Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunung Bromo akan Bebas Kendaraan Selama Tiga Hari, Ada Apa?

MALANG, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan melaksanakan car free month (CFM) atau bulan bebas kendaraan di Kaldera Gunung Bromo, Jawa Timur.

Berbeda dengan tahun sebelumnya saat pelaksanaan bebas kendaraan berlangsung satu bulan penuh, yakni 24 Januari-24 Februari 2020 atau Wulan Kapitu menurut penanggalan Suku Tengger.

Tahun ini, bulan bebas kendaraan itu hanya akan berlangsung selama tiga hari. Yakni pada Rabu (13/1/2021), Jumat (29/1/2021), dan Selasa (12/2/2021). Hal itu mengingat dampak pandemi yang dialami pelaku wisata di kawasan tersebut.

"Penutupan dilakuan saat Megeng tanggal 13 Januari 2021 pukul 00.01-23.59 WIB, Mbabar Alit tanggal 29 Januari 2021 pukul 00.01-23.59 WIB dan Mbabar Ageng tanggal 12 Februari 2021 pukul 00.01-23.59 WIB." kata Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Agus Budi Santosa.

Pernyataan tersebut ia sampaikanmelalui rilis resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (7/1/2021).

Selama pelaksanaan kaldera bebas kendaraan berlangsung, kendaraan milik wisatawan yang berangkat dari Lumajang dan Malang dan hanya boleh sampai di Savana Teletubies.

Sedangkan untuk kendaraan yang datang dari Kabupaten Probolinggo hanya boleh sampai di Bungkah, Kabupaten Probolinggo.

Kemudian kendaraan yang datang dari Pasuruan hanya sampai di Bungkah, Kabupaten Pasuruan.

"Selama kebijakan diterapkan, akan dilakukan pengamanan bersama di pintu-pintu masuk dengan dukungan personel dari Balai Besar TNBTS dan mitra TNBTS," ujar Agus.

Sementara itu, untuk menuju Kaldera Gunung Bromo, wisatawan bisa menggunakan jasa kuda, bersepeda, atau berjalan kaki.

"Untuk kepentingan Dinas Pemerintahan yang bersifat kegawatdaruratan dan patroli pemantauan kawasan, dapat menggunakan kendaraan bermotor," imbuh Agus.

Adapun, Car free month (CFM) di Kaldera Gunung Bromo mulai diberlakukan sejak 2020. Ketika itu, pelaksanaan bulan bebas kendaraan selama satu bulan penuh.

Pelaksanaan car free month merupakan penerapan dari 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi berupa pemulihan ekosistem dan penghormatan terhadap kearifan lokal.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/07/200800427/gunung-bromo-akan-bebas-kendaraan-selama-tiga-hari-ada-apa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke