Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas Seru di Museum Sewu Rai Wonogiri, Bisa Sewa Kimono

KOMPAS.com – Kabupaten Wonogiri memiliki tempat wisata baru yang menawarkan beragam topeng dengan bermacam-macam ekspresi.

Tidak hanya itu, wisatawan yang berkunjung ke sana juga bisa berfoto-foto menggunakan kimono yang disewakan pihak tempat wisata.

“Museum seribu muka lebih ke (tampilan) topeng-topeng. Selain itu, memang kita konsepnya Jepang karena papah suka Jepang,” kata salah satu pengelola Kitagawa Pesona Bali Andi Eka Setiawan kepada Kompas.com, Senin (7/12/2020).

Adapun, Museum Sewu Rai masih satu bagian dari Kitagawa Pesona Bali, juga dikenal dengan Kampung Bali, dan Istana Parnaraya.

Selain foto-foto, wisatawan juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas di sana yang telah Kompas.com rangkum yakni sebagai berikut, Selasa (8/12/2020):

1. Lihat topeng

Andi mengatakan bahwa Museum Sewu Rai memiliki banyak topeng yang menampilkan berbagai macam ekspresi yang dibuat oleh manusia.

“Kalau ke sana, wisatawan bisa lebih mengenal karakter manusia dari setiap topeng yang ada,” ujarnya.

Adapun, topeng-topeng yang merupakan koleksi pribadi keluarga Andi disimpan di berbagai etalase kaca yang tersebar di setiap sudut bangunan.

Wisatawan yang ingin berfoto dengan beberapa topeng yang ditampilkan bisa langsung menuju ke arah lorong yang sisi kanan dan kirinya memiliki topeng warna-warni.

Jika kamu ingin foto yang diambil terlihat menarik, kamu bisa bawa topeng sendiri untuk dikenakan saat berfoto di lorong tersebut.

2. Sewa kimono

Kimono mungkin merupakan salah satu pakaian tradisional khas Jepang yang sangat ingin digunakan oleh para pecinta kebudayaan Negeri Sakura.

Selama berkunjung ke tempat wisata tersebut, kamu bisa menyewa kimono hanya dengan membayar Rp 50.000–Rp 100.000 saja.

Untuk durasi pemakaian, Andi mengatakan bahwa saat ini pihaknya tidak memilikinya lantaran wisatawan yang menyewa menggunakannya hanya sebentar untuk foto-foto.

“Bisa sewa kostum Jepang cuma untuk foto-foto, enggak bisa untuk keliling,” tuturnya.

3. Jelajah beragam spot foto

Museum Sewu Rai memiliki beberapa spot foto luar ruangan yang terlihat menarik lantaran berkonsep Jepang.

Salah satu lokasi foto yang bisa dikunjungi oleh wisatawan agar terlihat seperti benar-benar sedang berada di Negeri Sakura adalah area dengan hiasan bunga sakura.

Area tersebut berada di dekat gerbang Torii yang bagian atasnya dihiasi oleh beragam payung warna-warni. Di sana juga ada backdrop bergambar bangunan Jepang.

Selain itu, spot foto lain yang bisa dimanfaatkan adalah deretan gapura berhiaskan tanaman rambat dan lentera merah yang berada di dekat beberapa bangunan kayu mirip rumah tradisional khas Jepang.

4. Lihat pentas tari

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Museum Sewu Rai dapat menikmati pentas tari, termasuk tarian khas Jepang dan Bali.

Pertunjukan budaya tersebut biasa diadakan di dalam bangunan yang menyerupai kubah. Namun, Andi mengatakan bahwa pentas hanya diadakan pada jadwal-jadwal tertentu saja.

Apabila ingin melihat pentas tari, kamu bisa langsung bertanya kepada pihak tempat wisata terkait jadwal pentas melalui Instagram @museum_sewurai.

5. Belanja suvenir dan jajanan khas Jepang

Saat ini, Andi mengatakan bahwa tempat wisata tersebut masih belum menjual suvenir dan jajanan khas Jepang seperti ramen.

“Rencananya dalam bulan ini atau awal tahun 2021 kita bakal adakan menu ramen sama kudapan Jepang, dan beberapa suvenir Jepang,” imbuh dia.

Adapun, beberapa suvenir yang kemungkinan akan dijual di sana menurut Andi adalah gantungan kunci, topi, dan baju. Sementara suvenir lain yang akan dijual adalah suvenir yang menggambarkan tempat wisata tersebut.

Museum Sewu Rai terletak di Jalan Alternatif Jatiroto-Wonogiri, Gupit, Kebonagung, Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/09/114822527/5-aktivitas-seru-di-museum-sewu-rai-wonogiri-bisa-sewa-kimono

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke