Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TN Baluran Buka Lagi, Wajib Rapid Test Antigen atau Antibodi

KOMPAS.com – Taman Nasional (TN) Baluran sudah dibuka kembali untuk kegiatan wisata sejak Selasa (5/1/2021).

Humas TN Baluran Joko Mulyo, akrab disapa Jomy, mengatakan bahwa saat ini syarat yang wajib dilakukan oleh wisatawan adalah membawa hasil negatif rapid test antigen atau antibodi.

“Berlaku sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditetapkan, mengingat kondisi penyebaran Covid-19 masih mengkhawatirkan,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Syarat rapid test antigen merupakan kewajiban bagi wisatawan nusantara (wisnus) yang tiba dari luar Jawa Timur (Jatim).

Sementara syarat rapid test antibodi berlaku bagi wisnus asal Jatim. Sementara wisatawan mancanegara (wisman), mereka wajib menunjukkan hasil negatif swab PCR.

Baik rapid test antigen, rapid test antibodi, maupun swab PCR, ketiganya wajib memiliki masa berlaku tiga hari sejak hasil dikeluarkan.

Selain wajib menunjukkan hasil negatif salah satu tes yang telah disebutkan, Jomy menambahkan bahwa pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan.

“Untuk pelaksanaan protokol kesehatan, dari awal new normal kami sudah sangat ketat 3M terus dijalankan dengan disiplin kepada pengunjung,” tegasnya.

Adapun, protokol kesehatan 3M yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, serta menjaga jarak.

“Untuk pengunjung yang tidak menjalankan, biasanya langsung tidak kami layani atau dipersilahkan pulang,” sambung Jomy.

Untuk batas area yang dikunjungi, dia mengatakan bahwa aturannya masih sama. Wisatawan hanya boleh berwisata di Savana Bekol dan Pantai Bama. Area selain keduanya dilarang untuk dimasuki.

Sempat ditutup sementara

Sebelumnya, TN Baluran yang berlokasi di Kabupaten Situbondo, Jatim menutup kawasannya untuk sementara waktu mulai 21 Desember 2020 – 3 Januari 2021.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram @tamannasional_baluran, Sabtu (19/12/2020), tempat wisata tersebut menutup sementara kawasannya karena situasi Covid-19 di Situbondo.

“Sehubungan dengan peningkatan kasus Covid-19 di Situbondo dan konsistensi penerapan protokol keshatan, Taman Nasional Baluran ditutup,” seperti tertera dalam akun tersebut.

Selain itu, penutupan juga berdasarkan arahan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo yang tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor SE.864/T.37/TU/KSA.1/12/2020 tentang Penutupan Kunjungan Wisata Pada Objek dan Daya Tarik Wisata Alam Taman Nasional Baluran.

Adapun, SE dikeluarkan pada Jumat (18/12/2020) dan ditanda tangani oleh Kepala Balai TN Baluran Pudjiadi.

Kendati demikian, berdasarkan unggahan pada Sabtu (2/1/2021), penutupan TN Baluran diperpanjang hingga Senin (4/1/2021).

Perpanjangan periode penutupan berdasarkan SE Nomor SE.884/T.37/TU/KSA.1/12/2020 tentang Perpanjangan Penutupan Kunjungan Wisata Pada Objek dan Daya Tarik Wisata Alam Taman Nasional Baluran.

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran

Apabila ingin berkunjung, TN Baluran terletak di Jalan Raya Situbondo Banyuwangi KM 35, Kabupaten Situbondo, Jatim. Jam bukanya adalah setiap hari mulai pukul 07:30-16:00 WIB.

“Buka setiap hari non-stop tanpa libur, kecuali ditutup dengan kasus khusus,” kata Jomy.

Harga tiket masuknya adalah Rp 16.000 per wisnus pada hari biasa, dan Rp 18.500 pada hari libur. Biaya parkirnya adalah Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 10.000 untuk roda empat, dan Rp 50.000 untuk roda enam.

Sementara harga tiket untuk wisman pada hari biasa adalah Rp 165.000 dan Rp 240.000 pada hari libur. Biaya parkirnya sama.

Sebelum berkunjung, pastikan reservasi secara daring terlebih dahulu melalui https://bit.ly/FormKunjunganTNBaluran karena TN Baluran membatasi kunjungan 950 orang per hari.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/06/151800227/tn-baluran-buka-lagi-wajib-rapid-test-antigen-atau-antibodi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke