Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, GWK Cultural Park di Bali Buka Lagi pada 4 Desember 2020

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa mengatakan bahwa Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park akan dibuka kembali 4 Desember 2020.

“Dari surat edaran bakal dibuka 4 Desember nanti,” ungkapnya kepada Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Sejak ditutup pada 21 Maret, Putu menuturkan bahwa pengelola tempat wisata sudah melakukan sejumlah persiapan terkait penerapan protokol kesehatan.

“Paling yang di lift, sudah ditinjau sejak pertama kali Covid-19. Sudah diatur marka-marka (penunjuk arah),” tutur Putu.

Kendati demikian, GWK Cultural Park masih belum dibuka hingga saat ini karena berbagai pertimbangan salah satunya adalah jumlah wisatawan.

Putu menjelaskan, jika jumlah wisatawan yang akan berkunjung masih sedikit maka hal tersebut tidak akan menutup biaya operasional.

“Harus ada minimal 500 orang per hari supaya biaya operasional cukup tertutup. Sebelum Covid-19, mereka per hari bisa 2.000-an orang. Bisa 3.000-5.000 orang,” jelas Putu.

Protokol kesehatan GWK Cultural Park

Salah satu protokol kesehatan yang diterapkan di tempat wisata tersebut, ujar Putu, adalah pembatasan kuota kunjungan menjadi 50 persen dari kapasitas normal.

Mengutip Tribun Bali, Jumat (25/9/2020), GWK Cultural Park telah lolos uji dan memenuhi standar penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE dari pemerintah daerah.

Selain pembatasan kuota kunjungan, tempat wisata juga menerapkan protokol kesehatan lain mulai dari area parkir, lokasi pembelian tiket, gerbang masuk kawasan GWK, restoran, hingga fasilitas publik seperti toilet dan mushalla.

Sejumlah papan petunjuk dan informasi pun telah ditempatkan di berbagai titik strategis oleh pihak tempat wisata.

Meski hingga kini GWK Cultural Park masih belum dibuka, namun pihak manajemen tetap melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap kawasan tempat wisata.

Sebab, pihak pengelola tempat wisata ingin menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung saat GWK Cultural Park dibuka kembali.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/20/081000527/catat-gwk-cultural-park-di-bali-buka-lagi-pada-4-desember-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke