Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyuwangi ke Lombok Kini Bisa Langsung Naik Kapal Feri

KOMPAS.com – Wisatawan yang bepergian naik kendaraan pribadi menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini bisa langsung menyeberang dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Itu karena PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mulai Sabtu (26/12/2020) melayani jasa penyeberangan feri jarak jauh (long distance ferry atau LDF) Banyuwangi-Lombok.

Kapal feri akan berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi langsung menuju Pelabuhan Lembar di Lombok.

Diadakannya rute tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan konektivitas Jawa-Nusa Tenggara Barat.

Dari total tujuh kapal, termasuk swasta, yang akan beroperasi di jalur baru tersebut, ASDP akan melayani dengan KMP Portling VII.

Adapun, jarak tempuh kapal dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan lembar adalah 125 mil atau sekitar 201 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 12,5 jam.

Kemudian, waktu pelayanan adalah tiga jam. ASDP pun berharap jalur Ketapang-Lembar dapat menjadi layanan penyeberangan yang efektif dan efisien, baik dari segi waktu dan biaya.

“Masyarakat kini makin mempunyai alternaitf transportasi yang lebih baik dan dapat diandalkan,” kata Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, dilansir dari Antara, Sabtu (26/12/2020).

Pernyataan itu ia sampaikan saat peresmian pelayaran perdana lintas penyeberangan Ketapang-Lembar di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (26/12/2020).

Menurut dia, rute penyeberangan Ketapang-Lembar tersebut sudah memenuhi persyaratan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk ditetapkan sebagai lintas penyeberangan antarprovinsi.

Jalur Ketapang-Lembar (Banyuwangi-Lombok) tersebut merupakan rute LDF ketiga yang dilayani ASDP. Sebelumnya, ada Surabaya-Lembar dan Jakarta-Surabaya.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/02/111429027/banyuwangi-ke-lombok-kini-bisa-langsung-naik-kapal-feri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke