Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asyik, Embung Cibunar Garut akan Disiapkan Tempat Camping

Kawasan tersebut didorong menjadi tempat wisata baru dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman.

"Saya komitmen, bahwa ini akan dapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Garut, masukan dalam RPTK (Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan)," kata Bupati Garut Rudy Gunawan di Perkemahan Embung, Desa Cibunar, Tarogong Kidul, Garut, Minggu (20/12/2020).

"Misalnya RPTK yang berhubungan dengan menjadikan (tempat) ini sebagai pusat pariwisata yang ada di Tarogong Kidul," lanjutnya.

Ia menuturkan pemerintah telah mencanangkan kawasan embung yang tidak jauh dari perkotaan Garut menjadi wisata perkemahan yang menarik dengan menyajikan keindahan alam dan embung atau kolam buatan untuk menampung air hujan.

Selama ini, lanjut dia, embung tersebut dibangun dari dana desa yang berfungsi untuk mengairi areal pertanian seluas 100 hektare di daerah itu.

Menurut dia kawasan embung itu memiliki potensi lain yakni di sekitarnya bisa dijadikan bumi perkemahan yang tidak kalah menarik dengan wisata serupa di daerah lain.

"Kalau memang ada komitmen untuk menyerahkan bagaimana caranya lahan camping ground minimal 5.000 meter, maka kita akan buat fasilitas-fasilitasnya," kata Bupati.

Ia menyampaikan fasilitas yang siap dibantu pemerintah daerah di antaranya membangun tempat mandi, MCK komunal yang banyak, kemudian membuat akses jalan.

"Nanti pemda membebaskan (lahan untuk jalan) enggak ada masalah, ke kiri atau ke kanan satu meter, jadi ini ada tiga meter, di sini juga ada sesuatu yang kita buatkan lapang parkir," kata Rudy.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/25/071100527/asyik-embung-cibunar-garut-akan-disiapkan-tempat-camping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke