Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute dan Harga Tiket Masuk Puncak Dabo di Samarinda, Kaltim

KOMPAS.com – Apabila ingin foto-foto sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang menyelesaikan tugasnya menyinari Kota Samarinda, Puncak Dabo merupakan pilihan yang tepat.

“Puncak Dabo sudah ada dari sekitar 2008-2009. Basecamp Damai Borneo, tempat kumpul para pemuda. Tapi baru dibangun jadi tempat wisata pada 2018 akhir,” kata Ketua Pengelola Puncak Dabo Samarinda bernama Irwan kepada Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Selain berfoto-foto di sejumlah spot kekinian dan menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa santai sejenak di gazebo atau berkaraoke ria bersama teman-teman.

Rute menuju Puncak Dabo via Jembatan Mahkota 2

Puncak Dabo berlokasi di Jalan Damai nomor 34, Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa memulai perjalanan dari area Jembatan Mahkota 2 di Jalan Kapten Soedjono. Aj–Jalan Jembatan Mahkota 2.

Jarak dari area Jembatan Mahkota 2 menuju Puncak Dabo adalah 4,4 kilometer (km) atau sekitar 13 menit menggunakan mobil.

Dari area jembatan, kamu hanya perlu berjalan lurus di sepanjang di Jalan Kapten Soedjono. Aj melewati SPBU dan tiba di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Samarinda.

KKP tersebut terletak dekat dengan perempatan. Ambil belokan ke arah kiri menuju Jalan Sejati dan melewati sejumlah tempat makan.

Tetap berjalan lurus hingga tiba di pertigaan yang mana di sisi kiri jalur terdapat Kelurahan Selili. Dari sana, ambil belokan ke arah Kanan di sepanjang Jalan Sultan Alimuddin.

Kamu hanya perlu berjalan lurus mengikuti jalur utama yang cukup berliku hingga menemui Planet Ban Otista Samarinda di sisi kiri jalur, tepatnya di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 4, Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir.

Jarak dari Kelurahan Selili hingga akhirnya tiba di Planet Ban Otista Samarinda adalah 1,7 km atau sekitar enam menit.

Tempat tersebut berada dekat belokan ke arah kanan. Ambil belokan tersebut dan tetap berjalan lurus di sepanjang Jalan Damai melewati Mushalla Al-Hamid.

Tempat ibadah yang berada di sisi kiri jalur hanya berjarak 67 meter dari Puncak Dabo yang terletak di sisi kanan jalur. Jika bingung, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar untuk diarahkan ke tempat wisata tersebut.

Rute menuju Puncak Dabo via Taman Samarendah

Untuk menuju Puncak Dabo, kamu juga bisa memulai perjalanan dari Taman Samarendah yang terletak di Jalan Bhayangkara, Bugis, Kecamatan Samarinda Kota.

Jarak tempuh untuk menuju ke tempat wisata adalah 3,4 km atau sekitar 13 menit naik mobil.

Dari taman, kamu bisa ambil jalur menuju Jalan Basuki Rahmat melewati Hotel Grand Sawit dan Rumah Sakit Bhakti Nugraha.

Tetap berjalan lurus pada jalur utama hingga menemui pecahan jalur yang cukup rumit. Ambil belokan ke arah kanan melintasi Jalan KH Abdul Hassan melewati Kampus 1 Institut Agama Islam Negeri Samarinda.

Tidak jauh dari kampus tersebut adalah Hotel Grand Kartika yang terletak dekat dengan perempatan. Pada perempatan tersebut, belok ke arah kiri hingga melewati SPBU di sisi kiri jalur.

Lanjutkan perjalanan dan tetap berjalan lurus hingga melintasi Jembatan Sungai Dama dan tiba di Planet Ban Otista Samarinda yang berada di sisi kanan jalur, tepatnya dekat dengan pertigaan.

Jalur selanjutnya yang akan ditempuh dari tempat tersebut sama seperti jalur menuju Puncak Dabo jika memulai perjalanan dari area Jembatan Mahkota 2.

Harga tiket masuk Puncak Dabo

Puncak Dabo buka setiap hari pukul 16.00-23.00 pada Senin-Jumat dan pukul 09.00-24.00 WIB pada Sabtu-Minggu. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang.

Jika lapar, tempat wisata tersebut memiliki warung kopi yang menyedia mi goreng atau rebus, berbagai makanan ringan termasuk kripik, serta kopi mocachino, kopi luwak, kopi hitam, teh, es jeruk, dan susu dengan kisaran harga mulai dari Rp 5.000.

Di sana juga tersedia jasa fotografer yang dapat disewa seharga Rp 5.000 per foto jika foto diambil dengan kamera DSLR dan Rp 3.000/foto jika menggunakan HP.

“Kami langsung kirim dokumen ke WhatsApp jadi enggak pecah hasil fotonya. Kalau minta tolong fotoin aja bisa, gratis. Foto pakai kamera sendiri, tinggal minta tolong bisa,” tutur Irwan.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/12/090900627/rute-dan-harga-tiket-masuk-puncak-dabo-di-samarinda-kaltim

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke