Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Wisata Hits dan Kekinian di Malang, Banyak Spot Foto Instagramable

KOMPAS.com – Malang menawarkan bergama pilihan wisata yang keren, hits, dan kekinian. Wisatawan bisa memilih berkunjung ke desa, pegunungan hingga pantai.

Berikut ini rangkuman 25 tempat wisata Malang yang hits dan menarik untuk dikunjungi, seperti dirangkum oleh Kompas.com.

Candi Jawar merupakan situs purbakala yang menjadi tempat sembahyang bagi umat hindu. Tak jauh dari situs purbakala ini terdapat candi buatan yang juga disebut Candi Jawar.

Candi buatan tersebut dibangun dengan tujuan tempat wisata dan sering kali dijadikan sebagai spot foto bagi para pengunjung.

Keelokan dari candi ini tak lepas dari pemandangan alam yang begitu indah dari Gunung Semeru dan pepohonan hijau yang mengelilingi, membuat suasana di Candi Jawar juga begitu asri dan sejuk.

Selain berfoto-foto di bangunan candi, pengunjung juga dapat berswafoto di jalan sebelum sampai candi dengan latar pepohonan hijau yang tinggi.

Namun fasilitas di Candi Jawar belum tersedia, misalnya jika ingin ke mushola atau toilet pengunjung dapat langsung ke pom bensin terdekat.

Candi Jawar berada di lereng Gunung Semeru tepatnya terletak di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Wisata Alam Brakseng merupakan lahan pertanian dengan luas 200 hektar dan dikelilingi oleh jurang, lembah, dan pegunungan.

Wisata alam yang baru dibuka pada pertengahan 2020 ini merupakan program praktikum mata kuliah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Athena, yang bekerja sama dengan warga Desa Sumber Brantas.

Tempat hits ini sering kali dijadikan spot foto baik dengan latar bunga, perkebunan yang hijau, sampai latar menawan dari langit dan pegunungan.

Wisata Alam Brakseng terletak di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Bukit Jengkoang salah satu wisata Malang yang hits dengan menawarkan pemandangan perbukitan, hutan pinus, lahan pertanian, hingga Gunung Arjuno yang megah.

Tempat hits ini cocok untuk dijadikan spot foto yang cantik. Selain dengan latar pemandangan alam yang indah, juga terdapat bangunan tua yang menjadi salah satu spot menarik di Bukit Jengkoang.

Selain berfoto-foto, di Bukit Jengkoang pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti bersepeda, off road jeep, hingga camping. Trek jalan untuk off road bervariasi, ada yang ekstrim dan santai.

Pemandangan dari Bukit Jengkoang tidak hanya bagus saat langit cerah, pada malam hari juga begitu indah dengan pemandangan Kota Batu dan Malang.

Karena Bukit Jengkoang merupakan lahan pertanian pengunjung ditegaskan untuk tidak meninggalkan sampah, tidak merusak tanaman, tidak mengganggu petani yang bekerja, dan menjaga sopan santun.

Bukit Jengkoang terletak di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Untuk saat ini pengunjung dapat berkunjung tanpadipungut tiket masuk alias gratis.

Retawu Deli merupakan kafe dengan berbagai macam home made croissant.

Kafe Retawu Deli memiliki bangunan yang unik yang terlihat kuno dengan warna merah mendominasi pada bagian luar, sedangkan bagian dalam memiliki interior dengan konsep tropikal dan bohemian dilengkapi dengan pernak-pernik antik.

Bangunan dan interior di sini unik dan cocok dijadikan spot foto Instagramable, pas untuk mempercantik feeds di Instagram.

Retawu Deli beroperasi setiap hari mulai dari jam 07.00 – 20.00, berlokasi di Jalan Retawu Nomor 4, Sumberjo, Kalisongo, Kecamatan Dau, Kota Malang.

Taman Kemesraan merupakan tempat wisata  wisata edukasi di Malang, yang memperkenalkan budaya Jawa.

Taman ini menawarkan keindahan alam yang berpadu dengan kreasi tangan manusia juga suasana alam yang begitu nyaman dan tentram.

Beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Kemesraan seperti rafting, camping, outbound, berenang, dan kulineran.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto-foto sambil naik perahu, jembatan gantung, patung Ganesha, gapura putih, patung Garuda, pohon pakis, dan patung ikonik dari Kamajaya dan Kamaratih.

Taman Kemesraan berlokasi di Dusun Tretes, Bendosari, Kecamatan Pujon, Malang.

Wisata hits Malang Batu Flower Garden berupa kebun bunga dengan menawarkan pemandangan alam yang indah dan suasana menyejukkan.

Batu Flower Garden lengkap dengan berbagai spot foto menarik yang Instagramable, seperti tiga spot love, tiga spot flower, hammock tower, gantole, rumah hobbiton, hammock garden, ayunan, tree house, eskimo, smurfy house, kursi terbang, dan lainnya.

Selain berfoto, pengunjung juga dapat bermain ATV, paintball, outbound, hingga flying fox, playground, dan trampolin.

Pengunjung perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 37.500 per orang dan gratis dua spot foto yaitu flower dan love. Untuk menikmati spot lainnya akan dikenai biaya tambahan dengan harga kisaran Rp 10.000 – Rp 25.000 untuk setiap spot.

Batu Flower Garden buka setiap hari pada pukul 08.00 – 16.00, berlokasi di Oro-Oro Ombo, Kehuanan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Eco Green Park merupakan rekreasi wisata edukasi dengan berbagai wahana dan atraksi yang menarik terutama bagi anak-anak.

Beragam wahana seru di Eco Green Park seperti taman biogas, jungle adventure, world pheasant, animal farm, rumah hidroponik, rumah terbalik, rumah serangga dunia, angry bird, dan masih banyak wahana lainnya.

Pengunjung dapat memberi makan satwa-satwa unik, menyaksikan penampilan dari satwa-satwa, berfoto bersama burung, hingga bermain water outbound dan flying fox.

Eco Green Park dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti shuttle train, e-bike station, kursi roda, food court, minimarket, mushola, pasar hewan, hingga smoking area.

Untuk menikmati keseruan di Eco Green Park, pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 75.000 per orang.

Eco Green Park beroperasi pukul 08.30 – 16.30 yang berlokasi di Jalan Raya Oro-Oro Ombo Nomor 9, Kecamatan Batu, Kota Batu.

8. Lumbung Stroberi

Lumbung Stroberi merupakan agrowisata dengan buah stroberi sebagai daya tarik utama dan didukung oleh pemandangan alam dari Gunung Arjuno dan Gunung Panderman.

Di Lumbung Stroberi Batu pengunjung dapat memetik stroberi, membeli buah stroberi segar, edukasi stroberi mulai dari menanam, merawat, hingga pasca panen.

Selain berkutat dengan kebun storberi, pengunjung juga bisa seru-seruan main air dengan bermain tubing dan rafting.

Pengunjung juga bisa bersantai menikmati pemandangan dan suasana alam yang ditawarkan sembari ditemani hidangan dari kafe.

Untuk memetik buah stroberi, pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 25.000 per orang dengan gratis jus stroberi, keranjang, gunting, topi, dan pemandu.

Lumbung Stroberi berada pada ketinggian 1000 – 1200 mdpl, tepatnya terletak di Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Lumbung Stroberi beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00.

Taman Rekreasi Selecta merupakan wisata keluarga tempo dulu edengan menggabungkan pemandangan alam yang indah dan suasana sejuk yang dikeliling oleh Gunung Arjuna, Gunung Welirang, dan Gunung Anjasmoro.

Taman rekreasi ini menyuguhkan wahana menyenangkan seperti flying fox, perahu ayun, sky bike, mobil ayun, family coaster, cinema 4D, bianglala, dan wahana lainnya.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 40.000 per orang, untuk menikmati wahana akan dikenai biaya tambahan dengan harga berkisar Rp 5.000 – Rp 30.000.

Selain wahana juga terdapat fasilitas seperti shuttle bus, kolam renang, WiFi, aula, restoran mulai dari Rp 15.000, dan hotel mulai Rp 299.000.

Taman Rekreasi Selecta terletak di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00.

Taman Kelinci Pujon merupakan tempat rekreasi sekaligus wisata edukasi yang cocok untuk keluarga dan ramah anak untuk mengenal hewan kelinci yang lucu lebih dekat.

Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan kelinci-kelinci yang dibiarkan bebas berkeliaran di area wisata dengan memegang hingga memberi makan langsung.

Selain itu pengunjung juga dapat memetik buah stoberi di taman stroberi, berkunjung ke goa pinus, bermain outbound, berfoto-foto Instagramable di rumah hobbit, hingga membeli oleh-oleh atau menyantap hidangan di kafe.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk hari biasa dan Rp 20.000 untuk akhir pekan, sementara untuk anak Rp 10.000 setiap harinya.

Taman Kelinci Pujon beroperasi setiap hari pukul 08.00 – 17.00, berlokasi di Jalan Paralayang, Desa Pandesari Pujon, Kabupaten Malang.

Wisata taman bunga Flora Wisata San Terra merupakan menawarkan pemandangan bunga-bunga yang indah dan alam khas pegunungan yang hijau.

Flora Wisata San Terra menyuguhkan spot foto Instagramable, wahana permainan, hingga kuliner yang cocok untuk berbagai kalangan.

Spot-spot foto Instagramable yang tak boleh dilewatkan di Flora Wisata San Terra seperti Little Korea, Little Amsterdam, Taman Bunga, Rainbow Wisteria, dan lainnya.

Pengunjung dapat menikmati keseruan dengan wahana permainan di Flora Wisata San Terra seperti trampolin, sepatu roda, ontang anting, kolam renang, dan wahana seru lainnya.

Di taman bunga Flora Wisata San Terra, pengunjung juga dapat membeli bunga hias di taman yang memiliki ratusan jenis tanaman bunga hias ini.

Tersedia fasilitas di Flora Wisata San Terra seperti area parkir, toilet, masjid, outbound anak, kereta wisata, restoran, hiburan musik, prewedding, sampai gedung pertemuan.

Untuk memasuki Flora Wisata San Terra pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang pada hari biasa dan Rp 30.000 per orang pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Tiket sudah termasuk untuk menikmati semua spot foto secara gratis, kecuali untuk wahana permainan akan dikenai biaya tambahan.

Flora Wisata San Terra berada pada ketinggian 1200 mdpl tepatnya terletak di Jurangrejo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Wisata rekreasi Bumi Kitiran Batu hadir dengan hamparan kitiran yang berwarna-warni yaitu kincir angin berukuran kecil.

Bumi Kitiran ini mulanya hanya berupa ladang perkebunan warga yang dikelola menjadi destinasi wisata kekinian dan cocok buat berburu foto Instagramable.

Selain hamparan kitiran yang berwarna-warni, pengunjung juga akan dimanja dengan pemandangan indah berupa Gunung Panderman yang berdiri kokoh yang juga pas untuk jadi latar foto keren.

Menikmati keindahan dari hamparan ribuan kitiran ini, pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Bumi Kitiran Batu dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00, terletak di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumianji, Kota Batu. Dari pusat kota Batu dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan motor maupun mobil.


13. Bukit Teletubbies Batu

Tidak hanya di Gunung Bromo, Bukit Teletubbies juga dapat ditemukan di Batu.

Bukit Teletubbies Batu berupa area taman hijau dengan pemandangan indah berupa Pegunungan Arjuno yang kokoh dan suasana asri.

Untuk menikmati pemandangan terbaik waktu kunjungan yang disarankan para pengunjung adalah saat pagi hari dengan pesona matahari terbit yang menawan, sore hari dengan udara yang sejuk, atau malam hari dengan panorama bintang di langit.

Dengan taman hijau yang luas, tempat ini pas banget buat bersantai melepas penat sambil piknik dengan membawa tikar dan bekal dari rumah.

Bukit Teletubbies Batu juga pasuntuk berburu foto Instagramable yang keren di area terbuka yang indah dengan latar pemandangan yang mendukung.

Menikmati keindahan dan suasana di Bukit Teletubbies, pengunjung tidak akan dipungut biaya apa pun alias gratis, dan wajib menjaga kebersihan lingkungan.

Bukit Teletubbies Batu terletak di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tempat wisata hits Goa Pinus menawarkan spot foto unik dengan pemandangan alam berupa pegunungan yang hijau dan indah.

Goa Pinus dipenuhi oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan menawarkan suasana yang begitu asri dengan udara yang menyejukkan.

Spot-spot foto unik dan Instagramable di Goa Pinus di antaranya Pos Kayu Unik, Perahu Melayang, Rumah Papua, Gazebo Akar, Sangkar Lingkaran, Balon Udara, dan lainnya.

Goa Pinus menyediakan fasilitas untuk menunjang wisata pengunjung seperti area parkir, toilet, mushola, dan kafe menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Goa Pinus berada di kawasan Pujon, tepatnya terletak di Gang Mbah Ba’i, Desa Gunungsari, Bumiaji, Batu. Jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00-17.30 WIB setiap harinya.

Bukit Nirwana menghadirkan tempat wisata di atas bukit dengan konsep taman dan tempat makan yang khas.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang begitu indah dengan dikelilingi oleh 10 gunung dan panorama matahari terbit juga matahari terbenam yang menawan.

Bukit Nirwana juga menyuguhkan spot-spot foto Instagramable, seperti kebun bunga, kincir angin, hammock, perahu, dan banyak lainnya.

Merasakan suasana bermalam di atas bukit, pengunjung juga dapat berkemah di Nirwana Camp dengan tenda kuning sampai paket bakar-bakar.

Tempat wisata di Malang ini beroperasi mulai pukul 08.00 – 19.00 pada hari biasa, sementara pada akhir pekan mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

Bukit Nirwana terletak di Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang. Dari pusat Kota Batu dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

Destinasi hiburan keluarga, Malang Night Paradise hadir dengan mengusung tema glowing atau gemerlap yang unik, cocok untuk pengunjung yang membawa anak-anak.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana menyenangkan yang ditawarkan seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Museum Ganesya, Fun Clown, Flying Car, Water House Bay, The Builder, Magic Journey, Mini Pendulum, dan lainnya.

Dengan wahana Magic Journey, pengunjung dapat menyusuri sungai buatan ala Thailand yang cantik dengan perahu kecil, merasakan keseruan mulai dari kebun bunga, rumah sihir, Kota Venesia, hingga Jepang.

Malang Night Paradise menyediakan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari area parkir, toilet, musola, tempat kuliner, toko souvenir, ATM, hingga WiFi.

Harga tiket reguler Malang Night Paradise adalah Rp 55.000 untuk hari biasa, sementara untuk akhir pekan Rp 65.000. 

Lalu, untuk harga tiket masuk wahana sudah gratis, kecuali Magic Journey, Adventure Land, Roemah 147, dan Museum Gansya.  Meski harus membayar lagi, biaya wahana tersebut cukup terjangkau, misalnya harga tiket Magic Journey sekitar Rp 40.000. 

Kemudian, untuk biaya masuk Adventure Land adalah Rp 20.000, Roemah 147 Rp 20.000, dan Museum Ganesya Rp 25.000.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Malang Night Paradise yang juga merupakan bagian dari Perusahaan Hawai Grup Malang, bisa datang setiap hari mulai pukul 17.45 WIB sampai 21.00 WIB.

Lokasi Malang Night Paradise terletak di Perumahan Graha Kencana, Jalan Raya Karanglo, Karanglo, Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Malang. Beroperasi mulai dari pukul 17.45 – 22.00 WIB.

Wisata kampung yang unik yaitu Kampung Tridi Malang hadir dengan keindahan kampung yang berwarna-warni dan berbagai spot foto yang Instagramable.

Kampung ini dihiasi dengan beragam lukisan tiga dimensi, mulai dari pemandangan alam, hewan-hewan, sayap malaikat, sampai tokoh kartun.

Selain lukisan tiga dimensi, juga terdapat wahana menarik yang juga Instagramable, seperti sarang burung, rumah pohon, dan lorong payung.

Selain berwarna dan lukisan tembok yang terasa seperti hidup, pengunjung dapat merasakan berjalan di jembatan kaca di atas Sungai Brantas yang juga cocok buat jadi spot foto yang keren.

Fasilitas yang tersedia di Kampung 3D Malang seperti area parkir, toilet, warung, tempat ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi shooting film ‘Yowis Band’.

Kampung 3D Malang terletak di Jalan Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Jam operasinya mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB, setiap harinya.

Satu lagi kampung hits di Malang yaitu Kampung Warna-warni Jodipan yang awalnya berupa kampung kumuh yang dirubah menjadi unik dan berwarna.

Setiap sudut kampung ini dipenuhi spot-spot foto yang unik, lucu, dan pastinya Instagramable, mulai dari lorong payung, lorong topeng, hingga tangga warna-warni.

Pengunjung juga dapat berfoto di jembatan kaca hits berwarna kuning atau sekaligus mengunjungi Kampung Tridi yang terhubung langsung dengan jembatan ini.

Fasilitas yang tersedia di Kampung Warna-warni Jodipan seperti area parkir, toilet, mushola, tempat duduk, dan warung makan.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk Kampung Warna-warni Jodipan sebesar Rp 3.000-an per orang.

Kampung Warna-warni Jodipan berdekatan dengan Kakpung Tridi, terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Warna biru yang identik dengan klub sepak bola asal Malang yaitu Arema membuat kampung ini disebut Kampung Biru Arema.

Kampung wisata tematik dengan warna biru khas Arema ini dilengkapi dengan tulisan-tulisan dan logo Arema FC, yang dapat menambah pengetahuan tentang klub yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan itu.

Kampung ini diresmikan pada 2018 dengan 500 rumah yang dicat sendiri oleh warga kampung dengan menghabiskan sekitar 15 ton cat biru.

Kampung Biru Arema ini menjadi salah satu dari lima kampung biru yang terkenal di dunia bersama dengan Chefchaouen di Maroko, Mynokos di Yunani, Jodhpur di India, dan Juzcar di Spanyol.

Kampung Biru Arema menyediakan fasilitas penunjang seperti spot foto, toilet, warung, mushola, area parkir, sampai UMKM.

Berada di tengah kota, Kampung Biru Arema juga dihiasi dengan tanaman organik, memanfaatkan area yang ada sebagai penghijauan.

Kampung ini juga dilengkapi dengan berbagai spot foto yang unik dan latar rumah penduduk penuh warna biru ini cocok banget buat dijadikan spot foto yang Instagramable.

Kampung Biru Arema berada di kawasan Embong tepatnya di Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Terinspirasi dari The Hermes’s Secret Garden, Sivaraja’s Secret Garden merupakan coffee shop hits yang hadir dengan mengusung konsep taman rahasia di rooftop restoran.

Coffee shop ini dikelilingi dengan tanaman hijau yang membuat suasana terasa nyaman, menyegarkan, dan cocok untuk nongkrong bareng teman-teman.

Tempat ini begitu Instagenic dilengkapi dengan meja dan kursi kayu serta lampu gantung membuat Sivaraja’s Secret Garden makin keren.

Pemandangan yang ditawarkan dari Saviraja’s Secret Garden juga indah dengan panorama Kota Malang dan pesona matahari terbenam saat senja.

Hidangan yang disajikan juga beragam mulai dari cemilan, masakan nusantara, pasta, steak, hingga dessert dengan harga menu mulai dari Rp 28.000.

Operasional Sivaraja’s Secret Garden dibuka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 21.00.

Sivaraja’s Secret Garden berada di Rooftop Latar Ijen Resto, tepatnya terletak di Jalan Besar Ijen Nomor 79, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Digadang-gadang mirip dengan Tanah Lot di Bali, Pantai Balekambang menawarkan pemandangan alam yang indah dan cantik.

Di pantai Balekambang pengunjung dapat bermain air bila kondisi aman, melihat karang dan ikan-ikan, bermain outbound, menyantap masakan laut, sampai berfoto-foto dengan latar yang keren.

Terdapat Pura Ismoyo yang menjadi daya tarik Pantai Balekambang dan dapat dijangkau dengan jembatan sepanjang 70 meter. Pengunjung biasanya menjadikan jembatan ini sebagai spot foto yang instagramable atau sekedar menikmati pemandangan dari atas jembatan.

Fasilitas di Pantai Balekambang juga cukup memadai seperti tersedia area parkir, toilet, mushola, gazebo, warung makan, hingga penginapan.

Pantai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Malang, tepatnya.

Lembah Indah merupakan wisata edukasi dengan menawarkan berbagai fasilitas menarik dan aktivitas yan menyenangkan.

Berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan di Lembah Indah seperti beternak sapi dan kambing, berkebun, bermain flying fox, ATV, berkuda, berkemah, bersepeda, sampai menyantap kuliner.

fasilitas yang disediakan Lembah Inah diantaranya seperti outbound, camping site, glamping, restoran, perkebunan dan peternakan, hingga spot foto yang Instagramable.

Lembah Indah menawarkan beragam macam penginapan untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan harga mulai dari Rp 75.000 untuk regular camping spot dan glamour camping mulai dari Rp 400.000.

Lembah Indah buka setiap hari untuk menginap, bila kunjungan biasa tutup setiap hari Senin. Operasional Lembah Indah pada Selasa – Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Lembah Indah berlokasi di Desa Balesari, Ngajum, Malang. Dapat diakses dengan motor maupun mobil dengan jarak sekitar 40 kilometer dalam waktu tempuh satu jam lebih.

Mata Air Sumber Sirah merupakan wisata alam dengan menawarkan pemandangan bawah air yang indah dengan air yang begitu jernih dan ekosistem dibawahnya.

Telaga dengan air yang begitu jernih membuat pengunjung dapat melihat dengan jelas ikan-ikan kecil yang lucu, tumbuhan, serta pasir di dasarnya.

Di sekeliling telaga juga dikelilingi oleh pohon-pohon rindang membuat suasana begitu nyaman, damai, dan sejuk.

Sembari berenang, jangan lewatkan untuk mengambil foto di bawah air dengan latar pemandangan bawah airnya yang memukau.

Saat berenang pengunjung harus berhati-hati karena memiliki kontur kedalaman yang berbeda mulai dari 0,8 hingga 1,5 meter dan disarankan untuk tidak melompat saat memasuki telaga.

Mata Air Sumber Sirah terletak di Jalan Sunan Gunung Jati RT 05 RW 02, Putuk Utara, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Malang.


24. Puncak Bundu

Wisata alam Puncak Bundu atau bisa disebut juga dengan Bukit Pelindung menawarkan pemandangan alam yang indah berupa pegunungan dan sungai.

Pengunjung dapat menikmati suasana yang begitu asri dan udara yang menyejukkan di Puncak Bundu.

Puncak Bundu juga dilengkapi dengan spot foto seperti sarang jari-jari tangan, hammock, meja dan kursi kayu, dan jangan lewatkan pemadangan Gunung Ssemeru yang berdiri kokoh pas banget untuk jadi latar foto yang keren.

Puncak Bundu terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Dari pusat Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit, dan dari area parkir harus dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 200 meter.

Salah satu wisata pantai di Malang Selatan yaitu Pantai Tiga Warna yang memiliki keunikkan berupa gradasi tiga warna yaitu biru, hijau, dan coklat kemerahan.

Pantai ini berhadapan dengan Pulau Sempu dan termasuk kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung. Sehingga kunjungan wisata dibatasi hanya selama dua jam saja per rombongan.

Pantai Tiga Warna memiliki kondisi ombak yang tenang berbeda dengan pantai selatan lain yang memiliki ombak yang besar, sehingga aman untuk melakukan snorkeling menikmati keindahan bawah laut yang memukau.

Selain itu, pengunjung dapat sekedar bermain air, atau berfoto-foto dan menikmati keindahan pantai dari gardu pandang di atas tebing yang tidak terlalu tinggi.

Merupakan kawasan konservasi, pengunjung ditegaskan untuk tidak membuang sampah, sebelum masuk juga akan dilakukan pengecekkan barang bawaan sebelum dan setelah dari pantai, bila terbukti meninggalkan sampah akan dikenakan denda.

Pantai Tiga Warna terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Dari area parkir pengunjung harus berjalan kaki sekitar lima menit menuju pos keamanan pantai, dari pos menuju pantai dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/24/103700127/25-wisata-hits-dan-kekinian-di-malang-banyak-spot-foto-instagramable

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke