Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Golf, Olahraga Lain akan Didorong dalam Pengembangan Sport Tourism

KOMPAS.com – Wisata golf merupakan salah satu jenis pariwisata berbasis olahraga (sport tourism) yang tengah gencar dipromosikan oleh Indonesia.

Namun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa dia akan mendorong jenis wisata olahraga lain untuk dikembangkan.

“Dari ekosistem pariwisata berbasis olahraga banyak sekali. Tentu yang berkaitan dengan wellness, kesehatan kita di tengah pandemi, kita akan dorong,” ujarnya.

Hal tersebut dia ungkapkan dalam konferensi pers virtual “Kerja sama Pengembangan Sport Tourism” yang turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Selasa (5/1/2021).

Nantinya dalam pengembangan pariwisata berbasis olahraga, dia menegaskan bahwa konsepnya akan mengusung konsep pariwisata berkualitas.

Pariwisata berkualitas adalah di mana seorang wisatawan melakukan pengeluaran yang tinggi ketika berkunjung ke suatu destinasi.

Selain wisata olahraga yang berkaitan dengan wellness seperti yoga, Sandiaga juga ingin bulutangkis dan basket makin berkembang.

“Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) kemarin Ketua Umum-nya bilang basket ala Covid dengan sistem buble. Terbuka konsepnya, bukan hanya prestasi tapi rekreasi. Itu akan kita dorong ke depan,” ungkapnya.

Meski begitu, Sandiaga mengimbau agar komunitas olahraga turut bergerak dalam mengembangkan wisata olahraga dalam bidang masing-masing.

Menurut dia, mereka adalah lokomotif penggerak wisata olahraga. Sementara Kemenparekraf dan Kemenpora hanya fasilitator.

Kerja sama dengan seniman lokal

Selain mengembangkan wisata olahraga, Sandiaga juga ingin mengembangkan bidang ekonomi kreatif masyarakat setempat.

Sebagai contoh, jika ada acara olahraga di Danau Toba seperti triathlon atau open water swimming, para peserta yang hadir bisa mendukung ekosistem ekonomi kreatif di daerah.

“Medali jangan impor, tapi dikerjakan teman-teman lokal, pengusaha lokal. Baju kalau bisa bangga buatan Indonesia. Bangga berwisata di Indonesia, ini yang ingin saya sampaikan,” jelas Sandiaga.

Sebagai penutup, dia menegaskan bahwa Kemenparekraf dan Kemenpora akan memberi dukungan terhadap pengembangan wisata olahraga dalam bidang lain.

Hal tersebut agar masyarakat bisa bergaya hidup sehat di tengah pandemi Covid-19, tetapi juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar perekonomian masyarakat dapat kembali bergeliat. 

https://travel.kompas.com/read/2021/01/05/200540127/selain-golf-olahraga-lain-akan-didorong-dalam-pengembangan-sport-tourism

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke