Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute dan Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

KOMPAS.com – Menghabiskan hari libur di Yogyakarta, kamu bisa berkunjung ke Kebun Buah Mangunan.

Kawasan wisata yang terkenal sebagai salah satu spot Negeri di Atas Awan ini terletak sekitar 25 kilometer (km) dari kota Yogyakarta.

Dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan, Kebun Buah Mangunan bisa jadi alternatif tempat wisata bersama keluarga di akhir pekan.

Untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan, rutenya tak terlalu sulit. Dari pusat kota Yogyakarta, yakni dari Jalan Malioboro, kamu bisa ke selatan menempuh jalur melewati Pasar Beringharjo dan Museum Benteng Vrederburg.

Dari sana, belok ke arah Jalan Panembahan Senopati lalu belok ke kanan ke arah Jalan Brigjen Katamso. Terus menuju Jalan Kolonel Sugiyono ke arah kiri, lalu belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja.

Dari sana, ikuti terus jalan menuju ke Jalan Imogiri Barat. Susuri jalan tersebut hingga sampai di pertigaan Pasar Barongan. Dari sana, ambil arah kiri ke Jalan Bakulan Imogiri. Lalu sampai di pertigaan dan ambil arah kiri ke Jalan Makam Raja.

Setelahnya ambil kanan di pertigaan dekat Kantor Polisi Imogiri, ke Jalan Imogiri-Dlingo. Dari sana kamu hanya perlu menyusuri jalan sampai tiba di pertigaan dekat Desa Wisata Kaki Langit. Belok kanan, lalu terus hingga sampai kawasan Kebun Buah Mangunan.

Kondisi jalan menuju Kebun Buah Mangunan

Menurut pengelola Kebun Buah Mangunan yang menolak disebutkan namanya, kondisi jalan menuju Kebun Buah Mangunan sudah sangat bagus.

Dari arah kota Yogyakarta, jalanannya dalam kondisi bagus dan ideal untuk segala kendaraan, termasuk bus besar.

“Sampai di pertigaan atau hampir sampai di lokasi kebun buah pada jalan masuk itu memang jalannya agak sempit. Namun untuk big bus memang masih bisa masuk,” kata pengelola tersebut pada Kompas.com, Sabtu (5/12/2020).

Maka dari itu, pengelola menyarankan wisatawan rombongan yang menggunakan bus besar bisa menghubungi pengelola lebih dahulu untuk reservasi.

Nantinya pengelola akan melakukan sterilisasi jalan menuju kebun buah agar bus besar bisa masuk ke kawasan tersebut dengan nyaman. Wisatawan bisa menghubungi pengelola di nomor +6281904115762.

“Namun ada juga yang big bus tidak mau masuk karena driver belum pengalaman. Untuk itu wisatawan bisa naik jeep atau sewa mobil shuttle dari Rumah Hobbit sampai ke Kebun Buah Mangunan,” jelas dia.

Jika bus besar berani untuk masuk hingga kawasan Kebun Buah Mangunan, maka bisa parkir di area khusus yang terletak sekitar 600 meter dari gardu pandang Kebun Buah Mangunan. Nanti wisatawan bisa jalan kaki atau menyewa mobil shuttle untuk menuju ke gardu pandang.

Untuk jenis kendaraan lain, seperti motor, mobil, bus kecil, atau elf, masih bisa masuk dengan nyaman ke kawasan Kebun Buah Mangunan. Tersedia area parkir di Area 3 atau dekat lokasi gardu pandang.

Sayangnya hingga kini belum ada kendaraan umum yang rutenya melewati kawasan Kebun Buah Mangunan. Wisatawan pun hanya bisa naik kendaraan pribadi untuk sampai ke sana.

Jam buka dan harga tiket Kebun Buah Mangunan, November 2022

Saat ini per November 2022, wisata Kebun Buah Mangunan sudah buka dengan normal. Wisatawan sudah bisa berkunjung seperti sebelum pandemi.

Menurut pengelola wisata Kebun Buah Mangunan bernama Rujiatmi kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2022), harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan adalah Rp 7.000 per orang.

"Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan saat ini Rp 7.000 untuk hari biasa dan Rp 8.000 untuk hari libur," kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/07/152116827/rute-dan-harga-tiket-masuk-kebun-buah-mangunan-yogyakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke