Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UNWTO Sebut Bali Siap Sambut Turis Asing, Ini Kata Ahli Epidemiologi

KOMPAS.com - Director United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Asia Pacific, Harry Hwang, mengapresiasi protokol kesehatan yang diterapkan di Bali dan mengatakan bahwa Pulau Dewata siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman) sebelum Natal 2020.

Epidemiolog Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Hermawan Saputra mengatakan, hal tersebut wajar diungkapkan sebagai bagian dari advokasi internasional terkait pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

“Itu wajar, bagian dari promosi bahwa Bali ada protokol kesehatan, regulasi, pengawasan, dan lain-lain,” katanya kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Kendati demikian, menurutnya pandemi Covid-19 bukan hanya situasi yang terjadi secara regional di Bali saja namun merupakan isu dunia.

Oleh karena itu, pernyataan dari UNWTO akan dijadikan sebagai penilaian oleh negara lain terhadap kondisi Covid-19 di Nusantara.

“Mereka akan lihat, apa iya Indonesia aman terutama soal Covid-19? Apa iya Bali tidak dalam zona risiko? Kenyataannya di Indonesia kasus Covid-19 naik terus,” ungkap Hermawan.

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagi dunia internasional yang warganya memiliki kepentingan akan berwisata secara aman.

Sementara pertimbangan lainnya adalah kesiapan pemerintah Indonesia dalam menangani kasus Covid-19 sehingga angka kasus positif terus melandai.

Hermawan mengungkapkan bahwa Bali belum siap untuk menyambut kembali wisman, terlebih pada libur Natal dan Tahun Baru nanti.

“Terkait risiko pariwisata, selama libur Natal dan Tahun Baru nanti, justru itu tanggal-tanggal rawan antara 25 Desember 2020 – 1 Januari 2021. Kasus berisiko meningkat dengan signifikan,” ucapnya.

Namun, berdasarkan informasi terakhir dari Satgas Covid-19 di Bali, kabar Bali siap menyambut wisman sebelum Natal tahun 2020 tidak lah benar.

Rencananya, Bali akan membuka pintu bagi wisman pada pertengahan Januari 2021.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa, keputusan untuk menyambut kembali wisman bergantung pada keputusan pemerintah pusat termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

https://travel.kompas.com/read/2020/12/14/191200827/unwto-sebut-bali-siap-sambut-turis-asing-ini-kata-ahli-epidemiologi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke