Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Aktivitas Seru di Ledok Sambi Yogyakarta, Piknik di Pinggir Sungai

KOMPAS.com – Ledok Sambi merupakan tempat wisata yang berlokasi lembah bersungai dalam Desa Wisata Sambi, Yogyakarta yang menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk wisatawan.

Selain itu, pemandangan yang asri pun dapat membuat pengunjung melepas penat sambil bermain di pinggir sungai dan menikmati hidangan yang disediakan.

“Kami buka warung berkonsep piknik. Makanan tidak bawa sendiri, tapi beli di warung kami. Memang targetnya adalah keluarga karena kebanyakan yang suka main di sungai anak-anak,” kata Manajemen Ledok Sambi kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Untuk mengetahui lebih lanjut kegiatan apa saja yang dapat dilakukan selama berada di Ledok Sambi, berikut telah Kompas.com rangkum, Selasa (15/12/2020):

Perlu dicatat bahwa selama liburan di tengah pandemi Covid-19, wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak antara satu sama lain.

Apabila suhu berada di atas 37,3 derajat celcius atau sedang tidak enak badan, ada baiknya kamu tidak bepergian dan beristirahat di rumah saja.

1. Piknik di pinggir sungai

Salah satu kegiatan yang digemari oleh pengunjung Ledok Sambi adalah piknik di pinggir sungai sambil bermain air.

Namun, wisatawan tidak diperkenankan membawa perbekalan sendiri karena tempat wisata tersebut menawarkan sejumlah hidangan yang bisa dibeli dengan harga murah.

Beberapa di antaranya adalah kentang goreng, lima tempe mendoan, pisang goreng, nasi sayur, nasi ayam goreng laos, dan mi goreng/rebus.

Sementara untuk minuman yang tersedia beberapa di antaranya adalah robusta/arabika kopi ledok, kopi merapi, kopi vietnam drip, robusta kopi susu ledok, dan cokelat ledok.

Harga makanan berada pada kisaran Rp 4.000 – Rp 18.000. Sementara harga minuman adalah sekitar Rp 5.000 – Rp 15.000.

“Kami sediakan tikar. Tinggal pilih tempat yang enak, dan jaga jara selama pandemi. Bisa duduk di mana saja,” kata perwakilan tempat wisata tersebut.

Selain lesehan di tikar sambil memanfaatkan meja kecil sebagai tatakan makanan, wisatawan juga bisa duduk di gazebo tenda atau meja dan kursi di seberang area gazebo tenda.

Sebelum pandemi, Ledok Sambi menawarkan paket berkemah yang memiliki banyak peminat. Namun selama pandemi minat wisatawan berkurang sehingga banyak tenda terbengkalai.

“Selama pandemi kosong banget, jadi kami manfaatkan (tenda) sebagai tempat duduk. Bisa berteduh supaya enggak kena hujan, atau (duduk) sambil nunggu anak main di sungai,” ungkapnya.

2. Kemah di pinggir sungai

Melalui Family Camp, wisatawan juga bisa berkemah di pinggir sungai hanya dengan membayar Rp 35.000 per orang.

Namun apabila tidak memiliki perlengkapan berkemah, pengunjung dapat menyewa tenda berkapasitas maksimal empat orang seharga Rp 120.000 per malam.

“Mulai check-in jam 15:00 WIB dan check-out maksimal 14:00 WIB. Dapat tenda saja, kelengkapannya alas kayu biar nyaman dan matras,” ujar perwakilan tempat wisata tersebut.

Untuk keperluan masak dan makanan, mereka bisa bawa sendiri karena kegiatan berbeda dari piknik di pinggir sungai.

Namun jika ingin kemah santai, mereka bisa memesan makanan kepada warga Desa Wisata Sambi melalui kontak yang akan diberikan oleh pihak tempat wisata.

“Misal mau nasi goreng atau mi goreng, nanti dimasakin lalu diantar. Lokasi tempat wisata cukup dekat sama rumah warga,” ungkapnya.

Apabila ingin menikmati api unggun, peserta kemah dapat membayar Rp 100.000 dan terima jadi karena peralatan dan barang-barang yang diperlukan akan ditata oleh pihak tempat wisata.

3. Naik flying fox

Wisatawan yang ingin melakukan kegiatan yang cukup menantang adrenalin dapat memanfaatkan fasilitas flying fox.

Dengan membayar seharga Rp 25.000 per orang, wisatawan akan dibawa meluncur dua kali melalui jalur yang berbeda.

4. Main tembak-tembakan dengan paint ball

Salah satu kegiatan yang cukup asyik dilakukan bersama keluarga, teman, atau sanak saudara adalah bermain paint ball.

Meski cukup menguras tenaga karena harus berlarian ke sana kemari, namun main paint ball juga bisa melatih kerja sama dan penyusunan strategi.

“Paint ball per orang 50 peluru. Dulu paint ball terima minimal 20-25 orang, sekarang bisa dua orang saja,” kata Manajemen Ledok Sambi.

5. Main air di sungai

Pengunjung yang ingin melepas penat dapat bermain air di sungai Ledok Sambi. Jika membawa anak, agar lebih aman, pihak tempat wisata menyewakan ban seharga Rp 10.000 untuk digunakan sepuasnya.

6. River tubing untuk anak

Meski saat ini river tubing khusus untuk anak-anak belum dibuka, namun kamu bisa catat dulu kegiatan ini agar bisa mempersiapkan si kecil supaya sudah berani mengikuti kegiatan saat river tubing telah beroperasi.

Sebelumnya, kegiatan ini dikenakan biaya Rp 20.000. Jalur yang akan dilintasi adalah jalur khusus yang sudah ditata oleh pihak tempat wisata.

“Tubing di sungai sementara ini belum kami buka. Tubing ada jalur khusus, biasa kami tata supaya ada jeram. Kalau sekarang satu aliran sungai buat banyak orang,” ungkap Manajemen Ledok Sambi.

7. Outbound bareng keluarga

Untuk kegiatan outbound, harganya adalah Rp 160.000 per orang dengan minimal 20 peserta dan maksimal 50 peserta selama pandemi Covid-19.

Dengan nominal tersebut, peserta sudah akan mendapatkan makanan berat dan makanan ringan. Untuk mengetahui lebih lanjut soal informasi outbound, wisatawan bisa mengontak Instagram @ledoksambi.

Ledok Sambi berlokasi di Jalan Kaliurang KM 19, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 08:00-17:00 WIB.

Saat ini, wisatawan bisa masuk ke sana secara gratis. Meski begitu, pihak tempat wisata menyediakan kotak sukarela.

“Kami tidak tahu kedepannya bagaimana. Cuma selama pandemi ini kami maunya sediakan tempat wisata murah tapi enak dan bersih,” kata Manajemen Ledok Sambi.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/16/141500727/7-aktivitas-seru-di-ledok-sambi-yogyakarta-piknik-di-pinggir-sungai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke