Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Paspor Norwegia Adalah yang Terkeren di Dunia?

KOMPAS.com – Norwegia memiliki deretan paspor dan kartu identitas baru yang terlihat cantik.

Melansir Lonely Planet, Senin (9/11/2020), paspor dan kartu identitas tersebut memiliki ilustrasi pemandangan Norwegia yang dapat berubah dari malam hari ke siang hari di bawah sinar ultraviolet.

Adapun, sejumlah identitas diri tersebut didesain oleh Neue Design Studio yang berbasis di Oslo, ibu kota negara tersebut.

Studio desain tersebut berhasil memenangkan kontrak desain berkonsep pemandangan Norwegia.

Tujuan keseluruhan dari desain ulang paspor adalah untuk meningkatkan keamanan paspor, kartu identitas, dan dokumen perjalanan.

Aspek penting lain adalah paspor harus memiliki hubungan yang erat dengan warga Norwegia. Setelah pengembangan selama enam tahun, versi final dari paspor tersebut kini telah diluncurkan.

Tim desain membuat sebuah cerita visual yang komprehensif. Setiap halaman mewakili cerita unik di Norwegia.

Dengan menggunakan ilustrasi bagian-bagian dari panorama Norwegia yang luas, Neue ingin menunjukkan kontras lanskap dan iklim yang membentuk orang Norwegia.

Mereka juga ingin memperlihatkan kontras lanskap dan iklim yang menawarkan peluang dan sumber daya, tempat rekreasi, juga pemandangan peristiwa sejarah yang penting.

“Desain harus menciptakan rasa kepemilikan dan koneksi antar usia, jenis kelamin, dan wilayah di Norwegia,” ungkap desainer senior di Neue, Benjamin Stenmarck, mengutip Lonely Planet.

“Maka dari itu, kami harus melihat dasar sejarah kami dan apa yang ada dalam budaya masyarakat Norwegia yang menciptakan rasa kepemilikan,” imbuhnya.

Menurut Stenmarck, mereka menemukannya di alam yang selalu menjadi bagian dari sejarah mereka.

Pemandangan yang mengelilingi mereka memberi rasa keterlibatan dan kebanggaan, juga mengisi fungsi simbolik bagi seluruh warga Norwegia.

“Gambar pemandangan dapat dengan mudah menjadi klise, tetapi dengan diterima secara meluas dan mengakar dalam budaya Norwegia, gambar tersebut juga sangat mudah untuk diidentifikasi,” pungkas Stenmarck.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/16/120100027/benarkah-paspor-norwegia-adalah-yang-terkeren-di-dunia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke