Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Destinasi Ekowisata di Indonesia, Pas Dikunjungi Saat Pandemi

KOMPAS.com – Berkunjung ke destinasi ekowisata merupakan salah satu pilihan yang pas untuk dilakukan di masa pandemi. Untungnya, Indonesia punya banyak destinasi ekowisata.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekowisata adalah wisata berbasis alam yang menekankan pembelajaran lingkungan dan memastikan lingkungan tidak dirusak wisatawan atau kegiatan wisata.

Arti lainnya adalah, wisata yang dilaksanakan di hutan atau di mana saja dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai obyeknya. Ekowisata juga mengutamakan konservasi budaya, pemberdayaan sosial, dan ekonomi masyarakat lokal.

Selain itu, ekowisata tak hanya hutan dan gunung yang sulit dijangkau. Berikut ini 7 destinasi ekowisata yang ada di Indonesia:

1. Taman Nasional Komodo

Rumah para Komodo ini merupakan ekowisata paling populer di Indonesia. Tiga pulau terbesar di kawasan ini, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, adalah destinasi wisata Labuan Bajo yang wajib dikunjungi.

Selain melihat komodo, Anda pun bisa snorkeling, trekking, dan bermain di pantai-pantai cantik di dalam lingkungan taman nasional ini.

2. Tangkahan Ecotourism

Kerap disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera, ekowisata Tangkahan adalah rumah para gajah sumatera. Di kawasan ini, masyarakat lokal hidup berdampingan dengan mereka.

Ketika berkunjung, Anda bisa menyusuri sungai dengan ban, naik perahu, hingga memandikan gajah-gajah yang lucu.

3. Desa Wisata Penglipuran

Berbeda dengan ekowisata lainnya. Desa ini menonjolkan kekayaan warisan arsitekturnya. Anda bisa melihat tata ruang dan arsitektur kuno Bali yang masih dipertahankan warga lokal.

Pemandu pun akan mengajak Anda jalan-jalan sambil menjelaskan sejarah dan makna dari arsitektur dan budaya di desa tradisional ini.

4. Pulau Rubiah

Di ujung barat Aceh, Pulau Rubia menjadi destinasi ekowisata yang populer di kalangan para penyelam.

Pulau tidak berpenghuni ini memiliki kekayaan alam bawah laut yang memesona. Ribuan ikan berwarna-warni dan terumbu karangnya yang sehat siap menyambut kedatangan Anda.

5. Gunung Api Purba Nglanggeran

Sisa tubuh gunung api purba masa lalu di Gunungkidul, Yogyakarta ini sekarang menjadi tempat wisata.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini dikelola dengan baik dan makin banyak tempat wisata di dalamnya.

Kini, pengunjung bisa mengunjung Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang, dan menginap di homestay milik warga setempat.

6. Desa Wisata Tembi

Desa ekowisata ini sudah eksis sejak tahun 1997 dengan mempertahankan pengalaman bernuansa alam.

Di sini, Anda bisa merasakan kehidupan sebagai masyarakat desa. Anda akan diajak menanam padi, membajak sawah, dan belajar membuat batik. Lokasinya pun mudah dijangkau, hanya 30 menit dari pusat kota Yogyakarta.

7. Kawah Ijen

Kawah seluas lebih dari 5.000 hektar ini merupakan danau air asam kuat terbesar di dunia. Dari puncak kawah, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

Namun, hal paling menarik di sini adalah adanya api biru di dasar kawah. Sebagai info, api biru ini hanya ada di Kawah Ijen dan Islandia.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/10/121815227/7-destinasi-ekowisata-di-indonesia-pas-dikunjungi-saat-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke