Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Taman Buah Mekarsari Tutup Permanen Januari 2021?

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu terdengar kabar bahwa Taman Buah Mekarsari akan ditutup permanen mulai Januari 2021.

Lantas, benarkah kabar tersebut?

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari Firman Setiawan mengatakan, penutupan memang akan terjadi, namun tidak permanen.

“Untuk rencana tutup per 1 Januari 2021 iya betul. Berkenaan dengan Covid-19 yang berkepanjangan dan untuk mengantisipasi penyebarannya,” ungkapnya kepada Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Kendati demikian, penutupan belum dipastikan akan berlangsung berapa lama. Sementara soal kabar ditutup permanen, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui informasi lebih lanjut.

Namun, Firman mengatakan bahwa masyarakat bisa menunggu kabar selanjutnya secara resmi melalui Instagram @mekarsari_fruitgarden.

Terkait kondisi terkini tempat wisata, Firman mengatakan bahwa memang ada beberapa spot yang terlihat tidak terawat karena musim hujan. Hal ini menyebabkan rumput bertumbuh dengan cepat.

“Untuk danau memang masih ditumbuhi tanaman lotus,” tuturnya.

Santer terdengar kabar bakal tutup permanen

Sebelumnya, seorang pengguna Facebook bernama Antonius Yuliyanto menggunggah empat foto tempat wisata tersebut pada Selasa (15/12/2020).

Melalui unggahan tersebut, dia menuliskan bahwa Taman Buah Mekarsari akan ditutup secara permanen mulai Januari 2021.

“Ada yang punya kenangan dengan Taman Buah Mekarsari? Ternyata Desember ini terakhir buka, Januari 2021 nanti tutup permanen,” seperti tertera dalam unggahan tersebut.

“Kondisi terakhhir memang sudah menyedihkan, gak terawat, kusam dan sepi! Beda banget dengan kondisi 5 atau 10 tahun silam,” sambungnya.

Unggahan tersebut, berdasarkan pantauan Kompas.com, Kamis, sudah dibagikan oleh 1.500 pengguna Facebook, memiliki 372 komentar, dan disukai oleh 462 pengguna Facebook.

Tidak berhenti di Facebook, pengguna Twitter pun dihebohkan oleh kabar tersebut karena akun @menfesssyg mengunggah kembali unggahan tersebut pada Rabu (16/12/2020).

Sejumlah warganet pun mengomentari kabar tersebut dengan menyangkan keputusan bahwa tempat wisata akan ditutup permanen.

“Dirawat lg ajasiiii, emg gbsa? Drpd ditutup tar dijadiin apaan? Udh bagus2 ijo2 gtu masa mau ditutup gt aja,” kata akun Twitter @accreceivables.

Ada juga akun @hellobitjc yang mengatakan bahwa dia sempat menangis karena dulu melihat teman-teman dan keluarga mereka jalan-jalan ke sana.

Selain Facebook dan Twitter, warganet pun mengunjungi akun Instagram @mekarsari_fruitgarden untuk bertanya kepada pihak tempat wisata melalui kolom komentar sejumlah unggahan.

“Emang iya bln dpn mekarsari mau tutup?” kata akun Instagram @arfanzulphani.

Ada juga akun @ya_rn09 yang meminta konfirmasi kabar soal penutupan permanen karena sudah ramai di media sosial.

Jam operasional dan harga tiket masuk Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari sudah dibuka kembali sejak 15 Agustus 2020. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 09:00-16:00 WIB. Harga tiket masuknya adalahRp 20.000 per orang.

Saat ini, tempat wisata tersebut memiliki program Garden Drive Thru seharga Rp 85.000 per orang dan Tur Sehat Mekarsari seharga Rp 75.000 per orang.

Adapun, Garden Drive Thru adalah tur keliling kebun menggunakan kendaraan pribadi. Kebun-kebun yang akan dikelilingi pun beragam mulai dari kebun baobab, lengkeng, hingga belimbing.

Sementara itu, Tur Sehat Mekarsari adalah program gowes menggunakan sepeda yang telah disediakan untuk mengelilingi tempat wisata sambil memberi makan hewan ternak.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/17/191900627/benarkah-taman-buah-mekarsari-tutup-permanen-januari-2021-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke