Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan Pakai Camper Van, Bisa ke Mana Saja?

Pasalnya, dengan keadaan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, liburan menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta, atau pesawat dianggap masih rawan. Apalagi jika tempat yang dituju berpotensi memunculkan kerumunan.

Hal itu yang kemudian dilihat oleh jasa tour dan travel Gila Nusantara dan Go Escape sebagai peluang di masa pandemi.

Gila Nusantara, penyedia jasa perjalanan berbasis di Jakarta salah satunya menawarkan paket trip dengan camper van ke beberapa destinasi. Seperti ke Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, hingga Bali.

Sementara Go Escape menawarkan paket camper SUV dengan konsep overland. Overland pada dasarnya memungkinkan tamu untuk singgah ke beberapa tempat sekaligus dalam perjalanan menuju tempat tujuan akhir.

Kedua penyedia jasa perjalanan tersebut menawarkan paket lengkap sudah termasuk guide, fasilitas mobil, bensin, tarif tol, perlengkapan kemah, dokumentasi, tiket wisata, tiket camping ground, hingga makan.

Selain fasilitas tersebut, mereka juga telah mendesain itinerary dasar yang bisa diambil oleh tamu. Namun karena trip sejenis ini bersifat privat, artinya tak ada orang lain yang bergabung dalam liburan tamu alhasil mengurangi risiko bertemu orang asing.

Jika tak ingin mengikuti itinerary, tamu juga bisa menentukan sendiri destinasi yang ingin dikunjungi. Baik Gila Nusantara maupun Go Escape menawarkan fasilitas custom trip untuk paket camper van dan camper SUV ini.

Sebagai inspirasi, berikut ini beberapa rute camper van dan camper SUV yang biasa dilayani oleh Gila Nusantara dan Go Escape. Siapa tahu bisa jadi inspirasimu untuk liburan nanti.

Rute Pangalengan

Rute trip ke Pangalengan, Kabupaten Bandung ini jadi salah satu yang paling dicari. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Pangalengan juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan udaranya yang dingin.

Gila Nusantara biasa menawarkan paket camper van bangun dengan mobil jenis H1, Hiace, atau long elf. Jenisnya menyesuaikan dengan jumlah peserta.

Mobil jenis H1 bisa memuat maksimal empat orang. Sementara mobil jenis Hiace atau long elf bisa memuat enam hingga delapan orang tidak termasuk guide.

Rute trip Gila Nusantara ke Pangalengan ada yang bisa start dari Jakarta, dan ada pula yang dari Bandung. Dengan fasilitas lengkap, para peserta akan diajak langsung ke Camping Ground Ranca Upas.

Di luar itu, para peserta trip bisa juga mampir ke tempat wisata di sekitar Pangalengan sesuai permintaan. Biasanya trip jenis ini berlangsung selama 2 hari 1 malam, dan banyak peserta mengambil waktu di akhir pekan.

Sedikit berbeda dengan Gila Nusantara, trip camper SUV dari Go Escape berjenis overland. Menggunakan mobil jenis trooper 4x4, satu mobil bisa diisi maksimal tiga peserta dengan satu orang guide.

Jenis mobil tersebut memungkinkan itinerary-nya untuk menjangkau tempat yang harus melalui jalan light off road sehingga lebih menantang.

Itinerary trip dua hari satu malam ini dimulai dari Jakarta. Lalu mampir ke Kawah Wayang, lanjut ke Situ Cileunca dan makan siang.

Setelah kenyang, peserta akan diajak untuk melakukan arung jeram di Situ Cileunca. Lalu open camp di datar pinus dan berkegiatan dikelilingi api unggun.

Keesokan harinya, trip dilanjutkan dengan berkegiatan bebas di sekitar camping ground dan kembali pulang ke Jakarta di siang hari.

Selain paket trip dengan durasi dua hari satu malam, para tamu juga bisa custom durasi trip hingga satu minggu lamanya. Salah satunya rute trip ke Pangalengan selama enam hari lima malam yang pernah dilayani Go Escape.

Destinasi pertama yang dituju adalah Curug Jagapati di Garut, lalu berpindah ke Pantai Sayang Heulang. Tempat selanjutnya adalah Curug Cisewu, lalu ke Situ Cileunca di Pangalengan, Gunung Patuha, Kawah Putih di Ciwidey, dan tembus ke Sukabumi.

Sesampainya di Sukabumi, para peserta trip menjelajahi area Geopark Ciletuh dan sekitarnya. Dari sana peserta baru kembali lagi ke Jakarta.

Selain menggunakan mobil trooper 4x4, Great Escape juga menyediakan paket dengan mobil jenis landcruiser vx.

Untuk paket trip yang disediakan oleh Gila Nusantara, para peserta bisa berkemah di sekitar area Gunung Pancar atau Hutan Pinus di Sentul. Biasanya trip tersebut memakan waktu dua hari satu malam.

Namun untuk mengakomodasi mereka yang ingin coba-coba dan tak punya waktu panjang, Gila Nusantara juga menyediakan paket trip 24 jam alias seharian saja tanpa kemah.

Rute Yogyakarta

Selanjutnya ada pula pilihan rute ke Yogyakarta. Menurut Abay, Co-Founder dari Gila Nusantara, banyak warga Jabodetabek yang juga berminat trip ke sana.

Beberapa spot yang jadi tempat tujuan trip camper van Gila Nusantara adalah Waduk Sermo, Watu Tapak, Parangtritis, dan masih banyak lagi.

Selain menyediakan start dari Jakarta, Gila Nusantara juga menyediakan start tur dari Yogyakarta. Jadi peserta bisa datang ke Yogyakarta dengan kendaraan lain, lalu dijemput oleh camper van di bandara, terminal, atau stasiun.

Selain trip biasa seperti itu, Gila Nusantara juga mulai melayani permintaan tur overland seperti Great Escape. Salah satu yang sedang direncanakan oleh Abay adalah overland tur ke Yogyakarta.

Dengan total durasi perjalanan tujuh hari, para peserta akan mulai berangkat dari Jakarta. Selanjutnya di perjalanan menuju Yogyakarta mereka akan singgah di beberapa tempat.

Seperti di Baturaden dan berwisata di sana selama satu malam. Keesokan harinya, peserta bisa berwisata dan menginap di daerah Dieng. Barulah setelah itu para peserta akan tiba di Yogyakarta dan berwisata di sana.

Tidak hanya city tour, tapi mereka juga akan diajak ke beberapa spot wisata di sekitar Yogyakarta. Seperti Candi Borobudur atau Pantai Parangtritis. Perjalanan tersebut juga sudah termasuk wisata kuliner dan agenda membeli oleh-oleh.

Selain ke area pegunungan, Gila Nusantara juga menawarkan paket trip ke Pantai Anyer sebagai alternatif. 

Selain rute-rute di atas, para peserta juga bisa mendesain sendiri rute liburan mereka sesuai selera. Hanya perlu sebutkan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, maka pihak tur akan menyusun itinerary serta biayanya dan wisatawan tinggal menikmati liburannya saja.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/15/181000527/liburan-pakai-camper-van-bisa-ke-mana-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke