Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyumas Siap Sambut Wisatawan Jelang Tahun Baru

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Asis Kusumandani mengatakan bahwa pihaknya siap menyambut wisatawan jelang Tahun Baru.

“Di obyek wisata yang dikelola pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyumas, ada tenaga kesehatan. Protokol kesehatan sudah wajib diterapkan. Langgar kena teguran dua kali, bahkan bisa ditutup,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Bagi yang ingin berkunjung ke desa wisata, wisatawan tidak perlu khawatir akan protokol kesehatan yang diterapkan di sana.

Sebab, Asis menuturkan bahwa sebanyak 15 desa wisata di Banyumas sudah mendapatkan bantuan dari provinsi terkait peralatan yang dibutuhkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Bantuan dari provinsi ada alat-alat, seperti hand sanitizer, penyemprot disinfektan, thermo gun, dan tempat cuci tangan. Kita juga sudah beri imbauan keras ke mereka (untuk terapkan protokol kesehatan),” jelasnya.

Asis mengungkapkan, wisatawan dapat berwisata dengan aman di Banyumas karena protokol kesehatan yang diterapkan juga untuk melindungi pekerja di tempat wisata, pedagang, serta warga setempat.

Ada Satgas Covid-19 di tempat wisata

Wisatawan yang hendak liburan ke Banyumas diimbau untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

Untuk memastikan hal tersebut, Asis mengungkapkan bahwa sejumlah obyek wisata di sana sudah memiliki tim Satgas Covid-19.

“Tapi wisatawan juga tentu sesuaikan dengan kondisi di sini tanpa harus diimbau. Begitu datang, harusnya sudah patuhi protokol kesehatan,” ujar Asis.

Ia melanjutkan, bupati Banyumas tak mempermasalahkan jika tak ada yang mau datang karena harus mematuhi protokol kesehatan. Menurut dia, keselamatan warga setempat paling penting.

Selain Satgas Covid-19 di tempat wisata, Asis mengatakan bahwa Bupati Banyumas Achmad Husein juga telah menyiapkan tim khusus yang bergerak 24 jam.

Adapun, tim beranggotakan TNI, Polri, Satpol PP, dan petugas dari Dinporabudpar yang bertugas untuk patroli ke sejumlah tempat guna memantau penerapan protokol kesehatan.

“Kita muter. Kalau ada kerumunan, bubarkan. Kalau ada laporan, kita datangi, kita tegur, kita bubarkan kalau ada kerumunan. Pasti kami datangi,” tuturnya.

Saat ini, Asis yakin bahwa tempat wisata luar ruangan akan lebih menarik perhatian wisatawan saat liburan ke sana sambil merayakan Tahun Baru.

“Mungkin tetap Lokawisata Baturraden. Di sana juga banyak obyek wisata, ada hutan pinus, desa wisata banyak banget. Pokoknya di kawasan Baturraden yang masih jadi favorit,” ucapnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/14/094308927/banyumas-siap-sambut-wisatawan-jelang-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke