Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Acara yang Siap Digelar di NTB Tahun 2021, Ada MotoGP dan L'Etape

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Mohammad Faozal mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB tengah melakukan sejumlah persiapan untuk menggelar beragam acara, termasuk MotoGP 2021.

“Mandalika (ada) seluruh aktivitas persiapan karena 2021 akan digelar MotoGP. Seluruh venue sedang bergerak. Konektivitas di bandara, fasilitas dibenahi semua,” kata dia.

Pernyataan tersebut Faozal sampaikan dalam rapat virtual bersama para Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia yang bertajuk “Rapat Strategi Meraih Kepercayaan Wisman & Wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Baru”, Sabtu (26/12/2020).

Selain itu, jalan yang akan membawa wisatawan dari bandara menuju Mandalika pun tengah dipercantik.

Faozal mengatakan bahwa saat ini ada 17,5 kilometer (km) jalan yang sudah mulai bekerja. Harapannya, pada Maret 2021 pembenahan selesai dan siap digunakan para pengunjung.

“Berikutnya, ada lima acara internasional yang sudah siap digelar dengan menunggu petunjuk lebih lanjut dari menteri dan Satgas di pusat,” ujarnya.

Salah satu acara internasional yang paling dinantikan adalah L’Etape yang pagelarannya harus ditunda tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Adapun, L’Etape merupakan lomba balap sepeda Tour de France yang akan digelar di Lombok pada April 2020. Namun diundur pelaksanaannya menjadi 9 Agustus.

Kendati demikian, akun Instagram @letape.indonesia melalui unggahan pada 3 Juli mengumumkan bahwa acara tersebut akan ditangguhkan hingga 2021.

“Mudah-mudahan pandemi berakhir, atau paling tidak ada opsi lain dari gelaran L’Etape karena kita pertama kali Indonesia dipercaya Tour de France untuk melaksanakan pemanasan (acara) di luar Perancis,” ucap Faozal.

Acara selanjutnya yang siap digelar adalah Ironman, yakni kegiatan triatlon yang seharusnya dilaksanakan pada 4 Juli 2020, tetapi diundur menjadi Juli 2021.

Faozal melanjutkan, rencananya kegiatan triatlon tersebut tahun depan akan dilakukan di Senggigi. Ada juga acara lari lintas alam di Gunung Rinjani—Rinjani 100—yang akan digelar tahun depan.

“Berikutnya juga Marathon Mandalika yang 2021 kalau tidak ada halangan akan menjadi satu rangkaian dari MotoGP,” sambung dia.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/01/090900427/acara-yang-siap-digelar-di-ntb-tahun-2021-ada-motogp-dan-l-etape

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke