Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Maskapai Ini Ubah Kursi Ekonomi Jadi Tempat Tidur Penumpang

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Lufthansa mencoba untuk membuat penumpang kelas ekonomi mereka sedikit lebih nyaman dengan perubahan pada kursi mereka.

Seperti dilansir dari The Sun, Lufthansa sedang mencoba kursi-kursi yang bisa diubah menjadi tempat tidur di kelas ekonomi. Artinya, penumpang bisa mendapatkan sesi istirahat lebih nyaman ketika penerbangan malam.

Lufthansa melakukan uji coba fasilitas ini yang mereka sebut “Sleeper’s Row” pada pesawat Boeing 747-8 mereka untuk rute Frankfurt-Sao Paulo. Nantinya, fasilitas ini bisa saja dilakukan di seluruh armada jarak jauh mereka.

Penumpang harus membayar sedikit lebih banyak untuk bisa mendapatkan seluruh baris yang terdiri dari tiga atau empat kursi ketika terbang di kelas ekonomi, sehingga tak ada orang lain yang bisa duduk di sana.

Lufthansa kemudian akan menyediakan matras, bantal, dan selimut sehingga penumpang bisa mengubah kursi tersebut jadi tempat tidur. Mungkin fasilitasnya tidak akan semewah First Class, tapi selimutnya berasal dari kelas bisnis.

Tidak hanya mendapatkan fasilitas tidur yang lebih mudah, penumpang yang membayar ekstra untuk fasilitas ini juga akan bisa naik lebih dulu sebelum penumpang kelas ekonomi lainnya, sehingga tempat tidur bisa dipersiapkan lebih dulu.

Rute uji coba saat ini keduanya merupakan penerbangan malam. Uji coba akan terus dilakukan hingga Desember 2020.

Harga untuk fasilitas ini diprediksi sekitar 220 Euro atau sekitar Rp 3,7 juta. Walaupun begitu, maskapai penerbangan tersebut akan memberikan penawaran harga spesial.

Lufthansa bukanlah maskapai penerbangan pertama yang menguji coba tempat tidur/kursi di kelas ekonomi. Awal tahun 2020, Air New Zealand memberikan detil prototipe yang sedang mereka kerjakan.

Prototipe tersebut merupakan tempat tidur yang ada di kabin ekonomi, setelah sebelumnya mereka juga memberikan pilihan berupa Economy Skycouch.

Tempat tidur di Air New Zealand akan punya panjang sekitar 2 meter dan lebar 58 sentimeter. Sudah termasuk bantal, seprai, dan selimut, juga penutup telinga dan tirai di sepanjang tempat tidur untuk privasi penumpang.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/05/120100627/maskapai-ini-ubah-kursi-ekonomi-jadi-tempat-tidur-penumpang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke