Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jateng di Rumah Saja, BPCB Jawa Tengah Tutup Semua Wisata Candi

KOMPAS.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tetap akan melakukan penutupan semua kawasan candi di Jateng selama masa gerakan Jateng di Rumah Saja, 6–7 Februari 2021.

Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Kelompok Kerja Pengembangan, Pemanfaatan, dan Publikasi BPCB Provinsi Jawa Tengah Wahyu Kristanto.

“Penutupan candi yang dilelola BPCB Provinsi Jateng untuk kunjungan umum sampai saat ini masih diberlakulan sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian, termasuk selama Jateng di Rumah Saja,” kata Wahyu pada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Sebelumnya, BPCB Provinsi Jateng telah menutup sementara sebua objek wisata cagar budaya, termasuk kawasan candi yang ada di Jateng sejak masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dimulai pada 11 Januari 2021.

Sejak itu, kawasan objek wisata cagar budaya termasuk candi belum dibuka kembali hingga sekarang. Penutupan kawasan selama gerakan Jateng di Rumah Saja hanya melanjutkan penutupan yang masih berjalan.

“Hal ini merupakan salah satu upaya dukungan pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi obyek cagar budaya,” imbuh Wahyu.

Hingga kini, belum ada informasi mengenai batas waktu sampai kapan penutupan akan dilakukan.

Seperti tertera dalam berita Kompas.com, batas waktu tersebut akan ditentukan kemudian berdasarkan hasil evaluasi dan rekomendasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jateng.

Beberapa kawasan candi yang ada di bawah pengelolaan BPCB Jawa Tengah yang tutup sementara adalah sebagai berikut:

TWC Borobudur di Kabupaten Magelang akan tutup pada 6-7 Februari 2021 untuk mendukung kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Selaku pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, kami akan mengikuti ketentuan yang dikeluarkan Gubernur Jateng,” kata Sekretaris PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Emilia Eny Utari di Magelang, berdasarkan berita Kompas.com.

Selama penutupan, kawasan Candi Borobudur akan dibersihkan. Waktu tersebut juga akan dimanfaatkan untuk memperbaiki fasilitas protokol kesehatan.

Sementara mengenai Candi Prambanan, belum ada informasi resmi apakah destinasi tersebut akan ditutup atau tidak. Pasalnya, candi tersebut terletak di dua wilayah, yakni Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

https://travel.kompas.com/read/2021/02/05/130156127/jateng-di-rumah-saja-bpcb-jawa-tengah-tutup-semua-wisata-candi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke