Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Maskapai Terbaik di Dunia Versi Tantra Tobing, Ada dari Thailand

Ia sendiri dikenal sebagai pencinta dunia aviasi yang sudah pernah mencoba lebih dari 50 maskapai penerbangan di dunia.

Menurut Tantra, ada beberapa kriteria khusus yang membuat kelimat maskapai penerbangan ini jadi begitu berkesan di antara maskapai-maskapai lain yang pernah ia coba.

“Jadi penilaiannya ada beberapa kriteria. Karena prosesnya panjang kan, mulai dari beli tiket sampai di bandara mau check in, terus tempat tunggunya, mau boarding. Pokoknya semua pengalaman yang terkait saat terbang,” kata Tantra ketika dihubungi Kompas.com, Senin (28/12/2020).

“Jadi enggak cuman saat terbang di udara saja tapi juga terkait dengan sebelum masuk dan setelah keluar pesawat. Karena bisa saja pas di pesawat pengalamannya bagus, pas landing tiba-tiba kacau. Itu kan merusak the whole experience,” sambung dia.

1. Thai Airways

Di posisi pertama ada Thai Airways. Maskapai penerbangan asal Thailand ini jadi nomor satu di daftar Tantra karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah soal sajian makanannya hingga seragam para kru kabin yang bertugas.

Seragam yang digunakan kabin kru Thai Airways punya warna-warna yang berbeda satu sama lain.

“Jadi seragamnya yang cewek itu mereka pakai pakaian tradisional mereka, itu warna-warni. Jadi kalau difoto itu bagus banget. Warnanya ada macam-macam lah,” imbuh Tantra.

Ia membandingkannya dengan maskapai penerbangan lain yang biasanya hanya memiliki 1-2 jenis seragam

Tak itu saja, pelayanan Thai Airways pun ia rasakan begitu spesial. Jika menggunakan business class atau first class, jika kebetulan berangkat dari bandara di Bangkok maka akan mendapatkan pelayanan fast track.

Tak kalah penting, ada pula layanan spesial untuk penumpang business class dan first class di lounge milik Thai Airways yang ada di Bangkok. Tersedia complimentary spa yang bisa digunakan oleh penumpang untuk mengisi waktu sebelum keberangkatan.

2. Oman Air

Di posisi kedua ada Oman Air. Maskapai penerbangan ini mungkin tak begitu populer untuk orang-orang Indonesia. Salah satunya, Oman bukanlah negara tujuan liburan yang sangat populer untuk masyarakat Indonesia.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Oman Air yang membuat Tantra menempatkannya dalam posisi kedua adalah dalam hal furnitur yang digunakan serta makanan yang disajikan.

“Kursinya dia kalau di business class itu adalah kursi business class yang tipenya paling mahal produksinya. Cuman ada tiga airlines di dunia yang punya kursi business class tersebut karena mahal banget,” tutur Tantra.

Karena kursinya yang begitu spesial, maka sensasi duduk di sana pun tidak ada duanya. Menurut Tantra, kursi tersebut benar-benar ergonomis, sangat nyaman, dan menjaga privasi penumpang.

Sementara untuk makanannya, Oman Air terkenal dengan presentasi makanan yang begitu luar biasa. Bahkan bisa dibilang tidak seperti penyajian makanan di pesawat pada umumnya.

“Presentasinya, kualitasnya sangat premium. Benar-benar kayak di restoran. Kalau airlines lain kan biasanya makanan cuman ditumpuk doang. Kalau di Oman Air benar-benar ditata,” imbuh Tantra.

Terakhir adalah keunggulannya di bidang pelayanan. Tantra menceritakan bahwa Oman Air akan memberikan compliment menginap di salah satu hotel di Muscat, Oman untuk para penumpang business class.

“Itu dapat compliment dari Oman Air gratis karena mereka mau orang lihat negaranya. Dia memancing orang untuk datang ke negaranya dia, dikasih menginap gratis satu malam di Ritz Carlton Muscat. Itu (hotelnya) bekas istananya sultan,” papar Tantra.

3. Etihad Airways

Sementara nomor tiga, maskapai asal Uni Emirat Arab ini memiliki keunggulan di sisi produknya. Menurut Tantra, Etihad sering mengeluarkan produk atau pelayanan yang inovatif di antara maskapai penerbangan lainnya.

“Etihad dulu tahun 2009 misalnya, dia itu ada kayak nanny untuk di pesawat. Nanny itu terlatih untuk take care misalnya ada bayi yang terbang. Sampai sekarang kayaknya cuman dia yang punya,” jelas Tantra.

Nanny tersebut terlatih untuk merawat bayi atau anak-anak yang rewel di dalam pesawat. Pasalnya, adanya bayi atau anak-anak yang ‘berisik’ ketika di dalam pesawat tentu saja mempengaruhi kenyamanan penumpang lain.

“Etihad melihat itu sebagai salah satu yang bisa di-improve. Jadi dia tiap di pesawat pasti ada satu cabin crew yang terlatih jadi nanny,” tambah dia.

Selain itu, Etihad juga menyediakan fasilitas berupa chef on board, alias chef yang berada di pesawat. Chef on board ini nantinya bertugas untuk mempersiapkan makanan untuk penumpang business class atau first class sesuai permintaan setiap penumpang.

Chef on board juga bisa memberi rekomendasi makanan apa yang kira-kira cocok dinikmati, termasuk jika penumpang meminta wine, maka ia juga bisa memberikan rekomendasi wine apa yang cocok dinikmati dengan makanan yang sedang dinikmati penumpang.

4. Qantas Airways

Untuk posisi keempat ditempati Qantas Airways. Maskapai yang berasal dari Australia ini punya keunggulan di bidang produk serta makanannya. Termasuk pula layanannnya.

“Kalau orang Australia kan standardnya tinggi untuk makanan, minuman. Mereka juga sangat bangga karena banyak produksi wine sendiri,” ujar Tantra.

5. Singapore Airlines

Terakhir adalah Singapore Airlines atau kerap pula disebut SQ. Menurut Tantra, maskapai penerbangan ini jadi salah satu yang paling populer khususnya bagi orang Indonesia.

Menurutnya, dari segi layanan hingga pengalaman di Bandara Changi jadi keunggulan tersendiri bagi Singapore Airlines.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/01/220000127/5-maskapai-terbaik-di-dunia-versi-tantra-tobing-ada-dari-thailand

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke