Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Tempat Wisata di Gunungkidul Tutup Setiap Jumat

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mengubah penutupan wisata yang semula setiap Senin menjadi setiap Jumat dalam masa uji coba terbatas.

Sekretaris Dispar Kabupaten Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, pihaknya mengeluarkan surat Edaran No.556/1427 tentang Pemberitahuan Perpanjangan Uji Coba Terbatas SOP Protokol Kesehatan.

Perpanjangan itu berlaku hingga akhir Januari 2021 dan merupakan perpanjangan yang kedelapan kalinya. Saat ditutup, dilakukan pembersihan di kawasan wisata.

"Kita melihat untuk di awal tahun 2021 atas kesepakatan bersama, masukan dari berbagai pihak, dan lihat kondisi di lapangan, berubah liburnya dari Hari Senin menjadi Hari Jumat," kata Harry, Minggu (3/1/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti menjelaskan jika perpanjangan uji coba tidak ada perbedaan karena di setiap tempat ada pembatasan jumlah pengunjung.

Kapasitas pengunjung dibatasi separuh dari jumlah maksimal. Sebagai contoh, kawasan pantai seperti Baron dan Kukup dibatasi 7.000 orang per harinya. Untuk kawasan seperti Gunung Api Purba Nglanggeran dibatasai sebanyak 750 pengunjung per hari.

"Untuk kapasitas antara satu destinasi dengan yang lain berbeda-beda," ucap Asti.

Pihaknya juga mengimbau wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul agar selalu memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Adapun, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, selama libur natal dan tahun baru tanggal 24 Desember 2020-3 Januari 2021 pihaknya setiap hari melakukan patroli rutin terkait protokol kesehatan.

"Untuk hari biasa, kita melakukan patroli pada Sabtu dan Minggu. Meski tidak patroli, kita selalu mengingatkan wisatawan untuk penggunaan masker dan jaga jarak," ucap Suris.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/04/090900627/catat-tempat-wisata-di-gunungkidul-tutup-setiap-jumat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke