Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Mau Gerak Cepat, Tidak Banyak Waktu Pulihkan Pariwisata

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan akan mengkaji setumpuh naskah yang telah diterima untuk menentukan dan mempercepat langkah selanjutnya.

“Tadi setumpuk naskah yang diserahkan mas Menteri (Wishnutama) harus dipastikan rencana-rencananya sudah disusun dengan baik,” tuturnya dalam konferensi pers usai melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Adapun, naskah yang dimaksud oleh Sandiaga adalah naskah dan dokumen yang diserahkan oleh mantan Menparekraf Wishnutama Kusubandio yakni Rencana Strategis Kemenparekraf Tahun 2020/2024.

Dia melanjutkan, melalui naskah yang telah didapat juga akan dilihat strategi yang telah dipikirkan oleh orang-orang yang terlibat dalam industri pariwisata bisa dilakukan suatu langkah berkelanjutan.

“Langkah-langkah yang baik harus kita dorong percepatannya, yang kurang ditambah. Sore ini dan beberapa hari ke depan all out merumuskan (rencana),” jelas Sandiaga.

“Gerak cepat. Enggak punya waktu banyak. Ini tentunya kita amati situasi Covid-19, dari aspek kesehatannya tentu kita harus hati-hati menerapkan protokol kesehatan,” sambungnya.

Sandiaga mengatakan bahwa satu tahun ini dia melihat bahwa Kemenparekraf melakukan pembenahan secara masif.

Di bawah pimpinannya, dia berharap bahwa Kemenparekraf mendapat dukungan dari semua pihak untuk memastikan bahwa satu tahun ke depan mereka sudah siap.

“Dengan adanya vaksin dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan CHSE, kita bisa landaikan kurva dan bangkitkan sektor pariwisata,” kata Sandiaga.

Dalam rencana gerak cepat yang akan dilakukan oleh Kemenparekraf, beberapa PR diberikan oleh Presiden dan Wakil Presiden di antaranya adalah pengembangan lima destinasi prioritas dan penyusunan Calendar of Events.

Selain itu, industri pariwisata diharap dapat berinovasi dalam hal wisata halal, desa wisata, dan beberapa kegiatan yang menyentuh aspek ekonomi masyarakat.

“Kita tidak perlu mengulang lagi, kita tahu what to do. Rencana dan strategi ke depan, kita harus get to work. We don’t have much time. Kita butuh inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Kita lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” tutupnya.

Sandiaga terpilih menjadi Menparekraf dan telah melakukan upacara sertijab yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 133/P Tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019/2024.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah sertijab, lalu penyerahan naskah dan dokumen.

Naskah dan dokumen yang diserahkan antara lain Rencana Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) Tahun 2020/2024.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/23/151000827/sandiaga-mau-gerak-cepat-tidak-banyak-waktu-pulihkan-pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke