Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Istana Parnaraya yang Megah di Wonogiri, Bisa Wisata Sambil Sedekah

KOMPAS.com – Megahnya bangunan Istana Bogor dan Istana Negara mungkin membuat sebagian masyarakat tertarik untuk berkunjung dan berfoto-foto di sana.

Kendati demikian, terdapat satu bangunan lagi yang tidak kalah megahnya dengan kedua istana tersebut, yakni Istana Parnaraya di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

“Awalnya ini untuk keluarga menginap di sana. Konsepnya memang dibuat seperti Istana Negara,” kata salah satu pengelola Kitagawa Pesona Bali Andi Eka Setiawan kepada Kompas.com, Senin (7/12/2020).

Adapun, Istana Parnaraya yang berlokasi di Kabupaten Wonogiri masih satu bagian dari Kitagawa Pesona Bali yang juga dikenal dengan Kampung Bali.

Andi menceritakan, awalnya pihaknya tidak memiliki tujuan untuk bangunan tersebut menjadi terkenal seperti saat ini.

Namun karena Istana Parnaraya terlihat unik dan mengundang perhatian wisatawan yang liburan di Wonogiri, pihaknya pun memutuskan untuk mengubahnya menjadi tempat wisata.

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Februari 2020 sempat bertandang ke Istana Parnaraya sebelum berkunjung ke Kampung Bali.

“Sekarang khusus wisata untuk pengunjung. Kita sudah legal. Segala macam (berkas) sudah beres semua untuk jadi tempat wisata,” ujar Andi.

Ia melanjutkan, ada masukan dari pemerintah setempat agar Istana Parnaraya diubah jadi tempat wisata untuk menambah tempat berwisata di sana.

Foto-foto sambil sedekah

Tempat wisata yang bangunannya tidak kalah megah dari Istana Bogor dan Istana Negara menawarkan berbagai spot foto yang menarik.

Selain bisa foto-foto di halaman depan gedung, pengunjung juga bisa foto bersama pesawat jet yang ada di halaman tersebut.

Meski saat ini wisatawan belum bisa masuk ke dalam pesawat jet, mereka dapat berswafoto ria ala keluarga kerajaan di bagian dalam gedung menggunakan sejumlah properti yang ada.

“Wisatawan bisa foto-foto dan diperkenalkan budaya-budaya di Wonogiri. Juga lebih kenal dengan bupati-bupati Wonogiri dari zaman dulu, ada fotonya,” tutur Andi.

Istana Parnaraya memiliki empat bagian. Bagian pertama adalah ruang kunjungan yang kerap dijadikan spot foto oleh wisatawan, bagian kedua adalah area penjualan oleh-oleh, dan bagian ketiga adalah kafe.

Bagian keempat adalah bioskop yang menayangkan video soal perjalanan ayah Andi, seorang pengusaha sukses bernama Suparno yang kini dapat memiliki sejumlah tempat wisata, serta mengasuh sekitar 500 lansia dan yatim piatu.

“Harga tiket masuknya Rp 5.000. Pendapatan dari tiket dikasih untuk lansia dan yatim piatu dalam betuk sedekah,” tutup Andi.

Istana Parnaraya berlokasi di Kebonagung, Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jika ingin berkunjung, jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/09/070700227/istana-parnaraya-yang-megah-di-wonogiri-bisa-wisata-sambil-sedekah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke