Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bali Jadi Destinasi Wisata Paling Diminati Periode Desember 2020

KOMPAS.com – Berdasarkan jumlah pencarian kata kunci terkait traveling dari Google Trends, Bali jadi provinsi yang paling diminati untuk traveling.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima Kompas.com dari Traveloka, Bali juga jadi salah satu destinasi paling diminati di bulan Desember 2020 berdasarkan data interal online travel agent (OTA) tersebut.

Bali mendapatkan peringkat pertama dengan persentase rata-rata pencarian topik seputar travel mencapai 83 persen pada September 2020 berdasarkan data dari Google Trends.

Sejak pariwisata Bali dibuka akhir Juli 2020 silam, Bali terus mendominasi tren pencarian destinasi travel. Berikut ini kabupaten yang paling banyak dicari kata kuncinya di Google:

1. Kabupaten Gianyar

Kabupaten Gianyar menempati posisi pertama sebagai kabupaten yang paling banyak dicari kata kuncinya dengan persentase pencarian mencapai 42 persen.

Gianyar menyimpan banyak daya tarik wisata karena dikenal sebagai pusat kesenian dan budaya ukiran di Bali. Di sana juga terdapat cukup banyak tempat wisata dan rekreasi yang populer, seperti Bali Safari Park, Mason Elephant Park, dan Taman Nusa Bali.

2. Kabupaten Tabanan

Posisi selanjutnya diisi oleh Tabanan dengan persentase pencarian mencapai 35 persen. Kabupaten ini memiliki tempat wisata populer yakni Tanah Lot.

Selain itu, banyak pula tempat wisata lainnya seperti Pura Taman Ayun, Air Tejun Blahmantung, dan Air Panas Angseri.

3. Kabupaten Karangasem

Kabupaten tertinggi di Pulau Dewata ini terkenal dengan gunung berapi aktif yakni Gunung Agung. Persentase pencariannya mencapai 32 persen, menempati urutan ketiga sebagai destinasi paling dicari bulan Desember 2020.

Tak hanya Gunung Agung, di sana juga terdapat tempat wisata lain, seperti Pura Besakih dan Tukad Cepung Waterfall.

4. Kabupaten Badung

Monumen terkenal Garuda Wisnu Kencana (GWK) terletak di kabupaten ini. Rata-rata persentase pencariannya sekitar 27 persen.

Di sini ada banyak sekali tempat wisata, selain GWK ada pula Pantai Kuta, Nusa Dua, Waterbom Bali, dan Devdan Theater Bali.

5. Kabupaten Buleleng

Terakhir adalah Kabupaten Buleleh. Rata-rata persentase pencariannya adalah 21 persen. Di Buleleng, topografinya sangat beragam. Ada dataran rendah, perbukitan, sampai pegunungan.

Tempat wisata yang populer dikunjungi adalah Air Sanih, Gedong Kirtya, Air Terjun Gitgit, dan Pantai Lovina.

Daerah lainnya

Di bawah Bali, daerah yang masuk ke dalam lima besar destinasi wisata paling dicari bulan Desember 2020 adalah Jakarta, Lampung, Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Jakarta menempati posisi kedua dengan persentase pencarian 30 persen untuk bulan Desember 2020. Sementara untuk bulan September 2020, persentase pencariannya mencapai 39 persen.

Walaupun jadi ibu kota, Jakarta tetap menarik perhatian wisatawan untuk staycation dan berwisata. Jakarta juga jadi pusat aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia.

Wisatawan bisa menjelajahi pasar tradisional, pusat perbelanjaan mewah, menikmati gemerlap kehidupan malam ibukota dari rooftop bar, atau mencoba wisata kuliner yang khas.

Jakarta juga punya wisata alam seperti Kepulauan Seribu, dan Hutan Mangrove. Beberapa tempat populer lainnya adalah Ragunan, Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, dan Jakarta Aquarium.

Di posisi ketiga ada Lampung dengan persentase pencarian 8 persen untuk bulan Desember 2020. Sementara di bulan September 2020, persentase pencariannya mencapai 32 persen.

Dengan lokasi yang tak terlalu jauh dari Jakarta, ada banyak sekali tempat wisata yang memesona, seperti Taman Nasional Way Kambas, Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, Pulau Pahawang, dan Danau Ranau.

Yogyakarta dan Jawa Barat

Dua posisi terakhir diisi Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Barat. Yogyakarta memiliki persentase pencarian di bulan Desember 2020 mencapai 7 persen, sementara di bulan September 2020 persentasenya 32 persen.

Beberapa tempat populer di Yogyakarta yang sering dikunjungi wisatawan adalah Malioboro, Taman Sari, Pule Payung, dan Pantai Drini.

Sementara Jawa Barat punya persentase pencarian 3 persen di bulan Desember 2020 dan 7 persen di bulan September 2020.

Jawa Barat telah lama jadi destinasi populer masyarakat ibu kota. Beberapa yang paling populer adalah Kawah Putih, Ciwidey, Taman Safari Indonesia, Museum Zoologi Bogor, Kebun Raya Bogor, Kota Bandung, dan Cipanas.

Menyusul lima besar destinasi travel di Indonesia paling dicari, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, hingga Papua menyusul.

Rata-rata persentase pencarian destinasi tersebut pada Desember 2020 adalah 2 persen jika dibandingkan dengan destinasi travel di Indonesia lainnya.

Beberapa tren staycation dan road trip yang muncul adalah, rute terpopuler ada di sepanjang jalur Trans Jawa dengan tujuan Bali. Tempat yang dituju biasanya adalah local hidden gems, atraksi, dan destinasi wisata alam dalam kota.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/19/190800127/bali-jadi-destinasi-wisata-paling-diminati-periode-desember-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke