Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kegiatan Asyik di Rumah Gemuk Bali, Piknik di Rumah Kaca

KOMPAS.com – Piknik merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata.

Namun jika berkunjung ke Rumah Gemuk di Kabupaten Tabanan, Bali, kamu akan mendapatkan pengalaman piknik yang cukup berbeda. Sebab, area piknik berada di kebun yang terletak dalam rumah kaca.

“Picnic Dining menyajikan makanan yang lebih praktis dan disajikan di dalam glass jar atau paper bag,” kata Creative Development Director Rumah Gemuk Jennifer Sumia kepada Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Selain piknik, tempat wisata tersebut menyuguhkan berbagai kegiatan asyik yang dapat dilakukan wisatawan. Berikut delapan kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung yang telah Kompas.com rangkum, Jumat:

1. Lihat pemandangan indah

Rumah Gemuk menawarkan pemandangan Danau Bratan dari ketinggian dan Bukit Bedugul yang menjulang tinggi dengan megah.

Selama berada di sana, pengunjung bisa berfoto-foto dengan panorama alam khas Kabupaten Tabanan tersebut sembari menikmati sejuknya hawa di sana.

2. Cicipi hidangan eksklusif

Rumah kaca tempat wisata tersebut memiliki restoran yang mengusung dua konsep, salah satunya adalah Table Service Dining.

“Menu yang disajikan di kedua konsep ini berbeda. Picnic Dining menyajikan makanan yang lebih praktis dan disajikan di dalam glass jar atau paper bag. Sedangkan menu di Table Service lebih eksklusif,” ungkapnya.

Adapun, beberapa menu yang dapat dinikmati dalam Table Service Dining adalah Wagyu Arrabbiata, Truffle Soup, Hawker Pad Thai, Thai Red Curry, Tom Yum Soup, Alternative Milk Latte, French Press Coffee, dan Slow Pressed Juice.

Harga makanan untuk Table Service Dining mulai dari Rp 42.000. Untuk minuman mulai dari Rp 25.000.

3. Piknik di kebun yang indah

Melihat indahnya area kebun yang ada di rumah kaca Rumah Gemuk, rasanya mungkin kurang jika tidak coba piknik di sana.

Sambil menikmati warna-warni bunga yang ada, serta rerumputan yang hijau, kamu bisa menyantap hidangan lezat melalui dua paket yang tersedia.

Paket Pik.Nik For 2 berada pada kisaran Rp 250.000 termasuk satu makanan ringan, dua menu utama, satu kudapan manis, dua minuman, dan gratis air mineral.

Sementara Pik.Nik For 4 harganya berada pada kisaran Rp 480.000, termasuk dua makanan ringan, empat menu utama, dua kudapan manis, empat minuman, dan gratis air mineral.

Beberapa makanan ringan yang tersedia adalah Spring Rolls 4pcs, Fries and Dip Truffle/Sriracha/Sesame, dan Potato Salad.

Sementara beberapa hidangan dalam menu utama adalah Chicken Salad with Honey Mustard Dressing, Caesar Salad with Grilled Chicken & Bacon, Nasi Goreng Chicken/Pork, Thai Basil Chicken with Egg & Jasmine Rice, dan Chicken Cashew with Jasmine Rice.

Kemudian, beberapa hidangan dalam kudapan manis adalah Cookies, Fudge Brownie, dan Churros. Sementara untuk minuman adalah Stroberi Latte, Soda, Coffee, Tea, Iced Lemon Tea, dan Juice.

4. Foto-foto di spot Instagramable

Rumah Gemuk memiliki banyak spot foto yang dapat dimanfaatkan pengunjung. Beberapa di antaranya adalah bagian atas dan area kebun dalam rumah kaca.

Ada juga area luar ruangan tempat wisata yang saat ini sedang didekorasi sedemikian rupa untuk merayakan Hari Raya Natal 2020.

“Spot favorit ada di jembatan rumah kaca karena latar belakangnya adalah pemandangan Danau Bratan dan Bukit Bedugul,” tutur Jennifer.

5. Nonton live music

Jennifer mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum memiliki acara live music. Kendati demikian, rencananya hal tersebut akan diadakan saat pandemi Covid-19 usai.

Saat ini, kamu bisa catat dulu salah satu kegiatan ini sembari menunggu pengumuman lebih lanjut dari pihak tempat wisata melalui akun Instagram @rumahgemukbali apakah live music akan diadakan atau tidak.

6. Bermalam di boutique villa

Rumah Gemuk memiliki boutique villa untuk diinapi oleh wisatawan. Akan tetapi, Jennifer mengatakan saat ini area sedang dalam renovasi sehingga belum dibuka untuk umum.

“Akan di-update di Instagram kami kalau sudah dibuka untuk umum,” tuturnya.

7. Ajak jalan-jalan hewan peliharaan

Pihak tempat wisata mengizinkan hewan peliharan termasuk anjing untuk dibawa ke sana. Meski begitu, hewan harus menggunakan tali dan pengunjung harus membersihkan kotorannya.

Untuk area yang dapat dikunjungi, hanya pekarangan luar ruangan saja yang boleh sementara area dalam ruangan seperti rumah kaca tidak diizinkan.

8. Gelar acara pernikahan atau foto pre-wedding

Jennifer mengatakan, konsep awal Rumah Gemuk adalah tempat pernikahan sebelum dibuka untuk umum karena pandemi Covid-19.

Alhasil, menggelar acara pernikahan atau melakukan kegiatan foto pre-wedding pun bisa dilakukan di sana.

Bahkan, wisatawan juga dapat menggunakan area tempat wisata berkonsep komersial, dan penggunaan fasilitas untuk foto katalog atau foto produk.

Untuk mengetahui rincian harga dan lainnya, calon pengunjung bisa mengontak akun Instagram mereka atau email rumahgemukbali@gmail.com.

Harga tiket masuk Rumah Gemuk Bali

Rumah Gemuk berlokasi di Jalan Drupadi nomor 2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Saat ini tempat wisata tersebut buka setiap hari mulai pukul 10:00-21:00 WITA.

Jika ingin berkunjung, Jennifer mengatakan bahwa harga tiket masuk Rumah Gemuk Bali adalah gratis. Meski begitu, pihaknya berlakukan Minimum Spend.

“Minimum Spend sebesar Rp 100.000 per pax yang dibayarkan di awal sebelum masuk, ditukar dengan voucer. Kami mengharuskan pembayara Minimum Spend dilakukan di pintu masuk,” ucapnya.

Apabila ingin berkunjung, wisatawan harus reservasi lewat DM Instagram terlebih dahulu minimal sehari sebelum waktu kunjungan. Namun, reservasi akan diterima jika slot masih tersedia.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/23/080800527/8-kegiatan-asyik-di-rumah-gemuk-bali-piknik-di-rumah-kaca

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke