Salin Artikel

Ini 2 Cara Emirates Kembalikan Kepercayaan Publik di Masa Pandemi

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Emirates punya dua cara yang diterapkan untuk mengembalikan kepercayaan publik di masa pandemi Covid-19.

Dua cara itu adalah menerapkan kebijakan efisiensi refund dan fleksibilitas booking di masa pandemi.

1. Refund yang efisien dan tepat waktu

Dalam sesi wawancara Kompas.com dengan Emirates Country Manager Indonesia Abdalla Al Zamani, Jumat (27/11/2020), ia menegaskan bahwa Emirates berkomitmen penuh untuk memberikan fasilitas refund yang efisien dan tepat waktu.

“Sebelum pandemi Covid-19, kami hanya memiliki 19 orang yang menangani refunds di Emirates. Namun ketika krisis terjadi, kami melihat banyak sekali permintaan refund,” kata dia.

Melihat hal tersebut, Emirates akhirnya memutuskan untuk memberikan janji pada publik bahwa proses refunds akan selesai pada Agustus 2020. Namun, ternyata Emirates berhasil melampaui target dengan menyelesaikannya dua bulan lebih cepat pada Juni 2020.

“Selama tujuh bulan tersebut dari April hingga sekarang, Emirates berhasil memproses, memvalidasi, dan menyelesaikan 1,7 juta permintaan refund dengan total refund sebanyak 6,23 miliar dirham (sekitar Rp 23 miliar),” ujar Abdalla.

Ia melanjutkan, upaya itu memang tidak mudah. Namun, Emirates berhasil menambah sumber daya agar bisa menepati janji pada para pelanggan dan menjaga kepercayaan yang telah dibangun selama bertahun-tahun.

2. Fleksibilitas dan asuransi

Selain menjaga kepercayaan publik lewat proses refund yang efisien, Emirates juga melakukan beberapa langkah lain. Salah satu langkah adalah memberikan fleksibilitas dan asuransi pada para pelanggannya.

Menurut Abdalla, Emirates memberikan pilihan pada para pelanggan untuk melakukan pemesanan kembali atau rebooking tiket dengan jangka waktu hingga dua tahun ke depan untuk perjalanan selanjutnya.

“Ini untuk menambah kepercayaan dan fleksibilitas para pelanggan kami ketika mereka merencanakan perjalanan dengan Emirates,” ujar dia.

Baru-baru ini Emirates juga mengumumkan skema lainnya yakni cakupan asuransi perjalanan yang lebih luas dan meningkat.

Sebelumnya, Emirates telah memberikan skema cakupan perawatan medis untuk penumpang yang terinfeksi Covid-19 saat sedang dalam perjalanan bersama Emirates.

Selain cakupan medis tersebut, skema ini akan memberikan cakupan ekstra untuk penumpang. Seperti jika penumpang mengalami kecelakaan ketika sedang berada di luar negeri, bahkan hingga cakupan olahraga musim dingin.

Cakupan ini juga berlaku untuk kehilangan barang atau gangguan perjalanan yang diakibatkan penutupan ruang udara atau pun peringatan perjalanan.

“Kami bekerja dengan sangat keras untuk mengembalikan kepercayaan dan memberikan pelanggan kami ketenangan ketika mereka merencanakan perjalanan dengan kami,” sambung Abdalla.

https://travel.kompas.com/read/2020/11/27/170500627/ini-2-cara-emirates-kembalikan-kepercayaan-publik-di-masa-pandemi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.