di sepanjang taman bawah terrace Boda Barn saat mulai sore.

Boda Barn terletak di Jalan Pagermaneuh Desa, Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tafso merupakan singkatan dari Talent For Social yang bermakna show your talent while socializing with others.

Awalnya, Tafso adalah tempat bermain minigolf pertama di Bandung yang hadir pada 2016. Karena permintaan pelanggan, Tafso akhirnya berkembang menjadi kafe.

Tafso hadir sebagai kafe yang mengakomodasi seluruh kalangan, mulai dari anak muda, pasangan, sampai keluarga dengan anak kecil.

Pada awal 2020, TAFSO melakukan renovasi dengan tampilan yang lebih kekinian dengan mengusung konsep modern minimalis.

Untuk mengakomodasi berbagai kalangan, Tafso menyediakan fasilitas, mulai dari thematic garden, spot foto unik, sampai area bermain anak.

Pengunjung juga bisa melakukan photoshoot product atau prewedding, serta menikmati sajian menu kopi di sana.

Tafso berada di dalam kawasan wisata Punclut-Sarae Hills, tepatnya di Jalan Baru Laksana Nomor 75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

The Great Asia Afrika adalaj tempat wisata hits di Bandung berupa taman hiburan khusus Asia Afrika, yang menawarkan sensasi keliling ke berbagai negara, mulai dari Jepang, Korea, sampai Afrika.

Di sana, pengunjung dapat melihat landmark terkenal dari berbagai negara, merasakan jalan-jalan ke luar negeri, menyantap kuliner, belanja suvenir, keliling dengan kereta, sampai belajar kebudayaan berbagai negara.

Supaya suasana jalan-jalan ke luar negeri makin terasa, pengunjung bisa menyewa pakaian khas setiap negara, mulai dari Hanbok dari Korea sampai kostum Jasmine dan Aladdin dari Timur Tengah.

The Great Asia Afrika terletak di Jalan Raya Lembang–Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Cakrawala Sparkling Nature Restaurant

Cakrawala Sparkling Nature Restaurant merupakan salah satu tempat wisata hits di Bandung dengan mengusung konsep angkasa.

Bangunan restoran memiliki gaya arsitektur modern dengan konsep cakrawala di setiap areanya, seperti Pelangi dengan dinding kaca berwarna-warni yang dapat memantulkan cahaya.

Ada pula Galaxy di mana sinar surya akan menerobos bangunan, Atlantis dengan sensasi merasakan makan di bawah samudera, serta Aurora, Matahari, Khatulistiwa, Savana, Lorong Pelangi, dan gerbang kastel kerajaan.

Setiap area mengusung konsep yang unik dan menarik, sehingga sangat pas dijadikan spot foto yang Instagramable.

Pengunjung juga bisa berfoto sambil memacu adrenalin di Skywalk, berupa lantai kaca luar ruangan dengan ketinggian 20 meter yang dapat menampung hingga 30 orang.

Cakrawala Sparkling Nature Restaurant terletak di Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Nara Park merupakan wisata kuliner yang terdiri dari tujuh outlet kuliner di dalamnya dengan konsep berbeda pada tiap outlet.

Ketujuh outlet tersebut yaitu Pamor untuk masakan Indonesia, Torigen untuk masakan Jepang, Porto Bistreau untuk masakan western, Nanny’s Pavillon untuk makanan Amerika, Foresta Coffee, Oval Bar, Pino Teras untuk snack, dan Pino Bakery.

Nara Park juga menawarkan outdoor berkonsep taman dengan pemandangan pohon-pohon pinus dan taman hiburan yang cocok untuk wisata keluarga.

Khusus weekend, di Nara Park terdapat beberapa stan yang menjual jajanan anak, seperti permen kapas sampai mainan.

Pengunjung juga bisa melakukan piknik lengkap dengan tikar sampai bean bag dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Di samping itu, ada pula berbagai kelas, seperti melukis, yoga, sampai wushu di Nara Park dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Rancabentang Nomor 28, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Jika mencari tempat wisata hits di Bandung yang memiliki penginapan dan restoran sekaligus, cobalah datang ke Bukit Saung Bambu.

Mengusung konsep "Sunda Mendunia", tempat ini menawarkan arsitektur bangunan, interior ruangan, dan makanan. Dekorasi juga dibuat sedemikian cantik, sehingga pas untuk foto-foto.

Dekorasinya mengikuti tren, mulai seprai kasur hingga pernak-pernik, sehingga pengunjung mendapat kesan yang berbeda setiap kali berkunjung.

Bukit Saung Bambu berlokasi di perbukitan yang berada pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan pemandangan indah berupa gunung-gunung yang mengelilingi Kota Bandung.

Setiap bangunan cottage memiliki dua lantai, kamar tidur dilantai dua, bale dan kamar mandi di lantai satu, lengkap dengan kursi santai, hammock, lesehan, seprai kualitas semi serat bambu, bantal hias, dan pernak-pernik dekorasi unik.

Bukit Saung Bambu terletak di Jalan Padasuka Atas Blok F Nomor 31, Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung.

Tempat wisata hits lainnya adalah Kala Cemara, yang terletak di satu kawasan di Horison Green Forest Bandung.

Dikutip dari Kompas.com, kafe ini mengusung konsep kebahagiaan masa kecil, yang dituangkan lewat beragam permainan dan wahana yang ada.

Permainan masa kecil tersebut tak hanya bisa dinikmati pengunjung anak, tetapi juga dewasa.

Permainan outdoor yang bisa ditemui antara lain ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit.

Bangunan kafe terbagi menjadi tenda-tenda kecil yang berjejer di tepi danau dengan pohon-pohon cemara di sekelilingnya. Pada malam hari, pemandangan semakin gemerlap berkat cahaya dari lampu-lampu.

Tempat wisata hits di Bandung yang dibuka sejak Desember 2019 ini pas bagi mereka yang menyukai binatang dan ingin merasakan lebih dekat dengan mereka.

Tidak hanya jalan kaki berkeliling, di sini pengunjung dapat naik kuda, keliling Lembang Park & Zoo dengan skuter, atau naik kano di danau buatan.

Kebun binatang dengan beragam satwa ini juga cocok bagi mreka yang ingin mengabadikan momen dan berburu foto Instagramable.

Lembang Park & Zoo juga menyediakan beragam restoran dan kafe yang unik seperti Neko Cat Cafe di mana pengunjung dapat bermain dengan kucing-kucing lucu sampai Quagga Green Cafe yang menawarkan nuansa tumbuhan hijau.

Wahana yang tersedia di Lembang Park & Zoo, antara lain E-Scooter, Riding School, panahan, water kiddy zone, perahu, padle boat, playground, kereta, bianglala, storyland, dan carnival games.

Lembang Park & Zoo terletak di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Mangkok Lokal merupakan kafe unik yang mengusung konsep alam dengan sentuhan nuansa Bali dan Jogja, plus suasana sejuk Khas Bandung.

Nama Mangkok Lokal sendiri memiliki maksud menyajikanan makanan dan jajanan lokal khas Indonesia, disertai suasananya yang khas Nusantara.

Dengan desain interior bertema industrial yang dicampur dengan jungle style dan terfokuskan pada suasana alam, setiap sudutnya begitu cocok dijadikan spot foto Instagramable.

“Karna kita full banyak sekali tumbuhan dengan ukuran yang besar, jadi sangat menarik untuk foto- foto. Salah satu spot foto yang harus dicoba adalah kaca di area depan restroom,” kata Public Relation Mangkok Lokal bernama Karen.

Tempat duduk yang tersedia juga beragam, mulai dari lesehan lengkap dengan bantal dan meja kayu, sampai kursi dan meja kayu pohon.

Fasilitas yang tersedia di Mangkok Lokal, antara lain ruangan indoor & outdoor, WiFi, sampai area outdoor yang cukup luas untuk anak-anak.

Mangkok Lokal terletak di Jalan Sukahaji Nomor 121, Sukarasa, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Salah satu tempat wisata hits di Bandung adalah Sudut Pandang yang hadir dengan multimedia interaktif dan Instagramable.

Sudut Pandang ini memiliki dua sudut, yaitu Sudut Rasa untuk bagian restoran dan Sudut Cerita sebagai fun space entertainment berupa wahana multimedia interaktif.

Instalasi multimedia interaktif yang ditawarkan memakai metode teknologi dengan tema yang berhubungan dengan lingkungan alam dan manusia.

Sudut Pandang juga menjadi wisata edukasi dengan mengangkat topik lingkungan alam dan manusia.

Bentuk edukasi dapat dilihat tiap ruangan terdapat deskripsi yang menjelaskan pesan yang ingin disampaikan dari setiap instalasi, juga ada pemandu yang dapat menjelaskan secara verbal.

Sudut Cerita juga dapat dijadikan sebagai tempat foto prewedding, syuting video clip, sampai dance cover video.

Sudut Pandang terletak di Jalan Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Wisata kuliner di kastil kerajaan, Mercusuar Cafe & Resto menawarkan arsitektur bangunan yang unik berupa kastel megah dengan tema abad pertengahan ala Eropa Klasik.

Interior di dalamnya juga memiliki ciri khas Eropa yang pastinya kere. Ada pula spot foto instagramable, seperti menara dan perahu bajak laut.

Kafe hits ini memiliki enam lantai yang menawarkan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian dengan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Beragam hidangan dapat dinikmati di Mercusuar Café & Resto, mulai masakan Nusantara, western, sampai Jepang.

Mercusuar Cafe & Resto terletak di Jalan Lembah Pakar Timur 2 nomor 7, Ciburial, Kecamatan Cimeyan, Bandung.

Serasa pergi ke Belanda, Rumah Belanda Bandung merupakan taman bunga, retoran sekaligus tempat rekreasi yang mengusung konsep bergaya Negeri Kincir Angin.

Mendukung suasana ala Belanda, tempat ini dilengkapi dekorasi, seperti kincir angin Belanda, Rumah Klompen, dan patung sepatu Klompen.

Rumah Belanda Bandung yang unik ini pas dikunjungi bersama keluarga sambil berburu foto yang Instagramable. Bahkan, tamu juga bisa meminjam kostum Belanda untuk menyempurnakan tampilan foto.

Rumah Belanda Bandung menyediakan fasilitas seperti Garden Restaurant, taman bunga, studio foto, dan playground. Pengunjung juga bisa membeli merchandise khas Belanda.

Destinasi hits di Bandung ini terletak di Jalan Raya Maribaya Sukamaju, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pengunjung bisa bertualang di hutan ajaib yang menyala di kegelapan. Itulah Lembang Wonderland yang mengusung konsep glow in the dark alias menyala dalam gelap.

Lembang Wonderland yang serasa negeri dongeng ini dilengkapi berbagai wahana seru, seperti magic forest, taman es krim raksasa, sweet field yang penuh permen, sampai bermain salju di area snow village.

Tempat ini berada di dalam Tahu Susus Lembang, tepatnya terletak di Jalan Raya Lembang nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Hamparan perkebunan bunga warna-warni di Rainbow Garden Lembang pas untuk nongkrong bersama teman sambil merasakan suasana sejuk dan indahnya bunga.

Tentu saja, jangan lewatkan untuk mengabadikan momen terbaik dengan foto-foto yang Instagramable.

Di tempat wisata hits di Bandung ini, pengunjung juga dapat mengunjungi Green House yang menyimpan tanaman-tanaman khusus sambil belajar mengenai bunga-bunga, sampai membeli bibit dan alat berkebun untuk dilakukan sendiri di rumah.

Rainbow Garden Lembang berada dalam kawasan Floating Market Lembang, tepatnya di Jalan Grand Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Angkringan De Blankon memiliki arsitektur bangunan unik dengan perpaduan antara joglo dan modern. Saat ini, angkringan ini memiliki dua nama, yaitu Langit Jingga.

Angkringan bergaya modern ini menawarkan pemandangan alam hijau perbukitan yang indah dan Kota Bandung dari atas ketinggian dengan didukung suasana sejuk, dingin, juga menyegarkan.

Tak hanya hidangan khas Jawa Tengah. Angkringan De Blankon juga menyajikan makanan khas Nusantara dan Japanese, seperti Dimsum.

Angkringan De Blankon terletak di Jalan Baru Laksana nomor 75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Salah satu ruang terbuka hijau di Bandung adalah Taman Asia Afrika yang dibangun untuk mengenang peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955.

Taman Asia Afrika di Bandung ini dilengkapi bendera negara dan patung tokoh dari terselenggaranya Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Ikon utama yang menarik dari Taman Asia Afrika adalah Water Fountain berupa air mancur menari penuh warna yang mengikuti alunan musik pada malam hari.

Taman ini pas untuk wisata keluarga, wisata edukasi, tempat nongkrong bersama teman, tempat olahraga, atau sekadar bersantai sambil menyaksikan pesona air mancur menari.

Pengunjung juga dapat berkeliling taman naik bus kecil nan unik disebut trem yang didatangkan dari Turki.

Taman Asia Afrika terletak di Jalan Ibrahim Ajie Nomor 60-78, Kebonwaru, Batununggal, Kota Bandung.

Rabbit Town hadir dengan kelinci sebagai ikon utama. Rabbit Town juga merupakan wisata kuliner dan fesyen.

Di sini, ada beberapa spot foto yang instagramable, seperti Ariel’s Home, Magical Forest, Love Light, La La Stoy, dan Rainbow Stair.

Pengunjung juga bisa berinteraksi sampai memberi makan satwa, seperti kelinci, monyet, kanci, sampai ikan koi.

Tak sekadar jadi tempat wisata hits di Bandung, Rabbit Town juga sangat ramah untuk keluarga terutama yang membawa anak-anak. Sebab, tersedia beragam aktivitas menarik buat anak, termasuk kesempatan untuk berinteraksi dengan hewan-hewan lucu.

Fasilitas yang tersedia di Rabbit Town, antara lain mushala, toilet, kafe, area makan malam, playground, dan VIP Room.

Harga tiket masuk Rabbit Town kini tidak dipungut biaya alias gratis.

Rabbit Town terletak di Jalan Rancabentang nomor 30-32, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Tempat menyenangkan lengkap dengan spot selfie yang penuh warna dan pas untuk wisata keluarga dan selfie adalah Centrum Million Balls.

Tempat ini disebut “Big Poll Party” atau kolam bola terbesar di Indonesia dengan seluas 500 meter, lengkap dengan kolam untuk dewasa sampai bayi.

Centrum Million Balls menawarkan spot-spot foto yang menarik, seperti Disco Darling, Choco Sunday, Yellow Bubble Shower, dan Story of My Life.

Centrum Million Balls terletak di Jalan Belitung nomor 10, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Sebagai ruang terbuka di tengah kota, Taman Tegallega Lampion Park memiliki luas lahan sekitar 19 hektar.

Beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan di taman ini, antara lain jogging, bermain sepak bola, bersepeda, bermain skateboard, atau sekadar bersantai menikmati sejuknya taman.

Taman Tegallega dilengkapi pepohonan hijau, lapangan olahraga, area bermain skateboard, taman lampion dinosaurus, sampai Monumen Bandung Lautan Api.

Taman ini sangat cocok untuk berbagai kalangan, khususnya keluarga. Anak-anak bisa bermain di taman lampion dengan berbagai patung dinosaurus yang berwarna pada malam hari.

Lampion Park Tegallega ini berada di kawasan Lapangan Tegallega Bandung tepatnya terletak di Jalan BKR, Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung.

Pengunjung dapat merasakan nuansa ala Negeri Gingseng Korea Selatan di Little Seoul Bandung yang merupakan bagian dari Chingu Cafe yang populer dan hits di Bandung.

Little seoul ini berada di luar ruangan kafe yang menghadirkan suasana ala Jalan Dongdaemun di Seoul. Di sini, pengunjung akan terlena dan terasa seperti berada di Korea Selatan.

Pengunjung juga bisa memakai Hanbok atau pakaian tradisional Korea Selatan dan berfoto-foto di sini.

Chingu Cafe menawarkan kuliner Korea autentik yang lezat, halal, juga berkualitas dengan suasana kafe Korea modern yang nyaman dan penuh warna.

Jalan Dongdaemun dikenal dengan street food, begitu juga Little Seoul ini. Uniknya, menu makanan dijual dengan mata uang won, pengunjung bisa membeli dengan menggunakan kartu dari money changer yang tersedia di sini.

Arti dari Chingu berarti teman. Artinya, makanan yang dijual memiliki harga yang bersahabat.

Little Seoul Bandung berada di Chingu Café tepatnya terletak di Jalan Sawunggaling Nomor 10, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

21. Wisata Alam Driam Riverside

 

Wisata Alam Driam riverside menawarkan tempat yang tenang, privat, dan nyaman, sehingga pas untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat, atau pasangan.

Driam Riverside disebut juga “One Stop Tourism Destination” terbaik di Bandung Selatan dengan menawarkan tiga pengalaman wisata sekaligus, yaitu Riverside Park, Riverside Hotel, dan Riverside Culinary.

Berada di dataran tinggi, Driam Riverside menawarkan pemandangan alam menakjubkan berupa sawah, hutan, dan sungai, dengan udara sejuk.

Pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas, seperti berfoto, berenang dengan udara segar, berwisata kuliner, bermain pasir pantai, bermain tubing, hingga rafting di sungai.

Pengunjung juga bisa bermalam di Driam Riverside dengan berbagai macam pilihan penginapan atau mengadakan pertemuan di meeting room.

Driam Riverside terletak di Jalan Raya Soreang-Ciwidey KM 25, Cukangganteng, Kecamatan Pasirjambu, Bandung.

Wisata alam Wayang Windu Panenjoan Skypark hadir d itengah perkebunan teh Kertamanah yang hijau dengan suasana damai juga udara sejuk.

Wayang Windu berasal dari nama Gunung Wayang dan Gunung Windu, dan kata ‘Panenjoan’ yang berarti penglihatan atau sejauh mata memandang.

Wayang Windu Panenjoan Skypark berada di ketinggian 1.800 mdpl, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan pesona kabut putih dan rumah penduduk. Wayang Windu merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset.

Tempat ini memiliki spot foto Instagramable. Pengunjung dapat mengambil foto cantik di jembatan panjang, gardu pandang, sampai pintu taman langit.

Fasilitas yang tersedia di Wayang Windu seperti spot foto, gazebo, ATV, camping ground, toilet, mushala, dan warung sederhana.

Pengujung juga dapat foto prewedding, bermain ATV, berkemah, atau sekadar bersantaai menikmati pemandangan.

Wayang Windu Panenjoan Skypark berlokasi di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung.

Bukit Jamur Rancabolang merupakan wisata alam unik berupa perkebunan teh yang dilengkapi pepohonan cemara pendek berbentuk jamur yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Tempat kekinian yang unik ini cocok banget untuk dijadikan spot foto yang Instagramable, seperti dengan latar pepohonan bentuk jamur, perkebunan teh, dan sky bridge rangon.

Bukit Jamur menawarkan pemandangan indah berupa pegunungan dengan suasana yang damai dan sejuk.

Lokasinya ada di lereng Gunung Tilu dan Gunung Patuha, tepatnya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, Bandung.

Tempat rekreasi Barusen Hills merupakan taman bunga yang instagramable lengkap dengan berbagai fasilitas menarik.

Di sini,terdapat pula wahana, seperti waterboom, camping ground, playground, selfie spot, sampai penginapan.

Aktivitas yang dapat dilakukan di sini, antara lain berfoto, bermain air di waterboom, berkemah sampai glamour camping, bermain flying fox, hingga bermain panahan.

Barusen Hills juga memiliki kafe, kantin, dan warung makan menjual camilan dan berbagai menu makanan.

Pengunjung juga dapat bermalam. Barusen Hills menawarkan beberapa macam penginapan mulai dari camping, glamping, cottage, dan villa utama.

Barusen Hills terletak di Gambung Ciwidey, Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

Kawasan bumi perkemahan Ranca Upas berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl dengan pemandangan alam yang indah juga suasana sejuk.

Selain berkemah, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti berenang, outbound, bermain dengan rusa, berfoto, syuting, atau sekadar bersantai menikmati keindahan dan kesejukkan alam.

Wahana seru di Ranca Upas, antara lain area bermain anak, edelweiss bridge, kolam renang, berkuda, panahan, sampai Villa Menjangan.

Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey–Patengan nomor 946, Patengan, Rancabali, Bandung.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/15/172143827/25-wisata-hits-dan-kekinian-di-bandung-banyak-spot-foto-instagramable

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke