Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pangandaran Zona Kuning, Ini 14 Tempat Wisata untuk Libur Akhir Tahun

Maka dari itu kabupaten ini bisa jadi alternatif destinasi wisata akhir tahun 2020. Asalkan menjaga protokol kesehatan dengan baik, liburan bisa tetap aman.

Pangandaran terkenal dengan wisata pantainya yang begitu indah. Namun, masih banyak tempat wisata lain yang bisa kamu jelajahi di Pangandaran.

Mulai dari cagar alam, air terjun, aliran sungai, hingga goa-goa bersejarah.

1. Green Canyon

Green Canyon atau Cukang Taneuh adalah salah satu tempat wisata favorit di Pangandaran. Cukang Taneuh dalam bahasa Sunda artinya jembatan tanah. Jembatan tersebut terdapat di atas sungai yang dilalui pengunjung saat berwisata di sana.

Tempat wisata ini merupakan ngarai yang berada di hulu sungai, dengan bebatuan tebing yang curam. Tebingnya berwarna hijau lumut, jadi asal mulai penamaan Green Cannyon.

Wisatawan bisa menyusuri aliran air dengan kapal sewaan atau pun berenang menggunakan pelampung yang disediakan. Jika kamu seorang pencintan adrenalin, bisa juga coba melompat dari tebing tinggi menuju ke sungai.

Letaknya ada di Jalan Raya Cijulang, Green Canyon, Pangandaran. Jam operasionalnya Senin – Kamis pukul 08.00-16.00 WIB, Jumat pukul 13.00-16.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 07.30-16.00 WIB.

Harga paket wisata di sini bervariasi, tergantung jumlah orang yang datang untuk menyewa perahu. Rata-rata biayanya mulai dari Rp 200.000.

2. Goa Cilalay

Goa Cilalay terletak di Dusun Karanganyar, Kecamatan Cigugur, Pangandaran. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang suka body rafting. Kamu bisa body rafting menelusuri Goa Cilalay sepanjang 500 meter dan Goa Parat sepanjang 200 meter.

3. Goa Sutra Reregan

Selain Goa Cilalay, ada pula spot Goa Sutra Reregan. Goa ini merupakan salah satu dari banyak tempat wisata yang ada di Desa Selasari. Goa ini merupakan goa pertama yang menghubungkan ke goa selanjutnya.

Ada beberapa spot swafoto di goa ini. batuan yang bergelombang dan tak rata, dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit memberi kesan menakjubkan.

Goa Sutra Reregan terletak di Desa Selasari, Parigi, Pangandaran. Jam operasionalnya setiap hari pukul 07.00-18.30 WIB.

4. Goa Panggung

Goa Panggung terletak di dekat Pantai Pasir Putih Pangandaran dan Cagar Alam Pangandaran. Jika masuk ke dalam goa, kamu akan bisa melihat pemandangan berupa pantai yang begitu dekat.

Di dalam goa ada sebuah tempat yang agak tinggi, mirip panggung. Konon dari sanalah nama panggung berasal. Goa ini juga dipercaya sebagai tempat tinggal Mbah Jaga Lautan, anak angkat dari Nyi Roro Kidul yang bertugas menjaga lautan.

5. Pantai Batukaras

Pantai ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Pangandaran. Pantai ini terkenal karena ombaknya yang digemari para peselancar.

Bagi yang tidak berminat berselancar, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti menaiki perahu atau berkemah. Jika ingin belajar berselancar juga tersedia banyak pemandu dan penyewaan alat selancar.

6. Jembatan Mangrove Batukaras

Setelah menikmati indahnya Pantai Batukaras, kamu bisa coba mengunjungi Jembatan Mangrove Batukaras. Tempat wisata ini dikelola oleh Karang Taruna Dusun Sanghiang Kalang dan masyarakat setempat.

Udaranya sejuk karena dikelilingi hutan bakau. Selain itu kamu juga bisa belajar menanam bakau, cara merawat, budidaya, hingga mengetahui berbagai jenis tanaman bakau.

7. Pantai Pananjung

Selain Pantai Batukaras, Pangandaran juga punya Pantai Pananjung. Pantai ini cocok untuk dipakai bersantai. Ombaknya juga relatif tenang sehingga sering dimanfaatkan untuk berenang. Anak-anak juga bisa bermain pasir dan mencari kerang di bibir pantai.

Jika sudah puas bermain di pantai, kamu juga bisa berkunjung ke bukit hutan di sekitar Pantai Pananjung yang merupakan cagar alam. Ada banyak sekali hewan seperti monyet, rusa, kerbau, dan lainnya.

Pantai ini punya karakter landai, berpasir putih halus, serta ombak yang cenderung ramah sehingga pengunjung diizinkan untuk bermain air di sana.

Kamu bisa melakukan aneka aktivitas di sana selain berenang. Yakni snorkeling, berselancar, menyewa perahu untuk berkeliling lautan, berkemah, serta menjelajahi Cagar Alam Pananjung Pangandaran yang terletak tak jauh dari sana.

8. Taman Wisata Alam Pangandaran

Jika main ke kawasan Pantai Timur Pangandaran, kamu juga bisa berkunjung ke Taman Wisata Alam Pangandaran.

Kamu bisa menikmati lebatnya pepohonan di hutan tersebut, serta hembusan angin pantai yang segar. jika beruntung, kamu juga bisa mendengar kicauan burung atau bunyi hewan lainnya.

Saat menyusuri hutan, jangan lupa berkunjung ke sebuah kolam kecil bernama Sindang Rengganis. Konon katanya, jika pengunjung mencuci muka di sana maka mereka akan awet muda.

Harga tiket masuknya Rp 16.000 per orang untuk hari kerja, dan Rp 20.000 per orang untuk hari libur.

9. Goa Sinjang Lawang

Selain Goa Cilalay, ada pula Goa Sinjang Lawang yang terletak di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Langkap Lancar, Pangandaran. Kamu bisa melihat aliran Sungai Cijulang di sini.

Kamu bisa melakukan aktivitas susur goa yang memiliki panjang 500 meter ini. Tersedia alat-alat yang bisa kamu sewa dari pemandu wisata.

Jika ingin menyusuri goa, ada baiknya jika kamu berkunjung saat matahari sedang terik. Sinarnya yang tembus ke dalam goa akan memantulkan warna air ke dinding goa.

10. Curug Bojong

Terletak di Sukahurip, Pangandaran, Curug Bojong biasa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas body rafting atau river tubing. Wisatawan juga bisa melompat dari tebing ke dalam aliran sungai.

Air terjun mengalir cukup deras melalui bongkahan batu besar di sekitar sisi sungai sehingga berbeda dari curug lainnya. Curug Bojong buka setiap hari pukul 07.00-16.00 WIB.

11. Citumang

Wisata susur air lainnya adalah Citumang. Biasanya wisatawan melakukan aktivitas body rafting di sini. Kamu bisa menyusuri Sungai Citumang yang berwarna biru kehijauan. Selain body rafting, kamu juga bisa melompat dari tebing menggunakan akar gantung.

Jam operasional tempat wisata ini setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 19.000 di hari biasa dan Rp 24.000 di akhir pekan. Untuk body rafting dikenakan tarif paket mulai dari Rp 85.000 per orang.

12. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu bukan pantai yang biasa dijadikan tempat bermain air karena ombaknya yang besar. Namun kamu tetap bisa menikmati pemandangan indah lautan di sini, juga matahari terbenam yang indah.

13. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih berada di kawasan Cagar Alam Pananjung, memiliki pemandangan indah dan seperti namanya, punya pasir putih yang halus. Letaknya tak terlalu jauh dari Cagar Alam Pangandaran.

Ombaknya cocok dipakai untuk aktivitas berenang karena ombaknya yang tidak terlampau besar. Uniknya, kamu bisa menyaksikan momen matahari terbit dan tenggelam dari pantai ini. Selain itu ada pula spot kapal karam yang sangat bagus dijadikan spot foto.

14. Pantai Madasari

Terletak di Jalan Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran. Pantai ini memiliki gugusan bukit karang yang dipenuhi pepohonan dan semak belukar.

Walaupun panoramanya indah, kamu hanya bisa menikmatinya dari tepi pantai atau puncak salah satu bukit karang.

Gelombang ombaknya cukup besar sehingga pengunjung dilarang berenang. Hati-hati ketika bermain ke sana karena batuannya cukup licin.

Kamu bisa berkemah di sana sehingga bisa menikmati pemandangan matahari terbit, selain matahari terbenam yang indah. Harga tiket masuknya tergantung dengan kendaraan apa yang kamu gunakan.

Jika berjalan kaki, harganya adalah Rp 2.500, sepeda motor Rp 7.000, mobil Rp 25.000, bus kecil Rp 110.000, dan bus besar Rp 160.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/04/081700627/pangandaran-zona-kuning-ini-14-tempat-wisata-untuk-libur-akhir-tahun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke