Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal Terbaik yang Bisa Ditemukan di Pameran Star Wars Singapura

KOMPAS.com – Para penggemar Star Wars di Singapura tak perlu pergi jauh-jauh ke galaksi nan jauh di sana untuk bisa melihat koleksi kostum, atribut, hingga artefak asli dari salah satu serial film paling populer di dunia tersebut.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, setelah berkeliling dunia selama lebih dari delapan tahun, Star Wars Identities: The Exhibition akhirnya sampai di Singapura.

Setelah pertama kali menggelar pameran pada tahun 2012 di Montreal, Quebec, Kanada, kini giliran Museum ArtScience di Singapura yang akan jadi rumah ke-12 sekaligus pemberhentian terakhir tur pameran ini.

Pameran Star Wars: The Exhibition digelar mulai 30 Januari–13 Juni 2021.

Menampilkan lebih dari 200 kostum, atribut, model, dan potongan konsep asli yang berasal dari arsip Lucas Museum of Narrative Art, pameran ini berfokus pada enam film pertama dari seri fenomenal dari George Lucas ini.

Ini artinya, Rey, Poe, dan lainnya yang berasal dari seri The Froce Awakends, The Last Jedi, dan The Rise of Skywalker akan hanya mendapat sedikit tempat.

Beberapa hal dari seri-seri tersebut yang mendapat kesempatan untuk tampil mungkin hanya pakaian stormtrooper First Order dan modl untuk droid favorit penggemar, BB-8.

Namun selain dari itu, para penggemar berat tiga film original (Episode IV – VI) dan prekuelnya yang kontroversial (Episode I – III) akan merasa seperti anak kecil di toko permen.

Pasalnya, pameran tersebut benar-benar memberikan kesempatan para penggemar untuk menyelami warisan kreatif opera ruang angkasa dari George Lucas tersebut secara mendalam.

Selain barang-barang serta potongan sejarah produksi dari arsip Lucasfilm, ada pula beberapa potongan cerita di balik layar yang menarik. Sebagian besar terkait dengan trilogi Star Wars yang asli.

Pengunjung juga akan mendapat kesempatan untuk mendesain karakter Star Wars mereka sendiri. Lengkap dengan ciri sosiologis, psikologis, dan genetik yang unik.

“Melalui eksplorasi karakter dan dunia Star Wars, pameran interaktif ini menghubungkan kita dengan tema-tema yang dapat beresonansi dengan perasaan kita sendiri, identitas kekeluargaan, dan pengalaman bersama,” kata Lucas, sang pencipta Star Wars.

“Di Singapura, pameran akan melibatkan hubungan itu. Ketia fantasi bertemu dengan kenyataan, dengan sedikit refleksi dan petualangan.”

Bagi kamu yang mungkin berkesempatan mengunjungi pameran ini, berikut ini empat hal terbaik yang bisa kamu temukan di sana.

1. Kostum asli

Kamu bisa menemukan banyak sekali kostum asli yang dipakai para karakter favoritmu di seri Star Wars. Sebut saja R2-D2, Yoda, C-3PO, Stormtrooper, dan masih banyak lagi.

Kostum-kostum tersebut benar-benar dipakai oleh para pemeran di dalam film. Termasuk Kenny Baker, sang pemeran R2-D2. Hingga Yoda yang muncul di seri Empire Strikes Back.

Tak itu saja, kamu juga bisa menemukan banyak fun fact yang dipajang mengenai penggunaan kostum-kostum tersebut dalam proses syuting. Misalnya, tentang beberapa unit R2-D2 yang digunakan ketika syuitng Star Wars: A New Hope.

Beberapa unit seperti yang dipajang dalam pameran benar-benar bisa dikontrol dari dalam kostum oleh Kenny Baker. Sementara lainnya hanya bisa dioperasikan dengan remote.

Hal lainnya yang dipajang juga adalah kostum asli dari trilogi film original yang rilis mulai 1977 – 1983. Termasuk juga pakaian berbulu yang benar-benar dipakai oleh aktor pemeran Chewbacca, Peter Mayhew.

Ada pula kostum berjubah milik Darth Vader, beberapa kostum yang dipakai Mark Hamill untuk Luke Skywalker, Carrie Fisher untuk Princess Leia, dan Harrison Ford untuk Han Solo.

2. 10 checkpoint interaktif

Star Wars Identities: The Exhibition dibagi ke beberapa bagian yang berfokus pada perkembangan karakter tertentu.

Di sepanjang perjalanan, tur akan meminta para pengunjung untuk menjalani petualangan masing-masing dan membuat identitas Star Wars milik sendiri dengan memilih semua hal yang berasal dari semesta Star Wars.

Mulai dari spesies yang kamu inginkan, dari planet mana kamu berasal, kemampuan yang kamu ingin miliki, atau siapa yang ingin kamu jadikan sebagai mentor.

Pada akhirnya, kamu bisa memilih juga apakah kamu akan berakhir di dark side atau light side. Tak itu saja, kamu juga akan mendapatkan avatar digital unik yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

3. Atribut otentik

Di pameran tersebut, kamu akan bisa melihat banyak sekali atribut otentik yang berasal dari semesta Star Wars. Seperti kapal ruang angkasa dan kendaraan yang digunakan saat proses syuting untuk mensimulasikan pengalaman perjalanan dengan kecepatan cahaya.

Kamu juga bisa mengagumi kapal Imperial Star Destroyer yang berhadapan dengan skuadron pemberontak.

Tak ketinggalan, kamu juga bisa mengagumi detil desain dari Millenium Falcon terfavorit melalui cetak biru teknis dan model yang detil.

Ada pula model mata original dari Jabba The Hut dan sosok Han Solo yang tercetak dalam karbonit.

4. Ilustrasi dan konsep original

Para penggemar berat Star Wars, kamu juga bisa melihat ilustrasi original dari Ralph McQuarrie.

Kamu juga mungkin bisa langsung mengenali konsep seni original untuk film-film tersebut, dan melihat storyboard yang masih mentah. Memperlihatkan inspirasi visual dalam proses pembuatan film-film legendaris ini.

Ada pula prototipe original dari George Lucas untuk Yoga, Jabba The Hutt, Han Solo, dan Luke Skywalker. Sementara di dark side, kamu bisa melihat inkarnasi tahap awal dari Jar Jar Blinks yang kontroversial.

Tiket bisa dibeli di semua boks tiket Marina Bay Sands serta website resmi mereka. Harga tiketnya mulai dari 20 dolar Singapura atau sekitar Rp 211.000 untuk penduduk Singapura. Kamu juga bisa menggunakan voucher SingapoRediscovers milikmu.

Waktu penjualan tiket akan diadakan setiap 15 menit sekali mulai pukul 10.00 waktu setempat. Untuk berpetualang di pameran tersebut, sebaiknya siapkan waktu luang sekitar 1,5 jam.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/02/110302227/4-hal-terbaik-yang-bisa-ditemukan-di-pameran-star-wars-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke