Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Irlandia Kini Izinkan Wisatawan Hanya Jalanai 5 Hari Karantina

KOMPAS.com – Irlandia kini mengizinkan wisatawan yang terbukti negatif Covid-19 setelah kedatangan mereka untuk hanya menjalani 5 hari karantina saja.

Dilansir dari Travel and Leisure, Irlandia merupakan negara Eropa pertama yang menjalankan lockdown nasional ketika gelombang kedua Covid-19 melanda benua tersebut.

Sebelumnya, wisatawan dari Amerika Serikat dan sebagian besar Eropa diharuskan untuk menjalankan karantina 14 hari.

Artinya, tidak ada perayaan pernikahan, pemakanan, belanja kebutuhan liburan secara langsung, atau pertemuan langsung dengan orang lain. Para pekerja dan pengunjung dari Irlandia Utara jadi pengecualian.

Informasi terbaru dari pemerintah Irlandia akan memungkinkan pengunjung yang terbukti mendapatkan hasil negatif dalam tes Covid-19 untuk meninggalkan karantina lebih awal. Hasil tes negatif tersebut harus dilakukan setidaknya lima hari setelah kedatangan mereka.

Hanya hasil tes PCR yang bisa diterima. Wisatawan pun harus tetap mengisi formulir contact tracing. Jika tidak melakukan ini, maka wisatawan akan dikenakan denda atau bahkan dipenjara.

Walaupun begitu, pengunjung diimbau untuk tidak benar-benar merasa diterima. Otoritas Irlandia hingga kini masih mengimbau penundaan aktivitas perjalanan untuk wisata.

Berdasarkan laporan dari The Irish Times, sektor pariwisata negara tersebut sedang bersiap untuk menghadapi tahun 2021 yang sulit.

Irlandia telah menutup semua bisnis non-esensial sejak Oktober 2020. Mereka juga membatasi bar dan restoran hanya untuk fasilitas pesan-antar dan bawa pulang.

Masyarakat diminta tetap berada di radius 5 kilometer dari rumah kecuali untuk bekerja. Itu pun khusus pekerjaan yang esensial.

Irlandia sejauh ini telah melaporkan lebih dari 73.000 kasus Covid-19 dengan jumlah kematian mencapai 2.000 kasus berdasarkan data dari Departemen Kesehatan Irlandia.

Jumlah kasus meningkat pada pertengahan Oktober 2020, memicu diberlakukannya lockdown nasional yang kedua.

Beberapa negara Eropa lainnya, termasuk Inggris, Spanyol, Perancis, Italia, dan Yunani juga telah melakukan kebijakan lockdown atau jam malam untuk menghentikan laju kasus Covid-19.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/05/110100127/irlandia-kini-izinkan-wisatawan-hanya-jalanai-5-hari-karantina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke