Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tips Berkunjung ke Rumah Gemuk Bali, Datang Sore Hari

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata di Bali menawarkan pemandangan Danau Bratan dan Bukit Bedugul yang lengkap dengan hawa sejuknya.

Saat berkunjung ke Rumah Gemuk, berbagai aktivitas selain melihat pemandangan dapat dilakukan. Salah satunya adalah piknik kekinian di area kebun dalam rumah kaca.

“Picnic Dining menyajikan makanan yang lebih praktis dan disajikan di dalam glass jar atau paper bag,” kata Creative Development Director Rumah Gemuk, Jennifer Sumia, kepada Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Apabila berencana untuk berkunjung dalam waktu dekat, berikut sepuluh tips dari Jennifer agar kegiatan berwisata aman dan nyaman yang telah Kompas.com rangkum, Sabtu (23/1/2021):

1. Reservasi terlebih dahulu

Guna memudahkan penerapan aturan jaga jarak, Rumah Gemuk membatasi kunjungan menjadi 25 persen atau 50 pax setiap sesinya dari kapasitas penuh atau 200 pax.

Untuk itu, wisatawan diimbau untuk melakukan reservasi dulu melalui DM akun Instagram @rumahgemukbali.

“Reservasi diterima sampai selambatnya 24 jam sebelum kedatangan. Itu pun apabila tempat masih tersedia. Kami sangat menyarankan reservasi, terutama akhir pekan dan hari libur nasional,” tuturnya.

Walaupun berfoto-foto di seluruh spot Instagramable dan berwisata di sana dapat dilakukan dengan gratis, namun pihak Jennifer berlakukan kebijakan Minimum Spend sebesar Rp 100.000 per pax.

Adapun, pembayaran dilakukan sebelum memasuki Rumah Gemuk yaitu di pintu masuk tempat wisata dan akan ditukar dengan voucer.

3. Patuhi protokol kesehatan

Selama berwisata, protokol kesehatan yang telah diterapkan di Bali wajib dipatuhi dan dilakukan secara disiplin oleh masyarakat.

Adapun, aturan tertera dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

Beberapa protokol kesehatan yang diimbau untuk dipatuhi adalah 3M atau menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, dan menjaga jarak minimal satu meter.

“Kami menyediakan hand saniziter di setiap meja dan pintu masuk. Disediakan tempat cuci tangan sebelum masuk, dan juga pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap tamu,” kata Jennifer.

Rumah Gemuk mengizinkan wisatawan untuk membawa hewan peliharaan termasuk anjing. Namun, pengunjung harus bertanggung jawab akan kotoran hewan peliharaan mereka.

Selain itu, hewan peliharaan juga harus dikenakan tali. Untuk area yang dapat dikunjungi, hanya pekarangan luar ruangan saja yang boleh sementara area dalam ruangan seperti rumah kaca tidak diizinkan.

5. Jangan bawa makanan dari luar

“Ketika datang ke Rumah Gemuk, tamu tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar,” tutur Jennifer.

Terkait makanan dan minuman, pengunjung dapat memilih antara Table Service Dining untuk mencicipi makanan eksklusif atau Picnic Dining Experience untuk mencoba sensasi piknik di area kebun rumah kaca.

Harga makanan untuk Table Service Dining mulai dari Rp 42.000 sementara minuman mulai dari Rp 25.000. Sementara paket Pik.Nik For 2 berada pada kisaran Rp 250.000 termasuk satu makanan ringan, dua menu utama, satu kudapan manis, dua minuman, dan gratis air mineral.

Untuk Pik.Nik For 4, harganya berada pada kisaran Rp 480.000 termasuk dua makanan ringan, empat menu utama, dua kudapan manis, empat minuman, dan gratis air mineral.

6. Jangan berlarian di dalam rumah kaca

Rumah kaca Rumah Gemuk memiliki area kebun yang tidak kalah indahnya dengan kebun luar ruangan pada umumnya.

Sebagian wisatawan, terlebih anak-anak kecil, mungkin ingin merasakan berlarian di atas rerumputan hijau yang dipenuhi oleh beragam tumbuhan dan tanaman warna-warni.

Kendati demikian, hal tersebut dilarang untuk dilakukan. Tidak hanya itu, menginjak atau memetik tumbuhan dan tanaman pun dilarang.

Mainan merupakan hal yang wajib dibawa oleh wisatawan keluarga yang membawa anak mereka. Meski begitu, Jennifer mengimbau agar mainan yang dapat merusak tanaman seperti pistol mainan, bola, dan sebagainya tidak dibawa.

8. Boleh bawa properti foto, tapi...

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Rumah Gemuk, terlebih area rumah kaca, adalah berswafoto ria.

Guna membuat foto semakin terlihat menarik, wisatawan diizinkan untuk membawa properti penunjang.

“(Tapi) tamu tidak diperbolehkan membawa properti yang besar yang dapat merusak tempat. Juga untuk foto pre-wedding dan pemanfaatan area secara komersil, harus membuat janji terlebih dahulu,” tegas Jennifer.

Apabila foto ingin terlihat menarik saat diunggah di media sosial, mungkin kamu bisa bawa topi berbentuk unik atau syal sebagai pelengkap pakaian.

9. Datang sore hari

Apabila ingin menikmati pemandangan Danau Bratan dan Bukit Bedugul, Jennifer menyarankan agar wisatawan datang pukul 15:00-19:00 WITA.

“Untuk menikmati pemandangan, disarankan di area Table Service Dining karena berada di mezzanine,” katanya.

10. Bebas foto-foto tapi jaga jarak

Seluruh area dalam Rumah Gemuk dapat dijadikan sebagai spot foto. Sebab, pihak tempat wisata sudah mendesainnya sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Meski begitu, wisatawan diimbau untuk tetap melihat kondisi spot foto yang hendak dikunjungi. Jika tidak ramai, mereka bisa berfoto namun tetap harus menjaga jarak.

Selain itu, para pengunjung juga diimbau untuk saling menjaga kenyamanan dan menghargai satu sama lain.

Rumah Gemuk berlokasi di Jalan Drupadi nomor 2, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Saat ini tempat wisata tersebut buka setiap hari mulai pukul 10:00-21:00 WITA.

https://travel.kompas.com/read/2021/01/23/095000327/10-tips-berkunjung-ke-rumah-gemuk-bali-datang-sore-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke