Salin Artikel

Libur Akhir Tahun Dipangkas, Ini 3 Cara Liburan yang Bisa Dilakukan

KOMPAS.com – Pemerintah telah memutuskan memangkas periode libur akhir tahun 2020. Awalnya, libur akhir tahun yang digabungkan dengan cuti bersama dan libur pengganti Idul Fitri 2020 berjumlah total 11 hari. Kini setelah dipangkas, jumlah libur tinggal 8 hari.

Beberapa orang mengaku perubahan jadwal ini memang sedikit mengganggu rencana liburan mereka, salah satunya karena jadwal libur yang terkesan “nanggung”.

Namun, tak sedikit juga yang merasa tak terpengaruh kebijakan ini. Mereka tetap bisa pergi liburan dan ada pula yang memilih di rumah saja.

Berikut ini adalah 3 cara liburan yang bisa kamu lakukan agar bisa menikmati periode libur akhir tahun yang dipangkas:

1. Ambil sisa cuti

Seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan di Jakarta bernama Raffi Ibrahim (28) mengaku ia akan mencoba mengambil sisa cuti di akhir tahun nanti.

“Kalau bisa sih mungkin akan ambil cuti. Jadi biar bisa sama jumlahnya dengan sebelum dipangkas,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (4/12/2020).

Nantinya Raffi akan mengambil cuti untuk tanggal 28, 29, dan 30 Desember 2020, sehingga periode liburnya bisa kembali jadi 11 hari.

Ia berencana menghabiskan waktu liburnya bersama keluarga ke destinasi sekitar Jawa Barat. Tujuannya adalah daerah yang masih termasuk ke dalam zona kuning.

“Kebetulan keluarga juga tinggal di Cimahi. Jadi mungkin enggak akan terlalu jauh dari rumah, yang bisa dijangkau pakai mobil saja,” jelas Raffi.

Meski begitu, dirinya masih melihat perkembangan kondisi. Jika makin tinggi kasus positif, maka ia akan di rumah saja.

2. Memilih di rumah saja

Berbeda dengan Raffi, Oktaviana (22) mengaku tidak terpengaruh dengan pemangkasan libur akhir tahun tersebut. Pasalnya, sejauh ini ia masih menjalani work from home (WFH) dan merasa tidak perlu liburan ke mana-mana.

Ia mengaku sangat khawatir dengan keadaan kasus Covid-19 yang makin tinggi. Rasa bosan yang ia rasakan, katanya, tidak sebanding dengan rasa takut yang ia rasakan ketika harus keluar rumah.

“Keadaannya makin parah ya kayaknya. Paling kalau keluarga memang mau liburan, kami bakal pilih staycation di hotel atau Airbnb gitu sih yang memang enggak ketemu orang banyak dan aku masih bisa kerja santai,” sambung Oktaviana.

3. Pergi ke dua destinasi

Sementara itu, opsi berlibur ke dua destinasi mungkin akan dipilih oleh Indra Permana (37). Menyiasati terpotongnya durasi libur, ia akan pergi ke dua destinasi berbeda.

Pertama di periode 24-27 Desember 2020. Lalu yang kedua di periode 31 Desember 2020–3 Januari 2021.

“Soalnya saya enggak bisa ambil cuti lagi. Jadi sekalian dianggap jadi dua liburan yang beda aja,” tutur Indra pada Kompas.com, Kamis (4/12/2020).

Rencana yang akan ia ambil memang belum benar-benar pasti. Namun, ia mengaku tak akan liburan ke tempat yang terlalu jauh.

Periode pertama mungkin akan ia manfaatkan untuk melakukan wisata alam ke tempat-tempat yang tak jauh dari Tangerang Selatan, tempat ia tinggal. Beberapa pilihan yang ia pertimbangkan adalah wisata alam ke Sentul.

“Jelas sih yang aman buat keluarga ya. Anak juga bisa main di alam dan enggak jauh jaraknya supaya enggak capek di jalan,” kata Indra.

Sementara untuk periode liburan kedua, ia mempertimbangkan untuk melakukan staycation di hotel yang ada di perkotaan.

Pasalnya banyak hotel yang menawarkan paket perayaan tahun baru yang cukup terjangkau. Menginap di hotel pun ia rasakan cukup terjamin protokol kesehatannya, terutama untuk keluarga.

Namun seperti halnya Raffi, Indra juga mengaku akan sangat mempertimbangkan kembali kegiatan liburannya ini dengan kondisi terkini kasus Covid-19. Jika jumlah kasus terus menerus meningkat, maka ia dan keluarganya tidak akan pergi berlibur ke mana pun.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/04/160400727/libur-akhir-tahun-dipangkas-ini-3-cara-liburan-yang-bisa-dilakukan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.